Jawa Tengah

5 Makanan Khas Tegal : Tahu Aci, Nasi Ponggol DLL Selain Olos, Glotak, Pilus

sewa mobil jogja banner

5 Makanan khas tegal tahu aci olos glotak pilus dalam bahasa inggris jawa tengah slawi di jakarta kota masakan kacang asin bogares rumah makan kue jateng daerah kabupaten dari guci ringan ciri tradisional kecil kuliner jajanan kupat blengong nasi ponggol

Nikmatnya masakan khas dari Kota Tegal

Indonesia dikenal sebagai negara toleransi karena terdapat banyaknya perbedaan suku, budaya, agama, bahkan bahasa namun tetap bisa bersatu hidup dibawah naungan satu pemerintahan.

Bukan hanya budaya yang berbeda, jenis bahasa, pakaian hingga makanan pun berbeda-beda setiap daerahnya. di Pulau Jawa saja yang memiliki dua suku besar yang tinggal di pulau ini yaitu Suku Jawa dan Suku Sunda.

Di satu Suku Jawa saja terdapat banyak sekali perbedaan adat. Salah perbedaan yang timbul juga terdapat pada sajian kuliner khas daerahnya masing-masing. Salah satu tempat yang memiliki sajian kuliner yang berbeda dengan tempat lainnya adalah kota Tegal.

Kota Tegal adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, kota ini biasa dikunjungi para wisatawan yang notabennya adalah pecinta kuliner. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Tegal yang sering diburu pecinta kuliner.

  1. Nasi Ponggol

Jika anda adalah pecinta makanan pedas mungking makanan yang satu ini cocok dengan lidah anda. Nasi pongol adalah makanan yang sangat mudah anda jumpai di kota Tegal.

Makanan ini sebenarnya adalah menu nasi biasa yang ditambahkan dengan beberapa lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, dan ikan asing sebagai pelengkapnya.

Selain itu menu yang satu ini juga memiliki campuran bumbu yang sangat khas. Nama pongol diberikan karena rasa pedas dari kuliner yang satu ini terasa sampai kedalam perut.

  1. Teh Poci
Baca Juga :   Oleh-Oleh Dieng Yang Harus Dibawa Pulang

Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini. teh poci adalah kuliner yang sudah sangat terkenal bahkan ke mancanegara. di kota Tegal anda bisa mendapatkan minuman ini dengan sangat mudah.

Teh poci adalah minuman teh yang terbilang cukup unik karena teh poci selalu menggunakan tempat teko dan gelasnya yang terbuat dari tanah liat. Hal ini karena bisa membuat aroma dari teh poci yang sangat khas itu sendiri tidak hilang.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana yaitu daun teh dimasukan kedalam poci atau teko kecil lalu diseduh. Teh yang biasa digunakan adalah teh hijau. dan biasanya teh poci menggunakan gula batu sebagai pemanis.

  1. Sate Kambing

Sate bukan hanya berasal dari Madura saja. Kota Tegal juga memiliki sate khas sendiri yaitu sate kambing. Sate kambing khas Tegal ini menggunakan bumbu khusus sehingga terasa sekali kuliner khas tegalnya.

Selain itu sate kambing dari tegal biasanya menggunakan kambing muda sebagai bahan utamanya agar mendapatkan daging kambing yang empuk dan nikmat.

Pada umumnya daging kambing diambil dari kambing yang umurnya masih dibawah lima bulan. Anda bisa mendapatkan sate kambing khas Tegal dengan mudah di seluruh kota Tegal.

  1. Tahu Aci

makanan khas tegal

Tahu Aci adalah makanan khas Tegal. Jika anda datang ke Tegal tapi tidak mencicipi makanan ringan khas Tegal yang satu ini bisa dibialng anda telah mendapatkan kerugian yang cukup besar.

Baca Juga :   Inilah  7 Tempat Wisata Dі Tegal Yаng Populer Ьіѕа Anԁа Kunjungi

Makanan ini biasanya dijadikan lauk pelengkap untuk makanan khas dari Tegal lainnya. Tahu aci tergolong makanan yang sangat sederhana yaitu tahu biasa yang didalamnya diberi aci dan digoreng dengan menggunakan minyak yang sangat panas.

Makanan ini sangat pas dinikmati saat cuaca sedang dingin.

  1. Kupat Blengong

Kupat Blengong sebenarnya adalah makanan yang seperti ketupat biasa karena memang hampir tidak ada perbedaan antara keduanya dari segi penampilan dan bumbu yang digunakan.

Namun perbedaan jelas terjadi dari segi lauknya. Kupat blengong menggunakan olahan daging blengong sebagai lauknya. Biasanya daging blengong disate atau digoreng biasa. Blengong sendiri adalah hewan ungga hasil kawin silang antara bebek dan mentok.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh