Jawa Timur

7 Makanan Khas Malang Jawa Timur Yang Terkenal Enak Bisa Untuk Oleh Oleh

7 Makanan khas malang jawa timur yang terkenal enak bisa untuk oleh oleh strudel batu di jakarta tempo dulu jatim malam masakan tradisional tempat makan kota selain dengan apelnya pedas murah jajanan peta kuliner ciri minuman
Orem Orem Khas Malang

7 Makanan yang wajib dicicipi saat di Malang dan Tidak Boleh Dilewatkan

Jika anda adalah orang yang sangat suka berpetualang pasti anda pernah mengunjungi salah satu kota wisata di Indonesia yaitu Malang. di Malang terdapat banyak sekali tempat wisata yang dapat dijadikan sarana berlibur bersama keluarga ataupun bersama teman-teman anda.

Jika anda ke Malang pasti anda juga pernah beberapa makanan khas Malang yang memang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa mencicipinya. Berikut ini adalah daftar makanan yang berasal dari Kota Malang yang wajib anda cicipi.

  1. Bakso

makanan khas malang

Bakso adalah makanan dari Malang yang telah menjadi salah satu ikon Indonesia dalam bidang kuliner. Walapun sebenarnya banyak sekali penjual bakso yang tesebar hingga keseluruh kota besar yang ada di Indonesia.

Tetapi di Malang anda bukan hanya dapat meraskan bumbu bakso khas Malang yang terkenal dengan kelezatannya tetapi di Malang juga memiliki variasi dalam makanan bakso ini, bukan hanya ada bakso kuah melainkan bakso bakar.

  1. Cwie Mie

Pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. karena memang makanan ini juga terdapat di kota lainnya di luar Malang. Tapi merasakan Cwie Mie di kota asalnya pasti akan memberikan pengalaman berbeda khususnya di bagian rasa dari makanan ini.

Cwie mie sendiri adalah sejenis makanan seperti mie ayam, namunperbedaanya hanya pada bumbu ayamnya, jika mie ayam berwarna cokelat namun Cwie mie berwarna polos dan sedikit lebih asin selain itu Cwie mie tidak menggunakan sawi melainkan seledri.

  1. Tempe Malang
Baca Juga :   5 Tempat Wisata Di Batu Malang Paling Menakjubkan

Makanan ini memang sudah tersebar keseluruh pelosok Indonesia, anda dapat dengan mudah mendapatkan makanan yang satu di daerah terpencil sekalipun.

Namun tempe malang memiliki perbedaan dengan tempe-tempe di tempat lainnya di Indonesia. Jika tak percaya cobalah datang ke Malang dan rasakan sendiri cita rasa tempa khas Malang.

  1. Orem-orem

Untuk beberapa orang nama makanan ini mungkin masih terdengar asing namun tidak begitu jika anda orang Malang atau pernah mengunjungi Malang.

Orem-orem adalah sejenis makanan khas Malang yang terbuar dari ketupat dan kecambah yang diguyur dengan kuah santan yang berisi tempe. Biasanya sebagai pelengkap terdapat gorengan kacang-kacangan dan kerupuk serta tambahan kecap dan sambal.

  1. Mendol

Mendol adalah makanan tradisional Malang yang masih ada hingga sekarang dan bertahan terhadap masuknya berbagai jenis makanan ke Indonesia dan khususnya Malang.

Mendol sendiri adalah makanan pelengkap atau juga bisa jadikan lauk untuk menyantap masakan pokok seperti pecel, lode, rawon, ataupun orem-orem.

  1. Rawon

Rawon adalah daftar makanan selanjutnya yang sangat khas di Malang. Rawon adalah sebuah masakan terbuat dari bahan pokok daging sapi.

Lalu daging sapi tersebut dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan bumbu khusus yang terdapat campuran buah kluwek dalam proses pembuatan bumbu tersebut.

Di Malang menu adalah menu andalan maka tidak salah jika hampir di setiap restoran atau tempat makan di Malang anda dapat dengan mudah menemukan menu rawon.

  1. Menjes
Baca Juga :   Wisata Ujung Kulon Magetan, Tempat Wisata Terbaru Yang Instagramable

Menjes adalah sejenis makanan yang digoreng dan terbuat dari ampas tahu. Ampas pembuatan tahu difermentasikan untuk dijadikan bahan dasar menjes. Menjes ini adalah makanan yang selalu digoreng dengan balutan tepung.

Terkadang menjes dibalut dengan balutan tepung rempeyek ataupun mendoan. Yang pasti makanan ini selalu digoreng dengan tepung. Karena teksturnya yang sangat halus dan empuk membuat makanan ini akan sangat mudah menyerap minyak.

Ini adalah cemilan khas malang yang mesti anda cicipi sebelum pergi meninggalkan kota Malang.

Tags

Related Articles

One Comment

  1. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 – Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker