Objek Wisata Dunia

6 Minuman Khas Indonesia dan Asalnya yang Terkenal di Dunia + Gambarnya

sewa mobil jogja banner

6 Minuman khas indonesia dan asalnya yang terkenal di dunia gambarnya asal daerahnya modern mudah dibuat mendunia unik terkenal enak melegenda 33 provinsi sejarahnya manfaatnya dari berbagai daerah 346 Minuman Asli dari Indonesia yang Wajib Dicicipi

Indonesia adalah salah negara yang yang sangat kaya akan budaya dan keindahan alamnya di bidang pariwisata.

Bukan hanya itu Indonesia memiliki berbagai macam suku istiadat di dalamnya dan setiap dari suku tersebut memiliki cirri khas dan keistimewaannya masing-masing mulai dari bahasa, pakaian, kebiasaan, bahkan sampai ke jenis kuliner khas mereka.

Indonesia juga memiliki banyak sekali sajian kuliner yang berasal dari berbagai daerah. Sajian kuliner tersebut mulai dari makanan hingga ke minuman.

Minuman dari Indonesia juga mempunyai cirri khasnya sendiri berbeda dengan minuman dari negara lain. Berikut ini adalah beberapa minuman khas Indonesia.

  1. Cendol

minuman khas indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan jenis minuman yang satu ini. minuman ini banyak sekali dijual di berbagai daerah di Pualu Jawa khususnya daerah sekitar ibu kota Jakarta. Minuman ini adalah minuman yang berasal dari Jawa Barat.

Minuman terbuat dari tepung beras yang dijadikan adonan dan dipotong atau cetak melalui saringan hingga berbentuk buliran kecil-kecil hingga menjadi yang namanya cendol.

Es cendol ini berwarna hijau yang didapat dari daun pandan dan dicampur dengan kuah santan dan gula merah lalu ditambah dengan parutan es. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan gurih sangat pas dinikmati saat cuaca sedang panas dan terik.

  1. Bajigur
Baca Juga :   Referensi Wisata Wajib dan 5 Hal Penting Sebelum Liburan ke Singapura

Masih dari minuman yang berasal dari Jawa Barat. Bajigur adalah salah minuman khas Indonesia yang memiliki rasa yang begitu nikmat. Minuman ini biasanya disajikan saat masih panas, sehingga menjadikannya salah minuman yang cocok dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh.

Bajigur terbuat dari gula aren dan santan, dan berwarna seperti susu coklat, jika dilihat sekilas memang mirip dengan susu coklat, namun dari segi rasa jelas berbeda. Aroma dari minuman ini juga sangat khas dan lumayan kuat.

  1. Sekoteng

Sama dengan bajigur, sekoteng adalah minuman yang biasanya dijadikan sebagai penghangat tubuh. Namun sekoteng adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Minuman ini terbuat dari jahe yang dijadikan bahan utamanya.

Sekoteng memiliki campuran bahan lain di minumannya seperti kacang tanah, kacang hijau, potongan roti dan pacar cina. Minuman ini biasanya hanya dijual pada malam hari saja, karena memang sekoteng selalu disajikan dalam suhu yang sangat panas.

  1. Es Teler

Es Teler adalah minuman asli Indonesia berikutnya yang memiliki rasa yang begitu lezat.

Minuman ini terbuat dari berbagai campuran bahan seperti, potongan kelapa muda, buah alpukat, santan kelapa, kolang-kaling, pacar cini, melon, roti, agar-agar, cincau dan masih banyak lagi tergantung si penjual dari minuman yang satu ini.

Dari kesemua bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan tambahan serutan es dan topping sirup dan susu kental manis.

  1. Es Selendang Mayang
Baca Juga :   5 Makanan Khas Malaysia yang Harus Dicoba : Nasi Daun Pisang, Kandar, Lemak DLL

Es selendang mayang adalah minuman khas dari betawi. Minuman ini terbuat dari adonan yang terbuat dari gula aren yang dibuat seperti agar-agar. Adonan tesebut di potong kecil-kecil lalu dicampur dengan sirup, gula jawa, kuah santan dan potongan es batu.

Rasa dari minuman ini begitu lezat dan nikmat. Namun sayangnya minuman ini sudah mulai jarang ditemui di kota asalnya Jakarta. Bahkan di tempat lain juga sudah mulai jarang.

  1. Es Doger

Satu lagi minuman khas Betawi yaitu es doger. Es doger pada awalnya hanay terdiri dari parutan es yang berwarna merah (ini yang disebut doger), lalu dicampur dengan menggunakan sarutan kelapa muda.

Namun sekarang banyak es doger yang memiliki banyak campuran seperti tape, pacar cina, bahkan alpukat dan diatasnya ditambahkan topping susu kental manis.

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh