Riau

5 Makanan Khas Pekanbaru Adalah Gulai Patin, Roti Canai, Mie Lendir, Ikan Baung Asam Pedas & Asap Selais

5 Makanan khas pekanbaru adalah riau ciri tempat masakan dari ringan di jakarta kue daerah makan kuliner tradisional wisata kota gulai patin roti canai mie lendir ikan baung asam pedas asap selais

5 Masakan Kuliner lezat dari Pekanbaru yang wajib dicicipi

Jika anda adalah salah satu seorang yang mencintai kuliner dan sangat berambisi untuk berburu berbagai jenis kuliner, ada baiknya kitari semua kota yang ada di Indonesia yang memiliki berbagai jenis makanan yang sangat khas daerahnya masing-masing.

Salah satu kota yang wajib anda kunjungi untuk berburu kuliner adalah kota Pekanbaru. Pekanbaru terletak di Provinsi Riau di Pulau Sumatera. Selain dapat menjadi tempat berwisata kuliner tempat ini juga dapat menjadi tempat berwisata keindahan kota dan alamnya.

Kota Pekanbaru yang diapit oleh 4 sungai menjadikannya memiliki berbagai jenis masakan ikan yang begitu istimewa tapi tenang bukan hanya ada masakan ikan di Pekanbaru juga terdapat banyak makanan khas lainnya.

Berikut ini adalah beberpa makanan khas Pekanbaru yang memiliki rasa istimewa

  1. Gulai Patin

Makanan dari Pekanbaru yang paling terkenal adalah gulai patin. Sama seperti namanya gulai patin terbuat dari ikan patin. Salah satu yang paling khas dari gulai patin Pekanbaru adalah kuah kuningnya yang terasa begitu lezat dan membuat anda ketagihan.

Ditambah lagi daging ikan pating yang rendah kolesterol membuat makanan ini banyak diburu oleh para wisatawan yang datang ke Pekanbaru.

Selian itu daging ikan pating juga memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga bumbu kuah gulai dapat meresap hingga kedalam daging yang membuat gulai memiliki rasa yang begitu lezat.

Baca Juga :   7 Makanan Khas Jambi dan Penjelasannya Beserta Keterangannya : Tempoyak DLL Lengkap

Anda dapat dengan mudah menemukan menu yang satu ini diberbagai tempat makan yang ada di Pekanbaru

  1. Ikan Baung Asam Pedas

Ikan asam baung adalah salah jenis makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari ikan baung sebagai bahan utamanya lalu sebagai bumbunya menggunakan jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, sere, cabai dan berbagai bahan rempah lainnya.

Yang unik dari masakan ini adalah daging ikan baung yang memiliki tekstur lembut tapi juga kenyal dan tidak lembek.

Selain daging ikan baung juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan kandungan lemak yang rendah, oleh karena itu makanan ini adalah salah makanan yang cukup menyehatkan.

  1. Ikan Selais Asap

Menu ikan selanjutnya adalah ikan selais asap. Menu ikan yang satu ini menjadi salah menu yang paling dicari di Pekanbaru. Ikan selais asap terbuat dari ikan selais yang diolah dengan cara diasapi.

Ikan selais asap memiliki rasa yang renyah dan khas karena ikan selais adalah ikan asli yang berasal dari Riau. Biasanya kuliner yang satu ini disajikan bersama dengan sambal merah.

Makanan yang satu ini adalah salah makanan yang wajib anda cicipi saat berada di Pekanbaru. Menu in juga dapat dengan mudah anda temui di berbagai tempat makan atau restoran yang ada di Pekanbaru.

  1. Roti Canai

Roti canai adalah roti khas dari Pekanbaru. Roti ini berbentuk pipih, karena proses pembuatannya yanh di putar hingga menjadi tipis. Sebenarnya roti ini dapat ditemui diberbagai negara yang memiliki budaya Melayu seperti Singapura dan Malaysia.

Baca Juga :   5 Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau Tanpa Supir yang Sewa-nya Murah 2018

Roti ini biasanya disajikan bersama dengan kari kambing atau kari domba. Potongan roti yang dicelupkan kedalam kari lalu langsung disantap merupakan sebuah roti yang memiliki rasa yang khas dan menempel di lidah.

  1. Mie Lendir

makanan khas pekanbaru

Dari namanya mungkin sudah terdengar cukup aneh dan menarik pastinya. Mie lendir ini terbuat dari mie kuning yang direbus bersama tauge, dan tidak jarang ditambahkan telur rebus sebagai pelengkap.

Kuah kental dari mie ini sendiri terbuat dari ubi, kacang tanah, dan berbagai jenis bumbu khusus lainnya. Bagi masyarakat Pekanbaru biasanya mie lendir ini dijadikan salah satu menu favorit untuk sarapan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker