Bali

5 Makanan Wajib Di Bali Yang Wajib Dicicipi

sewa mobil jogja banner

Kurang lengkap rasanya jika liburan di Bali tidak mencicipi makanan khas Bali sendiri. Kuliner Bali ini mempunyai daya tarik tersendiri yang bisa membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan. Kuliner yang senantiasa di racik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan pedas sangat menggoda sekali. Maka dari itu wisatawan wajib mencoba makanan wajib di Bali berikut ini.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu Gilimanuk resto halal bali

Makanan urutan pertama yang wajib di coba saat mengunjungi Bali adalah ayam betutu. Bagi para pencinta pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta pada ayam betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang akan membuat ketagihan. Uniknya bumbu tersebut dimasukkan kebagian dalam perut ayam kampung sehingga akan menambah cita rasanya.

Selain itu dagingnya pun dibungkus dengan daun pisang serta dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam untuk menghasilkan rasa gurih, lembut, dan pedas yang otentik. Ayam betutu sendiri tidak selalu menggunakan daging ayam, namun bisa juga diganti dengan menggunakan bebek.

2. Nasi Campur Ayam Bali

nasi ayam bu Oki bali halal

Nasi campur merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat populer. Bagi penduduk asli Bali, nasi campur ayam Bali merupakan makanan mereka sehari-hari. Nasi campur ayam Bali sendiri enak disantap dengan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam yang semakin menambah nikmat.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Tempat Makan Romantis Di Bali

Yang lebih menarik lagi menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi disetiap rumah makan Bali. Misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, serta taburan kacang tanah goreng yang akan membuat siapa yang mencicipinya akan terus ketagihan.

3. Sate Lilit Bali

sate lilit khas bali

Makanan wajib di Bali  yang selanjutnya adalah sate lilit Bali. Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingya selalu ditusuk, sate lilit Bali ini justru dibuat dengan cara dililit. Sebelumnya daging dicincang terlebih dahulu sampai halus, serta diramu dengan rempah-rempah khas Bali. Kemudian dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu.

Rasanya pun dijamin empuk dan gurih. Terlebih apabila sate lilit tersebut dililitkan pada batang daun serai yang akan menambah aromanya semakin wangi. Pada umumnya sate lilit ini terbuat dari daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di seantero Bali.

4. Lawar Kuwir

 

Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang diramu menggunakan bumbu khas Bali. Pada umumnya lawar kuwir ini diolah dengan campuran daging babi, namun bagi yang tidak suka daging babi atau yang beragama muslim bisa menggantinya dengan daging bebek atau entog (kuwir). Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampur denan potongan-potongan sayur kacang panjang, serta parutan kelapa yang dilumuri dengan bumbu Bali.

Baca Juga :   5 Tempat Makan Murah Di Kuta Yang Recommended

Lawar kuwir sendiri ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Tak lupa sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu, serta semagkok jukut ares (sayur batang pisang) yang akan menambah nikmat santapan yang satu ini.

5. Rujak Kuah Pindang Dan Rujak Bulung

rujak kuah pindang

Sudah pernah mencicipi rujak yang disiram dengan kuah ikan tuna? Jika belum, di Bali bisa mencoba kuliner unik yang satu ini. Karena banyak sekali dijual baik itu diwarung-warung maupun di pinggir jalan.

Rasakanlah sensai pedas sekaligus sensai segar dilidah saat menyantap irisan mangga yang dicampur dengan kuah pindang dan cabe yang super pedas. Bukan hanya mangga, isiannya pun bisa diganti dengan berbagai macam jenis buah atau rumput laut. Di Bali sendiri rujak rumput laut yang menggunakan kuah pindang dikenal dengan nama rujak bulung.

Itulah makanan wajib di Bali yang harus dicicipi saat liburan kesana. Karena rasanya sangat kurang afdol tanpa mecicipi ke 5 makanan tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh