Kalimantan Selatan

Oleh Oleh Banjarmasin Yang Wajib Dibawa Pulang

Banjarmasin merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini terkenal sebagai kota dengan seribu sungai. Banyak wisatawan mengunjungi daerah ini karena keunikan beragam budaya hingga makanan khas yang dimiliki. Jika berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mengantongi oleh oleh Banjarmasin. Karena banyak sekali oleh oleh Banjarmasin yang memiliki keunikan tersendiri.

Apa saja oleh oleh Banjarmasin yang menjadi favorit wisatawan? Berikut referensi oleh-oleh khas Banjarmasin yang wajib dibawa pulang.

1. Amplang

amplang ikan tenggiri

Siapa yang tidak kenal dengan Amplang? Amplang khas Banjarmasin merupakan salah satu oleh oleh Banjarmasin yang paling banyak digemari para wisatawan. Selain mudah dibawa, cita rasa amplang membuat para wisatawan ingin mencicipinya lagi dan lagi. Di Banjarmasin, amplang dibuat dengan bahan dasarnya ikan sungai, terutama dari ikan pipih.

Uniknya, masyarakat setempat menyebut amplang dengan kuku macan. Hal ini dikarenakan ukuran amplang yang kecil-kecil dan berbentuk pipih. Untuk mendapatkan kuku macan ini, hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 30.000an.

2. Batik Sasirangan

batik sarasingan

Teruntuk pecinta batik buatan tanah air, jangan lewatkan batik sasirangan yang menjadi andalan oleh-oleh Banjarmasin ini. Sasirangan yang dihasilkan masyarakat Banjarmasin ini  memiliki keunikan yang khas. Warna cerah pada batik sasirangan menjadi corak yang mencolok. Para wisatawan dapat mengunjungi kampung sasirang untuk melihat langsung bagaimana batik sasirangan diproduksi.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Sekitarnya Yang Terkenal

Beragam motif yang dapat ditemukan wisatawan saat mengunjungi kota seribu sungai ini. Motif yang dihasilkan pun sangat elegan. Turun dayang (motif bergaris), dara manginang (motif remaja), sinapur karang (motif ombak menerjang) merupakan beberapa motif unggulan dari batik sasirangan yang sangat khas.

3. Dodol Kandangan

Banjarmasin juga memiliki produk dodol yang diproduksi warga setempat yaitu dodol kandangan. Gula aren dan beras ketan merupakan bahan utama untuk menghasilkan Dodol Kandangan. Dodol Kandangan tak kalah menjadi buruan para wisatawan ketika berkunjung ke Banjarmasin khususnya di Kota Kandangan.

Banyak rasa dan varian yang tersedia dalam bentuk Dodol Kandangan. Dodol kandangan rasa durian yang sering menjadi incaran karena memiliki khas rasa legit yang memuat ketagihan pengunjung. Harga yang terjangkau sebesar Rp. 2.000 an membuat pengunjung tak melewatkan oleh oleh Banjarmasin ini.

4. Batu Mulia

Salah satu oleh-oleh yang dapat ditemukan di Kalimantan Selatan adalah batu mulia. Beragam keunikan batu mulianya dapat ditemukan di Kota Martapura. Disini merupakan surganya bagi para pencinta batu mulia. Harga yang ditawarkan untuk sebuah batu mulia pun beragam dari puluhan ribu hingga milyaran rupiah.

Bukan hanya batu mulia saja yang dapat ditemukan di Martapura. Disini juga terdapat cinderamata berbahan batu yang unik. Ini dapat dijadikan cinderamata untuk keluarga dan kerabat dekat.

Baca Juga :   6 Makanan Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan SELAIN Masak Habang

5. Rabuk Ikan Haruan

Rabuk haruan juga tak kalah terkenalnya di Kota Banjarmasin. Kota yang memiliki seribu sungai ternyata kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Ikan haruan menjadi salah satu penghasil terbesar di Banjarmasin yang dimanfaatkan penduduk setempat untuk diolah menjadi Rabuk Ikan Haruan.

Rabuk Ikan merupakan sejenis abon yang dapat diolah menggunakan berbagai jenis ikan sungai Banjar. Nasi putih hangat akan terasa lebih komplit jika ditabur dengan Rabuk Ikan Haruan ditambah kerupuk. Selain rasanya yang lezat dan gurih, harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat sekitar Rp. 20.000.

Bagaimana ulasan diatas? Tertarik mencoba berbagai macam oleh oleh Banjarmasin yang menjadi favorit wisatawan? Kunjungi lah segera ke Kota Banjarmasin. Beragam kebudayaan yang unik dan cita rasa masakan yang khas akan menyambut pengunjung yang datang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh