Yogyakarta

Keunikan Museum ” De Mata” Atau Museum 3 Dimensi Jogja

sewa mobil jogja banner

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menyediakan ragam tempat wisata yang menarik. Candi, pantai, wahana permainan semua wajib dikunjungi. Ada satu lagi yang terbaru dan unik yaitu Museum “De Mata” atau bisa dikenal dengan museum 3 dimensi jogja. Berikut ulasan mengenai museum unik ini.

Lokasi Museum 3 Dimensi Jogja

museum 3 dimensi jogja

Lokasi tepatnya museum 3 dimensi Jogja ini berada di XT Square Gedung Umar Kayam, Lantai Basement. Berada di Jl Veteran, Pandeyan Umbulharjo No. 150-151 Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Jogjakarta jadi bisa ditempuh dengan taxi, ojek maupun transjogja.

Rute Menuju Museum 3 Dimensi Jogja

hantu museum 3 dimensi

Rute menuju lokasi juga tergolong mudah. Ada beberapa pilihan dengan 3 tempat keberangkatan yaitu :

Dari Arah Bandara Adi Sucipto

Jika pengunjung datang dari arah bandara Adi Sucipto, lewati terus jalan Laksa Adi Sucipto mengarah kearah kota. Setelah itu akan menemukan jalan Veteran lalu melewati kebun binatang Gembira Loka. Lalu ambil arah belok kanan menuju XT Square.

Baca Juga :   6 Wisata Air Di Jogja Yang Mesti Dikunjungi

Dari Arah Pusat Kota

Jika datang dari arah pusat kota (keraton),arahkan jalan menuju alun-alun kidul. Temukan Jalan MT Haryono, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Menteri Supeno lurus hingga mengarah ke jalan veteran (XT Square).

Dari Ringroad Selatan

Ringroad selatan ini berada di terminal giwangan, lalu ke jalan pramuka,jalan perintis kemerdekaan hingga sampai jalan veteran (XT square).

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas yang di sediakan pihak pengelola gedung museum 3 dimensi JogJa ini yaitu AC,radio mall, kafetaria, toilet dan tempat parkir. Bagi yang ingin membeli buah tangan atau oleh-oleh terdapat juga toko souvenir. Museum 3 dimensi Jogja ini dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 pagi hingga tutup jam 22.00 malam.

Harga tiket masuk yang ditawarkan memiliki ragam variasi. Berikut pilihan ragam variasinya yaitu.

  • Kategori Normal dengan harga Rp. 50.000 per orang.
  • Kategori terusan (Museum De Mata dan De Arca) dengan harga Rp. 75.000
  • Kategori Happy Hours (senin-kamis) dengan harga Rp. 35.000
  • Kategori Gratis, ini berlaku pada pengunjung yang berulang tahun saat datang

Fakta Unik

Museum 3 dimensi Jogja ini mempunyai beberapa keunikan yang tidak dipunyai oleh museum kebanyakan. Sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Berikut uraian beberapa keunikannya.

1. Terdapat 120 Gambar 3 Dimensi Dengan Berbagai Tema

Museum 3 dimensi jogja atau Museum “De Mata” ini menampilkan sekitar 120 gambar 3 dimensi. Gambar yang dipamerkan juga dari berbagai tema. Seperti tema alam, olah raga, tokoh masyarakat,binatang, maupun superhero.

Baca Juga :   6 Daftar Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

Semua gambar dan lukisan 3 dimensi yang dipajang ini dibuat dengan tingkat kreatifitas dan tingkat seni yang tinggi.

2. Bebas Mengambil Foto

Pada umumnya museum menampilkan benda bersejarah dan beberapa juga melarang pengunjung untuk mengambil foto. Namun di tempat ini pengelola memajang gambar 3 dimensi dan pengunjung bebas untuk berfoto dengan semua koleksi yang dipajang.

3. Gambar Selalu Diganti Secara Berkala

Hal ini bertujuan supaya pengunjung tidak merasakan kebosanan saat menikmati gambar 3D yang dipajang. Gambar yang dipajang akan secara rutin diganti untuk menghindari kejenuhan wisatawan.

4. Museum 3D Pertama Di Indonesia Sekaligus Terbesar Di Dunia

Museum 3 dimensi Jogja ini merupakan yang pertama di Indonesia. Bahkan museum “De mata “ ini diklaim terbesar di dunia. Karena Koleksi gambar dan lukisan nya yang sangat banyak sekitar 120 gambar. Di luar negeri seperti di Singapura , Cina, Hongkong, korea maupun Jepang hanya bisa paling banyak menampilkan sekitar 70 gambar.

5. Gedung Museum Dibagi Menjadi 3 Ruangan

Di dalam museum ini dibagi menjadi 3 ruangan yaitu pertama ruangan “De Mata 1” yang berisi gambar 3 dimensi. Ruangan 2 bernama “ De Mata 2” berisi gambar 3 dan 4 dimensi.Yang membedakan dengan ruangan pertama yaitu koleksi gambar yang lebih unik dan jenis efek 3 dimensi yang lebih menarik. Dan terakhir ruang ke 3 bernama “De Arca” yang berisi patung patung tokoh besar dunia.

Baca Juga :   6 Rental Sewa Kamera Jogja Murah 24 Jam Daerah Sleman dan Kotagede

Itulah sedikit ulasan mengenai Museum “De Mata” atau museum 3 dimensi Jogja. Dari ulasan di atas harapannya dapat memberikan sedikit gambaran bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh