Objek Wisata Dunia

5 Makanan Khas Malaysia yang Harus Dicoba : Nasi Daun Pisang, Kandar, Lemak DLL

sewa mobil jogja banner

5 Makanan khas malaysia yang harus dicoba negara penang kuching johor bahru lebaran untuk oleh-oleh di jakarta kuala lumpur bukit bintang timur surabaya kaum melayu india makan tradisional ringan pembuka penutup ciri masakan jajanan nasi daun pisang kandar lemak sang har kway teow palak paneer

Masakan yang Populer dan Terkenal di Malaysia

Malaysia adalah salah negara yang menjadi tujuan wisata para turis asal Indonesia yang menginginkan liburan ke luar negeri. Malaysia juga dikenal negera yang memiliki tepat wisata yang menarik.

Salah tempat favorit bagi wisatawan adalah Kuala Lumpur. Karena di kota tersebut dikenal sebagai kota yang memiliki tatanan kota yang rapi dan bersih.

Selain dari tempat wisata yang sangat menarik Malaysia yang memiliki budaya Melayu memiliki makanan khas yang mungkin tidak bisa anda temukan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Malaysia yang bisa anda cicipi saat berada di Negara Malaysia.

  1. Nasi Daun Pisang

Dari nama makanan ini saja sudah menarik. Nasi daun pisang adalah makanan etnik India Selatan Malaysia.

Makanan ini bukan nasi yang dicampur dengan daun pisang sebagai salah satu olahannya, melainkan nasi yang diberi bumbu kari di atasnya disajikan di atas daun pisang yang berukuran cukup besar.

Kari yang digunakan adalah kari yang terbuat dari ayam atau daging ikan. Selain nasi putih yang disiram dengan kari ada juga lauk sebagai pelengkap makanan ini.

Beberapa lauk yang sering disajikan adalah ikan goreng, sayuran, daging ayam, hingga daging domba. Jika anda datang ke Malaysia sisihkanlah waktu untuk mencicipi makanan khas yang satu ini yang dijamin rasanya membuat anda ketagihan.

  1. Nasi Kandar
Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Belanda Yang Terkenal Menarik dan Wajib Dikunjungi, Amsterdam, Rotterdam Atau Den Haag

Nasi kandar adalah nasi disajikan dengan berbagai bumbu kare. Nasi kandar selain disajikan dengan bumbu kare nasi ini juga seperti nasi daun pisang memiliki berbagai lauk pendamping untuk menambah cita rasa dari masakan yang satu ini.

Lauk yang biasa ditambahkan pada nasi kandar adalah daging sapi, telur ikan, cumi-cumi, udang goreng, daging ayam, atau empedal. Selain lauk daging nasi kandar juga memiliki sampuran sayuran seperti bumbu terong dan okra atau pare.

Suatu unik dari makanan yang berasal dari Penang ini adalah anda bisa memiliki bumbu kare mana yang akan digunakan atau dicampurkan ke makanan anda saat berada di rumah makan atau restoran yang menyediakan menu yang satu ini.

  1. Nasi Lemak

Satu menu nasi khas Malaysia. Nasi Lemak adalah makanan khas Malaysia yang paling terkenal. Maka dari itu jika anda berada di Malaysia anda wajib mencicipi menu yang satu agar tidak menyesal nantinya.

Nasi lemak adalah makanan yang sangat terkenal karena kelezatannya. Dari proses pemasakan nasinya saja sudah berbeda dengan cara memasak nasi pada umumnya. Nasi lemak dimasak dengan cara direndam terlebih dahulu di krim kelapa sebelum dikukus.

Bahkan tidak jarang untuk menambah kuat aromanya nasi ini dicampur dengan menggunakan batang sereh atau daun pandan. Nasi lemak juga biasa disajikan bersama daging ikan, kacang goreng, ataupun potongan mentimun.

Baca Juga :   6 Makanan Khas Korea Selatan : Kimchi, Bulgogi, Bibimbap, Jajangmyeon, Miyeok Guk, Sannakji DLL

Selain itu ada juga tambahan berupa rendang, ayam goreng, acar, dan sambal sotong.

  1. Sang Har Kway Teow

Sang Har Kwey Teow adalah sajian kuliner yang berupa mie yang disajikan dengan campuran udang sungai. Mie ini memiliki kuah yang terbuat dari kaldu telur.

Jika anda pecinta kuliner khususnya penikmat mie anda mesti mencicipi makanan yang satu ini. Mie telur yang dicampur dengan udang dan disajikan dalam kuah kaldu telur akan memberikan sesuatu yang berbeda di lidah anda.

  1. Palak Paneer

makanan khas malaysia

Palak Paneer adalah makanan yang berasal dari India Utara Malaysia. Makanan ini terbuat dari bayam yang dicampur dengan bumbu kare dan keju kambing. Menu yang satu ini biasanya disajikan bersama roti untuk menambah cita rasa dari masakan yang satu ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh