7 Makanan Khas Palembang : Model, Tekwan DLL SELAIN Pempek dan Ragit

4072 views
7 Makanan khas palembang model tekwan selain pempek dan ragit di bandung jakarta surabaya jogja bekasi bogor lampung kue masakan sejarah jual tekwan celimpungan tempoyak maksuba pindang tulang

Celimpungan Khas Palembang

7 Kuliner khas Palembang yang sangat lezat

Palembang adalah sebuah kota yang ada di Pulau Sumatera yang sangat terkenal dengan berbagai kebudayaan dan tempat wisatanya. Jembatan Ampera adalah salah tempat yang sanagt terkenal di tempat ini.

Namun selain itu terdapat juga makanan khas Palembang yang dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Mungkin yang paling anda kenal adalah makanan yang bernama pempek, tapi sebenarnya ada beberapa lagi sajian kuliner khas Palembang yang harus anda ketahui dan anda cicipi kelezatannya.

  1. Pempek

makanan khas palembang

Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini. Bukan hanya di Palembang namun di berbagai kota besar di Indonesia telah menjajakan makanan yang satu ini.

Pempek adalah makanan yang tebuat dari daging ikan yang dibungkus dengan adonan sagu dan dimakan dengan saus gula merah, yang diberi udang kering.

Namun kini pempek bukan hanya sebatas dari rasa ikan saja, ada berbagai bahan lain yang terkadang menjadi ikan tersebut seperti tahu dan telur rebus. Dan pempek sendiri memiliki berbagai jenis. Salah satu yang terkenal adalah pempek kapal selam.

  1. Model

Model adalah makanan khas Palembang yang memiliki bahan dasar daging ikan dan sagu yang dibuat menjadi seperti pempek yang dipotong kecil-kecil dan siram dengan kuah kaldu udang, dan ditambah dengan bihun sebagai pelengkap.

Makanan ini memiliki dua jenis yaitu model gendum dan model iwak.

  1. Tekwan

Hampir sama dengan model, namun perbedaannya hanya pada daging ikan dan sagunya dbentuk menjadi seperti bakso kecil.

Selebihnya hampir sama dengan model yaitu menggunakan kuah kaldu udang dan tambahan bihun sebagai pelengkap. Namun pada umumnya Tekwan juga menggunakan jamur sebagai pelengkap. Makanan ini seperti halnya sup ikan.

  1. Celimpungan

Celimpungan adalah sajian Palembang yang berbahan dasar ikan dan santan sebagi kuahnya. Dan biasanya kuah yang dipakai adalah kuah pedas untuk menjadikan makanan lebih nikmat.

Isi dari celimpungan sendiri adalah adonan pempek yang dibuat menjadi seperti bakso. Biasanya sebagai pelengkap ditambahkan bawang goreng sebagai toppingnya. Anda bisa menemukan makanan ini diberbagai penjuru kota Palembang.

  1. Tempoyak

Mungkin ini adalah salah satu sajian khas Palembang yang bukan terbuat dari bahan dasar ikan. Tempoyak adalah masakan yang terbuat dari daging durian yang ditumis dengan tambahan bumbu cabe, dan bawang.

Bentuk makanan ini seperti halnya saus. Makanan ini adalah bukan makanan utama melainkan sebagai mekanan pelengkap saja. Biasanya makanan dipadu dengan berbagai makanan pokok yang ada di Palembang untuk menjadikan makanan lebih lezat dan gurih.

  1. Kue Maksuba

Kue Maksuba adalah kue terbuat dari telur bebek dan susu kental manis. Dalam proses pembuatannya kue ini hampir sama dengan pembuatan kue lapis.

Kue yang identik dengan hari raya lebaran di Palembang ini dikatakan sebagai sajian keluarga kesultanan di Palembang dan disajikan kepada tamu-tamu sultan atau tamu kehormatan. Namun seiring berkembangnya zaman kue ini dapat anda temukan di berbagai penjuru kota Palembang.

  1. Pindang Tulang

Pindang tulang adalah makanan sejenis sup yang berasal dari Palembang. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tulang sapi dan sumsum sapi. Namun tidak sepenuhnya tulang, biasanya yang digunakan adalah tulang yang masih memilki sedikit daging yang merekat di tulang tersebut.

Anda akan merasakan sensasi yang menrik saat mengegroti sedikit demi sedikit daging yang terdapat pada tulang. Tulang sapi dimasakan ini direbus dengan menggunakan bumbu yang cukup pedas. Dan makanan ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat.

Tags: #Celimpungan #Kue Maksuba #Model #Pempek #Pindang Tulang #Tekwan #Tempoyak