Bali

5 Makanan Terkenal Di Bali Yang Sangat Lezat

Hampir seluruh orang tahu kalau Bali sudah menjadi wisata kuliner internasional. Berbagai macam restoran baru pun semakin bermunculan tiap tahunnya. Namun ada beberapa makanan yang terkenal di Bali yang sampai sekarang masih tetap populer. Penasaran makanan apa aja? Berikut ini adalah daftar makanan terkenal di Bali yang harus diketahui.

1. Srombotan

Srombotan khas Bali

Seperti halnya urap jawa, srombotan yang berasa dari klungkung ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus setengah matang. Seperti kacang panjang, kecambah, kangkung, bayam, terong bulat, kelapa perut yang disangrai, serta pare yang kemudian disiram dengan sambal encer yang super pedas nan menggugah selera.

Srombotan ini bisa dijadikan seperti salad, atau bisa juga disajikan dengan tipat (ketupat) atau nasi. Srombotan ini biasanya bisa ditemui di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Kreneng, Pasar Batubulan, Dan Pasar Sukawati yang hanya dijual Rp. 3000 sampai Rp. 7000 per porsinya. Namun penjual recomended untuk mencicipi srombotan ini adalah Ibu Nengah Purnawanti yang senantiasa berjualan di jalan tukad pakerisan, denpasar pada sore hari.

2. Tipat Blayag

tipat bayag khas bali

Hampir mirip dengan lontong sayur, tipat blayag ini terdiri dari lipat (ketupat), telur, ayam suwir, lawar, serta sambal yang kemudian disiram dengan kuah yang bersantan. Rasanya pun sangat gurih dan sedikit manis mirip curry.

Baca Juga :   6 Tempat Makan Halal Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Tipat blayag ini merupakan makanan khas Bali yang terkenal dari Daerah Buleleng (Singaraja), Bali Utara. Semakin populernya makanan ini, maka para pengunjung Bali pun bisa menemukannya di hampir seluruh penjuru pulau Bali. Tipat blayang yang wajib dicoba adalah tipat blayang yang ada di warung Bu Agus Di Jalan Tukad Yeh Aya, Renon yang senantiasa dari jam 4 sore sampai jam 2 pagi.

3. Nasi Sela

nasi sela khas bali

Sejarah nasi sela yang berasal dari Karangasem ini sangat unik sekali karena masakan yang sangat sederhana ini muncul pada tahun 1970-an. Yakni ketika daerah tersebut mengalami kesulitan ekonomi. Masyarakat tersebut mencampurkan cacahan sela (ketela) serta ubi jalar untuk mensuplemen kekurangan nasi ditengah masa ktiris tersebut. namun hingga sekarang, makanan tersebut bisa bertahana sebagai makanan khas Bali bagian timur.

Biasanya nasi sela ini dicampur dengan jukut (sayur) bejek, grago (udang kecil), kacang tanah, bumbu kalas (santan, daging, dan basa gede), sambal bongkot, serta ayam betutu suwir yang disajikan dengan sambal matah yang menambah nikmat makanan tersebut. jika tertarik dengan nasi sela ini maka bisa mencobanya di Warung Mek Luh yang tepat berada didepan RSUD Karangasem.

4. Tipat Cantok

tipat cantok bali

Kebayang jika gado-gado bercampur dengan ketoprak diatas piring? Menarik bukan? Hanya di Bali yang bisa menemukan makanan tersebut. tipat dengan topping berbagai macam sayuran rebus, seperti kacang panjang, tauge, kangkung, dan ditambah dengan potongan tahu goreng yang dicampur dengan bumbu kacang dan ditaburi bawang serta kacang tanah goreng.

Baca Juga :   5 Makanan Wajib Di Bali Yang Wajib Dicicipi

Tipat cantok ini bisa ditemukan di kaki lima maupun gerobak keliling di seluruh pulau Bali. Tipat cantok yang lezat bisa dirasakan di Daerah Selatan, Denpasar milik Ibu Kadek Kartini yang sudah berjualan selama sebelasan tahun.

5. Laklak

Dan makanan terkenal di Bali yang terakhir adalah laklak. Ketika anda menikmati pesona wisata di Bali anda akan menemukan makanan ini. Laklak sendiri merupakan versi Bali. Namun yang langsung mencuri perhatian adalah cara memasaknya yang menggunakan kendi tradisional diatas api yang besar, yang ditutup hingga adonan mengembang.

Teknik memasaknya yang unik serta ukurannya yang lebih kecil namun lebih tebal. Serta meghasilkan kontras tekstur yang crispy diluar tapi lembut didalam. Berbeda dengan surabi yang teksturnya lebih lembek yang disiram dengan kuah santan. Laklak sendiri ditaburi dengan parutan kelapa dan sirup gula merah. Laklak favorit yang biasa dikunjungi adalah di Dapoer Buleleng Jalan Teuku Umar Barat.

Itulah beberapa makanan terkenal di Bali yang bisa dicicipi kelezatannya. Bukan hanya terkenal oleh wisatawan lokal saja, namun makanan tersebut sudah terkenal oleh wisatawan mancanegara.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh