Jawa Barat

7 Masakan Khas Sunda Yang Ada di Bogor, Jakarta, Bali, Surabaya, Malang, Jogja dan Bekasi

7 Masakan khas sunda yang ada di bogor jakarta bali surabaya malang jogja bekasi bandung timur yogyakarta makanan jawa barat suku daerah orang lebaran sayur ikan tradisional sederhana kuliner indonesia ciri

Istimewanya 7 masakan dari Sunda ini

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki berbagai kultur dan budaya. Setiap daerah memiliki budaya sendiri-sendiri bahkan hampir disetiap provinsi memiliki kebudayaan dengan provinsi lainnya.

Selain budaya Indonesia juga memiliki jenis ragam suku yang ada di Nusantara ini.

Setiap suku memiliki pakaian adat, bahasa dan makanan khasnya sendiri-sendiri yang berbeda dengan suku lainnya. Salah satu suku yang memiliki makanan khas yang kelezatannya sudah di akui adalah suku Sunda.

Suku Sunda berada di wilayah Jawa Barat dan Banten. Masakan khas Sunda ini sudah cukup terkenal dan dikenal masyarakat banyak. Berikut ini adalah sajian khas Sunda yang begitu istimewa.

  1. Karedok

masakan khas sunda

Untuk anda yang menyukai makanan yang berbahan dasar sayuran atau anda yang vegetarian pasti sudah tidak asing dengan makanan yang sehat satu ini.

Karedok adalah makanan khas sunda yang terdiri dari sayuran mentah seperti kol, kacang panjang, terong, kemangi, tauge, dan timun yang dicampur menjadi satu lalu ditambahkan saus kacang yang dicampur dengan campuran cabai, kencur, gula merah, asam dan terkadang dicampur dengan terasi.

Jika di Jakarta makanan ini sama dengan gado-gado perbedaannya adalah dari segi bumbunya. Karedok memiliki berbagai campuran di bumbunya sedangkan gado-gado hanya menggunakan kacang tanah, cabai, dan garam saja.

  1. Lotek

Jika karedok mirip dengan gado-gado yang ada di Jakarta maka lotek adalah masakan khas Sunda yang mirip dengan makanan khas Jawa yaitu pecel. Lotek adalah makanan yang berupa sayuran yang telah direbus lalu disiram dengan bumbu kacang yang telah dicampur sambal.

Baca Juga :   Pantai Karapyak Pangandaran, Keindahan Fenomena Laut Dua Warna

Yang membuatnya berbeda dengan pecel adalah di sambalnya yang terkadang menggunakan tambahan tempe, terasa, dan gula merah. Selain itu dari penyajian juga agak berbeda. Penyajian lotek itu bumbu baru ditambahkan kehidanganan sayuran ketika mau dihidangkan.

  1. Seblak

Seblak merukanan makanan khas Sunda yang tebuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan berbagai racikan bumbu pedas yang mengguanakan cabai dan bawang putih sebagai bahan utamanya.

Seblak khas Sunda memiliki dua macam jenis, yaitu seblak basah dan seblak kering. Bagi anda penyuka makanan pedas cobalah sesekali mencicipi makanan yang satu ini dan pastinya tidak mengecawakan.

  1. Mie Kocok

Pasti anda sudah sering mengenal makanan yang satu ini. Mie kocok adalah makanan lezat dari tanah Sunda. Makanan memiliki sesuatu yanh unik, yaitu namanya.

Walupun namanya mie kocok tapi dalam proses pembuatannya tidak ada proses pengocokan. Mie kocok terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan tauge, lalu dibumbui dengan kuah yang diberi campuran lemak kaki sapi. Lalu sebagai tambahan diberi topping kikil sapi.

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel sebenarnya nasi yang biasa saja, namun yang membuatnya istimewa adalah nasi ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang hingga memberikan aroma yang begitu khas pada nasinya.

Sebagai lauknya biasanya nasi timbel dihidangkan bersama lauk yang ada pada umumnya seperti tahu, tempe goreng, ayam goreng, jambal asin, empal, dan yang paling khas dari tanah Sunda adalah lalapannya.

  1. Misro
Baca Juga :   Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Kisaran 10 Ribu Rupiah Saja!

Misro adalah sejenis makanan ringan dari tanah Sunda. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa yang dibuat menjadi adonan lalu dibentuk bulat dan di dalamnya diisi dengan menggunakan gula merah atau gula jawa.

Sehingga akan terasa manis saat digigit dibagian tengahnya. Misro hampir sama dengan halnya roti isi. bedanya misro terbuat dari kelapa dan isinya hanya sebatas gula.

  1. Comro

Comro adalah makanan sejenis misro hampir tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya. perbedaanya hanya ada pada bentuk dan isiannnya saja. Comro berbentuk lebih lonjong dan diisi dengan menggunakan sambal oncom.

Tags

Related Articles

One Comment

  1. makanan khas indonesia sangat bergizi dan mempunyai cita rasa yang enak banget
    top banget article nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh