Jawa Tengah

5 Makanan Khas Solo Yang Enak Bisa Untuk Oleh Oleh : Timlo, Cabuk Rambak DLL

5 Makanan khas solo yang enak untuk oleh oleh timlo cabuk rambak di pagi siang malam hari dan alamatnya tempatnya masakan surakarta ringan kuliner tradisional kering ciri kecil
Cabuk Rambak Khas Solo

5 Sajian Masakan Kuliner Solo yang Terkenal dan Wajib Dicicipi

Solo adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki berbagai makanan khas yang berbeda dengan tempat yang lainnya. Jika anda datang ke Solo cobalah untuk memburu beberapa makanan ini.

Karena beberapa orang yang datang ke Solo bukan hanya untuk menikmati tempat wisatanya saja melainkan juga untuk menikmati sajian kulinernya yang begitu istimewa dan digemari para pecinta kuliner. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Solo yang sangat diminati oleh banyak orang.

  1. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak dakah salah masakan Solo yang terbuat dari ketupat dan sanatan kelapa. Dalam bahasa Solo ketupat disebut gendar janur.

Yang menjadikan makanan ini berbeda dengan masakan ketupat lainnya yang ada di seluruh Indonesia adalah bumbunya yang sangat khas Solo yaitu biji wijen yang digoreng dengan santan, lalu dicampur dengan cabai, kemiri, gula jawa, dan bawang putih.

Dan sebagai pelengkap pada umumnya makanan ini disajikan bersama karak, karak adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar beras.

Makanan ini dapat anda temui dengan mudah di Solo, hampir setiap hari ada orang yang menjual makanan ini secara berkeliling dan pada saat hari perayaan sekaten, Cambuk Rambak biasa dijual di sekitar halaman Masjid Agung Keraton.

  1. Tengkleng

makanan khas solo

Tengkleng mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Pasti anda tahu gulai kambing. Tengkleng adalah masakan yang mirip dengan gulai kambing, perbedaanya hnay pada kuahnya saja. Tengkleng tidak menggunakan kuah santan.

Baca Juga :   8 Tempat Nongkrong di Solo Baru Yang Enak Siang / Malam Hari Ada Wifi Asyik Murah 24 Jam

Selain itu tengkleng hanya berisi tulang-tulang kambing yang terdapat sedkit daging yang merekat pada tulang tesebut. dan ada juga jeroan yang dimasukan ke dalam makanan tengkleng.

Selain jeroan terdapat juga campuran seperti usus, kaki dan otak ke dalam makanan ini. yang menarik dari makanan ini adalah saat anda memakan sedikit demi sedikit daging yang menempel di tulang dan menghisap dari isi tulang-tulang tersebut.

  1. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah makanan khas solo yang sangat terkenal bahkan hingga di luar Solo. Namun anda akan merasakan sesuatu yang berbeda saat mencoba. Nasi liwet adalah masakan yang berupa nasi yang dimasak mengguanakan kaldu ayam.

Hal tersebut membuat masakan nasi terasa lebih gurih dan nikmat. Namun bukan nasi saja. Nasi tersebut disajikan bersama telur rebus, daging ayam yang disuwir tipis, lalu disiram dengan sayur labu dan kuah santan yang kental.

Pada umumnya nasi liwet dihidangkan menggunakan daun pisang yang dipincuk pada pinggir piring. Jangan lewatkan makanan ini saat anda berada di Solo.

  1. Timlo Solo

Timlo adalah masakan yang menggunakan campuran sosis goreng yang dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan telur ayam pindang serta irisan hati ayam dan dicampur dengan kuah bening.

Biasanya makanan ini sajikan bersama nasi putih dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Yang berbeda dari Tmlo Solo adalah makanan ini tidak menggunakan tambahan bihun dan jamur.

  1. Sate Kere
Baca Juga :   Sedang Di Jawa Tengah? Cobalah 6 Oleh Oleh Wonosobo Ini

Sate Kere adalah makanan sate yang berbeda dengan sate pada umumnya. Perbedaan besarnya terdapat pada bumbu yang digunakan. Sate kere menggunakan bumbu yang terbuat dari tempe gembos.

Tempe gembos sendiri adalah makanan yang terbuat dari ampas kedelai dari sisa pembuatan tahu. Daging yang biasa digunakan adalah jeroan sapi, seperti paru, limpa, ginjal, dan babat.

Dan biasa sebelum dibakar sate ini direndam dalam bumbu khusus dahulu agar mendapatkan rasa yang begitu khas dan nikmat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh