Jawa Tengah

6 Makanan Khas Magelang : Kupat Tahu, Dari Singkong DLL Selain Pothil / Potel Jawa Tengah

6 Makanan khas magelang kupat tahu dari singkong pothil potel jawa tengah makan ringan kota masakan daerah kabupaten muntilan di grabag contoh tradisional ciri kering enak kecil slondok daftar nama tempat aneka

Tidak Lengkap Tanpa Mencicipi 6 Kuliner Lezat dari Kota Magelang ini

Magelang adalah salah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota Magelang juga menjadi salah satu kota tujuan wisata yang cukup terkenal karena letaknya tidak jauh dari Jogja. Tempat wisata yang terkenal di Magelang adalah Candi Borobudur.

Karena lokasi wisata yang sangat terkenal tersebut kota Magelang selalu dikunjungi oleh para wisatawan sepanjang tahun. Para wisatawan yang datang sangat beragam dari dalam negeri tapi tidak jarang yang berasal dari luar negeri.

Oleh karena jika anda mengunjungi kota ini untuk berwisata tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Magelang yang memiliki rasa khas dari kota tersebut.

Karena sama seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia kota Magelang juga memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dari segi rasa masakannya. Berikut ini beberapa makanan yang wajib anda cicipi di Magelang.

  1. Gethuk Magelang

makanan khas magelang

Gethuk adalah makanan ringan yang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong sebagai bahan dasarnya. Selain dari singkong gethuk juga terbuat dari gula pasir yang menjadikannya sebagai lebih awet dan tahan lama serta santan.

Karena campuran tiga bahan utama tersebut membuat gethuk makanan ringan cukup mengenyangkan dan memiliki rasa yang begitu gurih dan lezat. Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah di Magelang. Pastikan anda tidak melewati kuliner yang lezat ini.

  1. Tape Ketan
Baca Juga :   7 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg dan Bakpia, Bisa Untuk Oleh Oleh Yang Murah dan Tahan Lama

Masih di area makanan ringan khas Magelang. Selain gethuk magelang terdapat juga tape ketan. Tape ketan adalah makanan tradisional yang terdapat di Magelang. Makanan ini terbuat dari beras ketan.

Beras ketan tersebut difermentasikan menjadi tape untuk mengubah kandungan karbohidrat menjadi alcohol dan karbodioksida.

Dalam proses fermentasi ini adalah proses yang sangat penting karena rasa dari makanan ini dipengaruhi oleh proses yang satu ini. Proses fermentasi sendiri membutuhkan waktu beberapa hari untuk benar-benar mencapai hasil yang sangat maksimal.

  1. Wajik

Satu lagi makanan ringan khas Magelang yang terbuat dari ketan. Wajik terbuat dari ketan sebagai bahan utamanya namun selain ketan wajik ini juga terbuat dari gula jawa, santan, dan pandan. Memasak makanan ini terbilang harus memiliki keahlian dan pengalaman yang cukup.

Karena jika komposisi dari bahan-bahan tersebut tidak pas atau cara memasak yang kurang tepat akan membuat hasil masakan wajik tidak sempurna dan kurang lezat untuk dinikmati. Namun walau begitu anda bisa menemukana makanan ini dengan mudah di kota Magelang.

  1. Kupat Tahu

Seperti namanya makanan yang satu ini berbahan dasar ketupat dan tahu. Potongan ketupat dan tahu tersebut dicampur menjadi satu dengan kol dan kecambang segar serta terkadang ditambahkan bakwan goreng. Untuk kuahnya kupat tahu menggunakan kuah yang berbumub bawang.

Kupat tahu memiliki campuran rasa yang asam manis, namun terdapat sensasi segar. Jika anda yang menyukai rasa pedas bisa menambahkan sambal khas kupat tahu yang bisa membuat makanan ini semakin menggoyang lidag anda.

  1. Sop Senerek
Baca Juga :   6 Makanan Khas Purwokerto : Mendoan Tempe, Lumpia Bom, Soto Sokaraja, Bakmi Nyemek DLL

Sop Senerek sebenarnya adalah makanan peninggal bangsa Belanda di Magelang. Sop senerek terbuat dari suwira daging sapi sebagai daya tarik utamanya. Selain suwiran daging sapi terdapat juga irisan wortel, daun bawang, kentang, tomat dan selederi sebagai campurannya.

Untuk kuahnya makanan ini terbuat dari kuah kaldu sapi yang diberi bumbu cengkeh. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan kacang polong atau kacang merah.

  1. Mangut Lele

Makanan khas Magelang yang lainnya adalah mangut lele. Mangut lele adalah masakan yang terbuat dari lele sebagai bahan dasarnya.

Daging ikan lele dicampur dengan berbagai campuran seperti cabe merah, cabe hijau, pete, tahu, dan buncis semua itu dicampur menjadi satu bersama kuah santan yang begitu lezat.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh