Lampung

13 Objek Wisata Lampung Yang Populer

Jika sudah membahas mengenai objek wisata Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Semua itu karena Indonesia memiliki banyak wilayah dengan keunggulan objek wisata masing-masing. Salah satunya Lampung, sebuah kota yang ada pada pulau Sumatera ini memiliki begitu banyak objek wisata yang unggul dan lengkap. Lampung memiliki objek wisata yang beraneka ragam, mulai dari yang berbau alam seperti pantai dan air terjun hingga objek wisata buatan. Berikut objek wisata Lampung yang dapat dijadikan referensi berlibur:

Objek Wisata di Lampung

Pulau Pahawang

pulau pahawang lampung

Wisata Lampung ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika ke Lampung, bahkan banyak wisatawan baik dalam negeri dan luar negeri yang mendatangi Pulau Pahawang. Lokasinya terletak di kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran, Lampung Selatan yang hanya berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Jika ingin ke Pulau Pahawang dan menikmati keindahan laut nya maka harus menyeberang dengan kapal hanya cukup membayar Rp. 30.000,- per orang.

Pulau Pahawang memiliki dua area yaitu Pulau Pahawang besar dan kecil, untuk Pulau Pahawang besar memiliki luas hingga 1000 hektar dan merupakan kediaman penduduk dan tentu saja penginapan cukup banyak tersedia disini. Sedangkan Pulau Pahawang kecil yang memiliki luas 13 hektar ini berlokasi tidak jauh dari Pahawang Besar. Disini tersedia Cottage yang harus dipesan khusus dan tidak dapat dikunjungi sebelum membuat reservasi.

Kelebihan dari wisata ini adalah sudah banyaknya penyedia jasa travel dan tour yang menawarkan paket berlibur ke Pulau Pahawang. Selain itu daya tarik nya selalu menjadi kelebihan yang membuat banyak wisatawan berdatangan. Mulai dari berenang, snorkeling, sunrise dan sunsetnya yang mempesona dan masih banyak lagi. Kekurangan dari wisata ini hampir tidak ada, mungkin hanya karena akses jalan yang jauh dari pusat kota sehingga tidak ada angkutan umum. Sehingga wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau memesan travel.

Pulau Tegal Mas

pulau tegal mas lampung

Tidak hanya Pulau Pahawang saja yang menjadi wisata Lampung yang unggul dan banyak didatangi wisatawan, Pulau Tegal Mas juga begitu. Pulau ini dijuluki Maladewanya Indonesia semua itu karena kemewahan fasilitas dan hal lainnya tidak kalah dengan wisata Maldives. Semua itu karena disini tersedia begitu banyak resort serta cottage terapung di atas permukaan laut yang selain keren tentu saja unik dan mewah. Letaknya tidak jauh dari Pulau Pahawang di Jalan Teluk Lampung, Panjang, Pesawaran, Lampung Selatan. Dimana harga tiket masuk yang harus dibayar Rp 25.000,- saja per orang saja.

Selain keunikan dan keindahan fasilitas yang ditawarkan, bawah laut Pulau Tegal Mas ini tidak kalah indahnya semua itu karena biota laut yang dapat disaksikan karena airnya yang jernih. Mulai dari karang yang tersusun indah, ikan-ikan kecil, biota laut, bintang laut yang warnanya unik serta ada penyu juga disini. Cafe, gazebo, toilet, penyewaan alat diving dan snorkeling dan juga Mushola terapung tersedia disini. Wisatawan juga dapat menikmati objek wisatawan yang menjadi kelebihan dari Pulau ini seperti Jet Sky, Banana Boat, dan bermain sepeda. Pemandangannya yang asri dan keadaan lautnya yang alami terjaga menjadi daya tarik khusus.

Kekurangan wisata ini tidaklah banyak sama seperti Pulau Pahawang yaitu tidak ada angkutan umum. Sehingga wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau memesan travel.

Baca Juga : 55 Tempat Wisata di Lampung Selatan Timur Tengah Barat Utara 2018 Yang Bagus Wajib Dikunjungi : Pesawaran Tanjung Karang

Baca Juga :   Foto Pantai Pasir Putih Lampung 2018, Peta Lokasi Map + Harga Tiket Masuk

Tempat Wisata di Lampung

Pantai Teluk Kiluan

pantai teluk kiluan lampung

Berikutnya objek wisata yang unik lainnya di Lampung dan wajib dikunjungi adalah pantai Teluk Kiluan yang terletak Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Pantai yang dikenal dengan keindahan pasir putihnya ini juga memiliki kelebihan lainnya dimana wisatawan akan dapat menyaksikan langsung para lumba-lumba yang atraksinya sangat lucu secara alami. Cukup dengan menaiki perahu nelayan dengan biaya Rp. 250.000,- per 4 orang, serta biaya masuk Rp. 5.000,- saja per orang. Jika beruntung wisatawan bahkan dapat menyentuh lumba-lumba secara langsung.

Kelebihan dari objek wisata ini adalah wisatawan dapat memancing disini, pemandangannya juga masih sangat terjaga dan keren. Serta terdapat laguna air asin yang unik serta keadaan bawah lautnya yang indah dan mempesona. Untuk yang mau menginap sudah tersedia cukup banyak penginapan hanya dengan harga Rp. 350.000,- saja. Hotel dan penginapan yang jaraknya tidak jauh dari pantai membuat banyak wisatawan memilih berjemur dari hotel sembari menikmati pemandangan laut.

Selain itu masih ada pulau Kelapa yang dapat dikunjungi untuk bersnokeling yang masih jarang di datangi sehingga masih sangat asri. Kekurangan wisata ini hanya karena jalannya yang masih sulit semua itu disebabkan keadaan jalan yang kurang bagus.

Pantai Gigi Hiu

Keindahan karangnya yang indah memukau menjadi daya tarik tersendiri pada objek wisata Lampung ini. Nama gigi Hiu bukan karena pantai ini memiliki Hiu di dalam lautnya tetapi karena batu karang yang tersebar membentuk deretan menyerupai gigi Hiu. Letaknya ada di Pegadungan, Kelumbayan, Tanggamus dengan tiket masuk gratis. Keunikan tersendiri pada pantai ini dan menjadi kelebihan yang wajib dibuktikan sendiri adalah pemandangan lautnya yang eksotis serta keren. Sehingga akan sangat cocok jika dijadikan spot berfoto.

Matahari terbenamnya sangat indah karena batu karang nan unik akan membuat keunikan tersendiri objek wisata ini. Kekurangan Pantai Gigi Hiu ini adalah karena ombak nya yang cukup ekstrim serta banyaknya batu karang sangat tidak dianjurkan untuk berenang. Perlu diketahui bahwa untuk menuju pantai harus dilalui dengan kendaraan roda dua saja. Namun pemandangan dan keadaan pantainya akan membuat tenang dan puas wisatawan, bahkan pantai ini dijuluki Hidden Paradise karena keindahan alamnya.

Pantai Sari Ringgung

Pantai yang terkenal dengan keindahannya ini sangat populer di Lampung karena sering di datangi para remaja Hits untuk membuat konten dan posting an media sosial.  Letaknya di Jalan Way Ratai, Sidodadi, Teluk Pandan, Lempasing, Pesawaran. Keunikan pantai ini ketika air surut adalah wisatawan akan melihat fenomena pasir timbul.  Dengan membayar sebesar Rp. 5.000,- per orang dan Rp. 10.000,- saat hari libur, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor Rp. 5.000,- dan kendaraan roda 4 Rp. 20.000,- per kendaraan. Namun pantai ini hanya buka dari pukul 6 pagi hingga  5 sore saja.

Kelebihan dari Pantai Sari Ringgung adalah karena objek wisata nya yang begitu banyak dan menarik. Seperti ada masjid terapung yang terbuat dari kayu dan dikelilingi tambak ikan. Wisatawan juga dapat ber snokeling  dan tidak perlu repot menyiapkan alat-alat karena telah banyak yang menyewakannya. Tersedia juga area bermain anak dimana tersedia perosotan yang akan membuat anak-anak nyaman. Tentu saja juga tersedia gazebo dan pondok yang dapat digunakan wisatawan setelah menyewanya.

Selain itu ada wisata menjelajah bukit dengan jalan kaki yang membuat banyak wisatawan antusias. Semua itu karena di bagian pintu keluar menjelajah bukit sudah tersedia begitu banyak spot foto modern. Kekurangan dari wisata ini hanya karena ramainya antusias wisatawan sehingga harus tahan jika berdesak-desakan di laut atau kurang tenangnya keadaan pantai.

Baca Juga :   55 Tempat Wisata di Lampung Selatan Timur Tengah Barat Utara 2018 Yang Bagus Wajib Dikunjungi : Pesawaran Tanjung Karang

Taman Wisata Lembah Hijau

Tidak hanya laut dan pantai saja yang menjadi wisata Lampung favorit karena ada juga objek wisata buatan Taman Wisata Lembah Hijau. Lokasinya ada pada pusat Kota Bandar Lampung yaitu di Jalan Raden Imba Kesuma, Sukadana Ham. Untuk biaya masuk taman wisata cukup membayar Rp. 25.000,- saja per orang. Sedangkan untuk wisata kolam renang nya cukup membayar Rp. Rp. 25.000,- untuk orang dewasa dan anak-anak Rp. 20.000,- saja.

Kelebihan wisata ini adalah menyajikan objek wisata rekreasi yang edukasi semua itu karena adanya taman satwa yang disatukan dengan wisata kolam renang. Satwa yang ada disini adalah 65 jenis yang mencapai 465 satwa. Untuk jam buka mulai pukul setengah 8 pagi hingga pukul 6 sore. Di taman satwanya wisatawan bahkan dapat puas berkeliling dengan menunggang gajah dan kuda. Lalu ada juga kegiatan outbond seperti jembatan goyang, arena tali serta lainnya. Wahana airnya pun tidak kalah lengkapnya dimana tersedia kolam arus, torpedo, water splash, ember tumpah dan juga Waterboom.

Bahkan ada objek wisata roller coaster, rumah hantu dan juga cinema 4 dimensi yang tersedia sini. Memang jika sudah membahas wisata pusat kota Lampung ini memang seperti tidak ada cela sehingga sulit ditemukan kekurangannya. Mungkin hanya karena objek satu wisata cukup jauh sehingga akan melelahkan jika berjalan kaki dan tidak tersedia kendaraan wisata.

Slanik Waterpark

Tidak hanya wisata Lampung di pusat kotanya saja yang keren dan unggul, namun juga di kabupaten nya ada objek wisata Slanik yang populer. Terletak di Jalan Raya Karang Anyar, Jati Agung, Lampung Selatan dan merupakan wisata air ter luas yang ada di Lampung. Buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore hanya dengan membayar Rp 60.000,- untuk dewasa dan Rp. 50.000,- untuk anak-anak. Selain itu untuk pelajar akan ada diskon khusus yang diberikan dengan menunjukkan identitas pendukung.

Wahana yang ada disini sangatlah banyak sehingga menjadi kelebihan yang membuat wisatawan ramai berkunjung. Mulai dari Fast to Furious dimana wisatawan akan dibawa meluncur dengan panjang jalur 76 meter. Ada juga wisata Craxy Slide, Octopus Kids Fun, Gua Naga yang kolam nya ber arus, ada juga krakatau Wave yang berombak. Ada juga kolam olimpik untuk orang dewasa serta ada juga wahana kereta gantung. Ornamen dan dekorasi yang ada bernuansa cinta dan keren sehingga sangat bagus dijadikan latar belakang foto.

Untuk kekurangannya wisata ini nyaris sempurna untuk saat ini, mungkin kekurangannya hanya harga makanan yang tersedia di dalam objek wisata sedikit mahal. Sehingga ada baiknya menyediakan makanan dari rumah.

Taman Nasional Way Kambas

Mungkin sudah banyak yang mendengar ke populer an objek wisata satu ini karena merupakan sekolah untuk gajah yang pertama ada di Indonesia. Buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore dimana dengan membayar tiket masuk Rp. 7.000,- per orang. Wisata yang terletak di Lampung Timur ini memelihara gajah hingga 200 an dan memiliki begitu banyak spot foto yang keren. Tempat inilah yang menjadi tempat melakukan penelitian dari peneliti berbagai negara.

Wisatawan akan melihat atraksi gajah yang dimana telah di latih sehingga akan unik dan lucu tentunya. Wisatawan juga dapat menaiki gajah dengan membayar tarik yang tidak mahal. Lalu selain gajah ada juga Badak Sumatera disini. Bahkan wisatawan dapat membuat perkemahan disini atau jika tidak mau bersusah paya sudah tersedia banyak penginapan. Untuk masuk konservasi Gajah cukup membayar Rp. 20.000,- dan Rp. 30.000,- untuk konservasi Badak.

Baca Juga :   Foto Pantai Pasir Putih Lampung 2018, Peta Lokasi Map + Harga Tiket Masuk

Gunung Krakatau

Siapa yang tidak mengingat peristiwa sejarah meletus nya Gunung Krakatau namun hingga saat ini tempat ini menjadi wisata Lampung yang populer. Terletak di Kabupaten Lampung Selatan dan sekarang terkenal dengan nama Pulau Anak Krakatau. Mulai buka sejak pukul 5 pagi hingga pukul 3 sore. Untuk tiket masuk tidak dipungut biaya namun untuk penyewaan lainnya tentu berbeda. Seperti menyewa Ranger dengan membayar Rp. 50.000,- saja.

Walaupun harus waspada karena sangat dekat dengan gunung berapi aktif namun wisatawan tetap ramai datang untuk melihat keindahan alamnya. Melakukan wisata Trekking adalah kegiatan wajib saat disini dan tentu juga ada snorkeling juga. Wajib juga melakukan foto dengan latar belakang gunung Anak Krakatau yang keren. Kekurangan dari wisata ini adanya penutupan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tentunya semua itu karena perubahan gunung anak krakatau yang masih aktif dan butuh pengawasan.

Air Terjun Curup Ciupang

Wisata Lampung selanjutnya adalah sebuah air terjun yang terkenal dengan keindahannya ini terletak di  Purwajaya, Way Ratai, Pesawaran. Untuk tiket masuk yang harus dibayar cukup terjangkau yaitu Rp. 5.000,- hari biasa dan Rp. 10.000,- saat weekday. Sebenarnya harga tiket gratis pembayaran hanya sebagai biaya parkir kendaraan saja. Dimana wisata ini buka selama 24 jam sehingga akan membuat wisatawan dapat puas menikmati keindahan yang ada.

Kelebihan dari Air terjun Curup Ciupang ini adalah sebuah tebing di air terjun yang dapat didaki. Semua itu karena tebing seolah membentuk sebuah tangga yang akan mempermudah pijak an. Cukup jalan selama 10 menit saja untuk sampai air terjun dari perkampungan warga tempat parkir kendaraan. Ada suatu hal unik disini yang tidak akan ditemukan pada air terjun lain. Dimana air yang jatuh kebawah akan berupa butiran-butiran akibat terpecah saat menghantam tebing.

Spot indah berfoto tentunya ada di atas air terjun, namun untuk ampai ke lokasi diperlukan keberanian dan juga hati-hati. Semua itu karena batuan akan semakin licin saat di atas. Sehingga cukup berbahaya. Kekurangan dari wisata ini karena akses jalan yang kurang baik serta fasilitas yang tidak terlalu lengkap.

Baca Juga : Foto Pantai Pasir Putih Lampung 2019, Peta Lokasi Map + Harga Tiket Masuk

  1. Puncak Mas

Kota Bandar Lampung memang memiliki banyak wisata favorit mulai dari alam dan juga buatan. Lokasinya terletak di Jalan H Hamim, Sukadana ham, Lampung dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- per orang. Salah satunya objek wisata Puncak Mas mirip dengan The Lodge Maribaya yang ada di Bandung. Dimana banyak sekali spot foto disini terutama aneka ragam rumah pohon serta ada juga wisata sepeda gantung yang keren.

Selain itu ada juga spot taman terbuka yang tersedia kursi untuk bersantai ada juga gazebo yang tersebar tentu juga tersedia restoran di dalamnya juga. Letaknya yang ada di perbukitan membuat objek wisata lampung ini memiliki keindahan tersendiri. Kekurangan dari wisata ini karena padatnya pengunjung sehingga perlu bersabar dan sedikit antri saat ingin berfoto pada rumah pohon. Selain itu di taman terbuka yang luas tidak ada atap sehingga saat hujan tentu akan kehujanan.

Itulah beragam objek wisata Lampung yang populer dan dapat dijadikan referensi. Dengan mengetahui lokasi dan harga tiket masuk tentu saja akan mempermudah proses berwisata. Sehingga berwisata akan semakin asik tentunya.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh