Nusa Tenggara Timur

5 Makanan Khas NTT dan Penjelasannya Adalah Kolo, Catemak Jagung DLL

sewa mobil jogja banner

5 Makanan khas NTT dan penjelasannya adalah kolo catemak jagung di jakarta kupang bose ntb masakan kue nusa tenggara timur tradisional daerah dari flores maumere manggarai ringan pokok ciri

 5 Sajian Kuliner yang Lezat dari Nusa Tenggara Timur

Indonesia adalah salah dari negara kepualaun yang ada di dunia dan menjadi salah satu negera kepulauan yang terbesar. Karena karakternya ini Indonesia memiliki banyak perbedaan budaya dan bahasa dari setiap dearahnya.

Namun perbedaan tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan asing untuk datang ke Indonesia.

Setiap suku di Indonesia memiliki cirri khasnya sendiri dari mulai pakaian, bahasa, dan makanan. Salah satu tempat yang memiliki cirri khas makanan yang cukup berbeda dengan daerah lain adalah Nusa Tenggara Timur.

Untuk wilayah yang satu termasuk wilayah yang berada di bagian timur Indonesia. Jauh dari kota metropolitan terbesar di Indonesia sekaligus ibukota Indonesia Jakarta, membuat daerah Nusa Tenggara Timur ini memiliki makanan khas yang cukup berbeda.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas NTT yang dapat anda cicipi jika suatu saat nanti anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

  1. Seafood

Sama seperti halnya daerah Indonesia bagian timur lainnya. Kebanyakan warga Nusa Tenggara Timur juga menjadikan pekerjaan nelayan sebagai mata pencarian meraka. Karena memang sumber daya laut yang di daerah ini begitu melimpah.

Anda dapat merasakan berbagai makanan yang berasal dari ikan segar. Oleh karena itu rasa masakan laut yang ada di Nusa Tenggara Timur begitu berbeda dibandingkan dengan masakan laut dari daerah lain yang ikannya dibeli di pasar.

Baca Juga :   Pulau Padar Labuan Bajo, Lokasi Trekking Dan Spot Panorama Terbaik

Makanan laut yang ada di daerah ini terasa lebih lezat karena memang ikan yang digunakan adalah ikan-ikan segar. Anda bisa merasakan berbagai olahan ikan seperti ikan tongkol bakar, atau gurame asam manis.

  1. Sambal Ikan Teri

Masih makanan yang berbau dari laut. Sambal ikan teri adalah salah makanan yang memang cukup terkenal dan terdapat beberapa di daerah lain.

Namun bisa dikatakan sambal ikan teri yang terdapat di Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu sambal yang paling lezat karena ikan teri yang digunakan ikan teri yang benar-benar masih segar.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai pendamping menu makanan utama. Menu yang satu ini juga termasuk menu yang tidak sulit dibuat.

Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan mengkreasikan sambal anda sendiri tapi ada salah satu cara terbaik memasak sambal ini yaitu dengan menggunakan lengkuas, daun jeruk ikan teri dan garam yang ditumis menjadi satu hingga kering.

  1. Tumisan

makanan khas ntt

Selain makanan yang berasal dari laut Nusa Tenggara Timur juga memiliki berbagai makanan khas lainnya. Salah satunya adalah makanan tumisan. Makanan yang dimasak dengan ditumis adalah salah satu makanan khas NTT.

Beberapa tumisan yang terkenal antara lain plecing kangkung, dan tumis bunga papaya. Makanan tumis bungan papaya menjadi salah makanan yang cukup unik yang terdapat di Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Di Labuan Bajo Yang Hits Dan Menarik

Rasa dari tumisan ini juga agak berbeda dengan tumisan lainnya mungkin karena bahan dasar dan bumbu yang digunakan memiliki kualitas berbeda.

  1. Kolo

Mungkin anda masih asing dengan nama masakan yang satu ini. namun jika anda lihat maka pasti anda pernah melihat makanan ini dibeberapa tempat yang ada di Indonesia.

Kolo adalah makanan tradisional khas Nusa Tenggara Timur yang dimasak dengan menggunakan batang bamboo.

Nasi atau berasa dimasukan kedalam batang bamboo yang panjangnya kurang lebih 30 cm lalu diberi berbagai bumbu khusus, setelah itu batang bamboo dibakar. Makanan ini biasanya disajikan untuk upacara adat atau pesta syukuran

  1. Catemak Jagung

Catemak jagung merupakan makanan penutup khas dari Nusa Tenggara Timur. Seperti namanya makanan ini terbuat dari jagung sebagai bahan dasar utamanya. Selain jagung catermak jagung juga dipadu dengan labu lilin dan kacang hijau, lalu dimasak dengan bumbu khusus.

Tags

Related Articles

2 Comments

  1. kurang satu lagi minuman khas daerah timor yaitu Laru sejinis tuak, dan juga sopi lebih enak dari moke dan cita rasa sama mirip dengan arak bali tapi sopi banyak variasi ada yang harum kusambi, dan ada juga pedas dulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh