6 Makanan Khas Surabaya Yang Enak dan Terkenal Bisa Untuk Oleh-Oleh : Lontong Balap, Semanggi DLL

6 Makanan khas surabaya yang enak dan terkenal untuk oleh-oleh lontong balap semanggi barat jawa timur malam hari nabati kota daerah keterangannya penjelasannya rujak cingur rawon

Lontong Balap Khas Surabaya

6 Sajian Khas Surabaya yang Tidak Boleh Kelewatan dan Wajib Anda Coba

Surabaya kota dengan berbagai sejarah yang mengagumkan ternayta menyimpan petualangan di bidang kuliner. Saat anda mengunjungi Surabaya sempatkanlah untuk mencari daftar makanan khas Surabaya berikut ini yang akan menambah pengalam lidah anda di bidang rasa.

Anda tidak akan rugi untuk berburu berbagai makana khas Surabaya. Karena makanan-makanan tersebut memiliki cita rasa yang tak kalah dengan makana dari kota lainnya. Berikut ini adalah daftar makanan tersebut.

  1. Semanggi Surabaya

Makanan ini akan sangat sulit ditemukan di luat Kota Surabaya. Tapi makanan ini sangat mudah anda temui di Surabaya.

Makanan ini sebernarnya hampir sama dengan pecel namun perbedaanya adalah Semanggi Surabaya memiliki campuran daun semanggi yang dikukus yang sangat banyak dengan tambahan kangkung, serta disiram dengan saus kacang.

Lalu ditambah dengan uli, kecambah dan pelengkap kerupuk. Makanan ini disajikan diatas daun pisang yang dipincuk. Untuk mendapatkan rasa maksimal dari makanan ini adalah cobalah ganti sendok dengan kerupuk untuk cara memakannya.

  1. Tahu Campur

makanan khas surabaya

Tahu Campur adalah makanan yang banyak dijual diberbagai tempat di Suarabaya mulai dari penjual yang di Gerobak hingga ke restoran. Semuanya menyediakan menu makanan ini.

Para penikmat wisata kuliner tidak akan kesulitan untuk mencari makanan ini. Tahu Campur terbuat dari tahu goreng, tauge, perkedel, singkong, selada air, mie kuning, dan kerupuk udang yang dicampur dengan kuah sop daging.

Sebagai pelengkap terkadang tedapat lentho,yaitu gorengan yang terbuat dari kacang hijau atau kacang merah, urat, kikil, dan tahu kuning. Dengan begitu banyak campurannya anda akan merasakan sebuah cita rasa yang istimewa.

Baca Juga : 36 Rekomendasi Tempat Makan Wisata Kuliner di Surabaya Pusat Kota Barat Selatan Malam Hari 24 Jam Murah Town Square Plaza dan Sekitarnya

  1. Tahu Tek Tek

Kalau anda belum tahu seperti apa tahu tek tek maka lihat makanan ketoprak. Kedua makanan ini memiliki bentuk yang hampir sama. Bedanya makanan ini dicampur dengan kecambah, dan petis.

Yang menjadi daya tarik dan keistimewaan dari makana ini adalah bumbu petisnya yang sangat nikmat. Rasa manis pedasnya sangat pas jika disajikan dengan lontong.

  1. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen adalah makanan khas Surabaya yang wajib anda cicipi sebelum pergi meninggalkan kota ini. Yang unik dari sate ini adalah sate yang dilumuri dengan bumbu kelapa yang diparut.

Setelah itu ditambahkan dengan bumbu kacang dan serundeng. Untuk menambah nikmatnya makanan ini anda bisa menambahnya dengan udang, sumsum, usus, atau lemak.

  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah makan yang paling sering diburu oleh para wisatawan dan penikmat kuliner yang datang ke Surabaya. Jika rujak pada umumnya adalah campuran dari buah yang diberi bumbu rujak pedas, tapi berbeda dengan rujak cingur yang satu ini.

Campuran rujak cingur pada umumnya adalah sayur dan buah-buahan, seperti mangga, nanas, kangkung, tempe, dan lontong.

Dan keunikan lainnya adalah bumbu yaitu dengan campuran cingur atau hidung kerbau, serta tambahan bumbu campuran petis, gula merah, kacang merah, udang, dan cabai.

  1. Lontong Balap

Dari namanya saja sudah unik apalagi rasanya. Makanan ini adalah makanan yang paling sering dihunting oleh para turis dan wisatawan. Tidak lengkap rasanya ke Surabaya jika tidak mencicipi Lontong Balap Surabaya.

Karena popularitasnya ini lontong balap telah menjadi salah satu ikon kota Surabaya di Bidang kuliner. Lontong balap adalah makanan dengan campuran yang sangat lengkap, dan itulah yang menjadi pembeda dari menu lontong di daerah lain.

Harga makanan sangat terjangkau dan mudah dijumpai diberbagai sudut kota Surabaya ini akan sangat rugi jika anda tida mencobanya.

Tags: #Lontong Balap #Rujak Cingur #Sate Klopo Ondomohen #Semanggi Surabaya #Tahu Campur #Tahu Tek Tek

Leave a reply "6 Makanan Khas Surabaya Yang Enak dan Terkenal Bisa Untuk Oleh-Oleh : Lontong Balap, Semanggi DLL"

Author: 
    author