Jawa Barat

7 Makanan Khas Sunda Yang Unik Langka Sudah Jarang, Terkenal Enak dan Penjelasannya

7 Makanan khas sunda yang unik langka sudah jarang, terkenal enak dan penjelasannya mudah dibuat dikukus di bandung dari singkong awug bekasi bogor jogja surabaya puncak jakarta timur lembang yogyakarta umbi umbian ketan masakan tradisional mendunia
Karedok Khas Sunda

7 Sajian kuliner yang berasal dari Jawa Barat

Seperti kita tahu Jawa Barat adalah tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang member kesan. Bukan hanya dari keindahan alamnya saja melainkan dari budaya dan keramah-tamahan para masyakarat Jawa Barat yang pada umunya adalah suku dari masyarakat Sunda.

Bukan hanya budaya, keindahan alam dan orangnya saja yang memberikan kesan melainkan makanan khas Sunda juga memiliki keistimewaan mereka tersendiri. Banyak sekali sajian kuliner yang berasal dari Sunda, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Tahu Sumedang

makanan khas sumedang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Tahu Sumedang telah dijual ke luar kota Sumedang itu sendiri.

Sebenarnya ini adalah sebuah makanan sederhana yaitu berupa tahu kotak yang tidak memiliki isi dan dimakan dengan menggunakan cabai dan saat yang tepat menikmati hidangan ini adalah saat hidangan masih terasa hangat dan anda akan sangat ketagihan saat pertama kali mencicipinya.

Makanan ini sudah banyak dijual di berbagai tempat makan sunda dan bahkan tahu sumedang memiliki penjual khusus yang hanya menjajakan makanan ini.

  1. Gepuk

Gepuk merupakan makanan yang berbahan dasar daging, dan pada umunya menggunakan daging sapi. Cara pemasakan makanan ini sedikit unik yaitu daging sapi diiris tipis searah dengan serat daging tersebut lalu direbus hingga setengah matang.

Setelah itu daging di pukul-pukul hingga empuk, setelah empuk daging ini direndam didalam bumbu khusus yang dicampur dengan santan, lalu direbus kembali hingga santan menyusut.

Baca Juga :   30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu

Baru setelah itu gepuk ini digoreng dengan sedikit minyak. Memang proses pembuatannya tidak mudah dan sebentar namun rasa dari makanan ini sungguh lezat apalagi jika dinikmati dengan nasi hangat dan sambal.

  1. Colenak

Colenak adalah sejenis makanan tradisional Sunda yang masih ada hingga sekarang. Makanan ini terbuat dari peuyeum atau singkong yang telah difermentasikan.

Peuyeum tersebut dibakar dan dihidangkan dengan tambahan saus yang tebuat dari gula merah dan parutan kelapa.

Walaupun dalam proses penggorengan makanan ini sangat mudah sekali gosong namun bagi beberapa orang dibagian itulah kenikmatan dan bagian terenak dari makanan ini.

  1. Cireng

Cireng adalah makanan khas Sunda selanjutnya yang sudah ada sangat terkenal, makanan ini tebuat dari tepung kanji atau aci. Makanan ini adalah makanan ringan dan biasanya disajikan sebagai cemilan.

Yang unik dari makanan ini adalah akan terasa sangat alot jika digigit namun anda masih dapat merasakan sensai renyah dari makanan ini. sekarang makanan ini sudah memiliki berbagai varian rasa dan bentuk untuk dapat bersaing dengan makanan modern lainnya.

  1. Misro

Cemilan khas Sunda selanjutnya adalah misro. Makanan yang berbentuk bulat ini tebuat dari parutan singkong yang dibuat menjadi adonan lalu didalamnya diisi dengan gula merah agar mendapatkan rasa manis. Lalu digoreng hingga kecoklatan.

Makan ini seperti roti isi bedanya misro menggunakan parutan singkong sebagai bahan dasar utama pembuatannya dan menggunakan gula merah sebagi isiannya.

  1. Nasi Timbel
Baca Juga :   7 Tempat Wisata Alam Di Bandung Paling Populer

Nasi Timbel sebenarnya adalah nasi biasa yang hanya beda dalam cara pemasakan. Nasi timbel dimasak dengan cara memasukan nasi panas kedalam bukusan daun pisang, untuk menambahkan aroma pada nasi.

Selain itu sebagai tambahan biasanya terdapat berbagai lauk seperti tahu, tempe goreng, sambal, jambal, lalap, dan gepuk.

  1. Karedok

Karedok adalah makanan yang hampir sama dengan gado-gado.

Karedok menggunakan berbagai sayuran mentah untuk bahan utamanya lalu sebagai bumbu yang disiram di atasnya karedok menggunakan saus yang terbuat dari kacang, cabai, kencur, air asam, gula jawa, bawang putih, garam, dan terasi.

Perbedaan mencolok makanan dari gado-gado adalah sari segi bumbunya yang sekaligus memberikan perbedan dari kedua makanan ini.

Tags

Related Articles

2 Comments

  1. setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing2 yah, dan rasanya pun enak semua, memang hebat orang indonesia mah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker