Jawa Timur

Oleh Oleh Banyuwangi Yang Enak Dan Harus Dibeli

sewa mobil jogja banner

Belum lengkap rasanya jika pergi berlibur tetapi pulang tidak membawa oleh oleh dari daerah yang dikunjungi. Apalagi setiap daerah di Indonesia memiliki oleh oleh khas yang unik dan menarik. Salah satu daerah yang mempunyai banyak pilihan oleh oleh untuk pengunjungnya adalah Banyuwangi.

Oleh Oleh Khas Banyuwangi

Berikut beberapa oleh oleh Banyuwangi yang wajib untuk dibeli ketika wisatawan berkunjung ke daerah ini :

1. Kue Bagiak

Resep Roti Bagiak Khas Banyuwangi

Kue bagiak merupakan oleh oleh Banyuwangi yang sangat khas dan enak. Makanan ringan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Pengunjung yang ingin mendapatkan kue bagiak sangat mudah sekali, karena hampir setiap toko oleh oleh Banyuwangi pasti menjual kue ini.

Kue bagiak terdiri dari berbagai macam rasa yaitu durian, vanilla, moka, pandan, keju, nangka, dan lain sebagainya. Selain rasanya yang enak dan sangat lembut, kue ini tergolong jenis kue yang tahan lama. Sehingga, kue bagiak cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk keluarga dan juga sahabat.

2. Ladrang Sabrang

kue ladrang sabrang

Makanan yang satu ini terbuat dari ubi jalar yang dibentuk kecil-kecil seperti mie pipih. Dibalik rasanya yang manis dan enak, makanan yang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ladrang sabrang mampu mengurangi risiko terkena penyakit obesitas, diabetes, dan juga kanker.

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Mojokerto Dekat Stasiun SELAIN Objek Patung Budha Tidur

Selain mampu mengurangi berbagai macam risiko penyakit, makanan ini ternyata tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Hal tersebut disebabkan kandungan beta karoten, kolin, dan serat dari ubi yang mampu membantu melancarkan proses pencernaan. Sehingga, makanan ini cocok dikonsumsi untuk pengunjung yang mungkin sedang melakukan proses diet.

3. Kue Untir-Untir

kue untir untir

Kue untir-untir memiliki bentuk yang sangat unik yaitu melintir atau berputar putar. Oleh sebab itulah kue ini diberi nama kue untir-untir. Makanan Banyuwangi yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu.

Kue untir-untir memiliki rasa yang gurih dan enak. Pengunjung yang ingin mendapatkan makanan ini juga tidak tersulitkan. Banyak sekali toko oleh oleh di Banyuwangi yang menyediakan stok dagangan ini bersama dengan makanan lainnya.

4. Tape Buntut

tape buntut

Tape mungkin sudah sering dijumpai oleh siapa saja. Namun, tape oleh oleh Banyuwangi yang satu ini memiliki ciri yang berbeda. Makanan tape ini dibungkus dengan menggunakan daun jati sehingga membentuk seperti buntut atau ekor. Oleh karena itulah, tape ini dinamakan tape buntut.

Tape buntut sebenarnya adalah makanan khas dari Suku Using Banyuwangi. Jadi, pengunjung yang sudah datang ke Banyuwangi jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan ini dan membawanya pulang untuk oleh oleh keluarga tercinta.

5. Pia Glenmore

Pia merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau dan gula yang terbungkus oleh tepung kemudian dimasukkan ke dalam oven hingga matang. Nama Glenmore diambil dari nama sebuah kecamatan di Banyuwangi. Karena Kecamatan Glenmore merupakan pusat pembuatan makanan ini maka kue ini diberi nama pia glenmore.

Baca Juga :   7 Wisata Pantai Pacitan Yang Memiliki Panorama Indah

Pia glenmore memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan pia pada umumnya yang berbentuk bulat. Kue ini justru berbentuk lonjong dan gemuk serta empuk jika dipegang. Pia glenmore memiliki berbagai macam rasa seperti kacang merah, strawberry, durian, ayam, keju, coklat, dan lain sebagainya.

6. Kopi Banyuwangi

Oleh oleh Banyuwangi tidak hanya berpaku pada makanan saja. Namun, ada juga oleh oleh berupa minuman dalam bentuk kopi khas Banyuwangi. Banyuwangi memang memiliki perkebunan kopi yang luas sekitar 4.800 hektar dengan jumlah produksi mencapai 3.900 ton per tahunnya. Selain itu, minum kopi merupakan tradisi yang dilakukan di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah.

Kopi Banyuwangi memiliki berbagai macam produk dan jenis diantaranya ada kopi kemiren, kopi lanang, kopi sableng, dan kopi pengit. Oleh oleh Banyuwangi yang satu ini sangat cocok dipilih oleh pengunjung yang suka dengan kopi atau ingin menghadiahkan seorang keluarga dan sahabat yang juga pecinta kopi.

Demikian informasi terkait oleh oleh Banyuwangi yang bisa digunakan sebagai referensi. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat membantu wisatawan untuk memilih oleh oleh yang tepat bagi keluarga dan sahabat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh