Kalimantan Timur

Inilah 7 Oleh Oleh Balikpapan Yang Wajib Dibeli

Balikpapan, ibu Kota provinsi Kalimantan Timur memiliki potensi wisata yang menarik. Misalnya Hutan Bakau Margomulyo, Pantai Lamaru, Pantai kemala. Rasanya berlibur di Balikpapan tidak cukup jika diagendakan hanya satu atau dua hari saja. Setelah bersenang-senang menikmati keindahan kota Balikpapan, pastikan untuk membeli oleh oleh Balikpapan.

Oleh Oleh Khas Balikpapan

Beragam buah tangan dapat ditemukan di sana. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mantau

nikmatnya mantau king plate

Mulanya, mantau dibuat dari daging rusa. Namun karena daging rusa sudah mulai langka, daging ini pun diganti dengan daging ayam atau sapi. Makanan ini biasanya dikonsumsi pada saat sarapan. Cita rasa yang gurih, manis, dan pedas tercipta karena dimasak ala lada hitam. Cara menyantapnya sangat unik. Mantau disajikan dengan saus lada hitam atau balado. Bahkan sekarang juga terdapat saos cocol berupa daging sapi atau daging kambing.

Bagi yang berminat untuk menjadikan mantau sebagai oleh oleh Balikpapan, bisa membeli dalam keadaan beku. Harganya sangat terjangkau, Rp. 5.000 per bijinya. Harga sudah termasuk saus dagingnya ya.

2. Bingka

Bingka merupakan kue basah yang bercita rasa manis dengan varian rasa yang beragam. Mulai dari cokelat, keju, pisang, vanila, pandan, dan gula merah. Kue ini terbuat dari kentang, mentega, telur, susu, santan dan gula. Cara pembuatannya dengan dikukus sehingga kue ini tidak bisa bertahan lama di luar lemari es. Jika ingin tetap membeli bingka sebagai oleh oleh Balikpapan, sebaiknya membeli beberapa jam sebelum perjalanan pulang ya.

Baca Juga :   12 Tempat Wisata Pilihan ԁі Balikpapan уаng Terkenal

3. Bonting (Abon kepiting) 

abon kepiting

Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke Balikpapan tanpa membawa Bonting sebagai oleh olehnya.  Rasanya yang lezat dipadu dengan bumbu yang istimewa sangat cocok untuk teman makan di pagi hari.

Abon kepiting ini dikemas dengan plastik transparan mulai dari ukuran kecil hingga besar. Kalian dapat membeli oleh oleh Balikpapan ini di Kepiting kenari dan dandito dengan harga yang terjangkau.

4. Peyek Kepiting

peyek kepiting

Jika biasanya peyek berbahan dasar tepung dengan taburan kacang atau udang atau ikan teri atau bahkan kedelai, berbeda dengan oleh oleh Balikpapan yang satu ini. Peyek kepiting ini dibuat dengan bahan dasar kepiting. Tak heran jika ada camilan seperti ini karena Balikpapan merupakan sentranya kepiting. Rasanya sangat gurih dan renyah. Sangat cocok dijadikan camilan atau teman makan nasi pengganti kerupuk.

5. Amplang

amplang ikan tenggiri

Amplang adalah kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Tak jarang amplang juga terbuat dari ikan pipih. Amplang dengan bahan dasar ikan pipih ini jarang ditemui di kota lain. Selain benar-benar khas, cita rasa amplang ikan pipih ini lebih gurih dan teksturnya lebih lembut dari amplang ikan tenggiri. Amplang ini cocok dinikmati sebagai pelengkap lauk saat makan dan dijadikan sebagai oleh oleh Balikpapan yang awet.

6. Onde-Onde Ubi Ungu

kalau biasanya onde-onde isi kacang hijau, onde-onde Balikpapan berbeda lho. Onde-onde ini terbuat dari bahan dasar ubi ungu dengan varian rasa seperti coklat, keju, kacang hijau, atau original. Uniknya, onde-onde ubi ungu ini menggunakan wijen hitam sebagai lapisan luarnya. Rasanya semakin istimewa. Jika berminat menjadikan onde-onde ubi ungu sebagai oleh oleh Balikpapan, bisa dibeli di sepanjang jalan Jendral Sudirman Balikpapan.

Baca Juga :   6 Makanan Khas Kalimantan Timur Beserta Gambarnya dan Keterangannya : Amplang DLL

7. Keripik Iron

Keripik iron adalah salah satu oleh oleh Balikpapan yang wajib dibeli. makanan ini terbuat dari singkong khusus. Bahan dasarnya diperoleh dari kota Samarinda. Pengolahannya cukup sederhana. Meskipun sudah diolah, tekstur singkong tidak berubah, tetap keras namun tetap renyah dan gurih. Cita rasanya pun berbeda dengan kripik singkong lainnya.

 Nah, itu tadi oleh oleh Balikpapan yang bisa dibeli dengan harga yang murah dengan kualitas rasa yang tidak akan mengecewakan. Selamat berwisata dan berbelanja ya.

 

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh