Bengkulu

Oleh Oleh Bengkulu Yang Wajib Dibawa Pulang

Sudah barang tentu bahwa semua tempat pasti memiliki ciri khas masing-masing seperti salah satu daerah Bengkulu ini. Bengkulu merupakan tempat yang terkenal dengan bunga bangkai atau biasa disebut dengan Raflesia Arnoldi. Selain itu, disana juga terkenal akan beragam aneka makanan dan buah tangan yang dapat dijadikan oleh oleh Bengkulu.

Untuk aneka makanan khas Bengkulu terdiri dari tempoyak ikan patin, rebung asam undak liling, dan masih banyak lagi. Karena mayoritas penduduk Bengkulu adalah sebagai petani, tidak heran jika makanan khasnya berbahan baku ikan. Ada banyak jenis ikan yang diolah dengan berbagai jenis olahan. Mau tahu apa saja makanan khas tersebut, yuk simak ulasannya berikut ini.

Gulai Kemba’ang

kembaang kuliner khas bengkulu

Gulai Kemba’ang adalah salah satu makanan khas Bengkulu yang berbahan dasar daging dan iga sapi yang diberi kuah. Makanan ini biasanya digunakan sebagai lauk untuk pelengkap nasi dan pemesanan pun akan meningkat jika pada saat bulan Ramadhan. Untuk dapat menikmati makanan ini, dapat langsung berkunjung ke Medan Jaya, kabupaten Muko-Muko Bengkulu.

Kue Tat

Kue tat adalah kue yang memiliki bentuk menyerupai bolu dan memiliki rasa yang manis. Jenis kue ini termasuk salah satu makanan khas Bengkulu karena memiliki rasa yang manis, gurih, dan empuk sehingga kue ini banyak disukai orang-orang. Tak heran jika pada saat hari raya kue ini disajikan sebagai jamuan para tamu. Pasalnya kue ini sangat tahan hingga beberapa hari.

Baca Juga :   6 Makanan Khas Bengkulu : Pendap, Bagar Hiu DLL SELAIN Tempoyak Beserta Gambarnya dan Penjelasannya

Kue Lepek Biniti

lepek biniti jajanan khas bengkulu

Kue Lepek Biniti terbuat dari tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, dan bahan lainnya. Semua bahan di atas dicampur dan dijadikan sebuah adonan. Sebagai inti kue ini dapat menggunakan campuran kelapa parut yang telah dioseng dan gula merah. Lalu adonan dibentuk dan diberi inti kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan direbus.

Rebung Asam Undak Liling

Rebung adalah salah satu makanan yang berasal dari batang bambu muda dan diiris-iris tipis. Agar rasanya berubah menjadi asam, rebung yang telah diiris akan direndam beberapa hari ke dalam air. Setelah dilakukan proses perendaman, maka selanjutnya rebung di campur liling atau keong sawah. Akibatnya banyak masyarakat Bengkulu memberi nama makanan ini dengan rebung asam undak liling.

Tempoyak Ikan Patin

tempoyak ikan patin bengkulu

Salah satu makanan khas yang dapat dijadikan oleh oleh Bengkulu adalah tempoyak ikan patin. Tempoyak itu sendiri berasal dari buah durian yang sudah difermentasikan. Untuk pembuatannya cukup dengan mencampur tempoyak dengan ikan patin dan diberi sedikit bumbu lalu digoreng. Dengan rasanya yang enak membuat makanan ini banyak disukai orang.

Pendap

Pendap adalah makanan berbahan dasar ikan dilengkapi dengan bumbu dapur seperti bawang putih, kencur, kelapa muda, dan cabai yang sudah digiling. Sebelum dimasak, ikan tersebut akan dibungkus menggunakan daun talas dengan tujuan untuk menambah aroma masakan. Umumnya pendam akan disantap menggunakan nasi atau dijadikan lauk.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Bengkulu Utara Selatan dan Tengah Kota : Pulau Tikus, Benteng Marlborough DLL

Kue Perut Punai

Dari namanya mungkin terdengar aneh dan membuat orang bertanya-tanya apakah kue ini terbuat dari perut punai atau bukan. Kue ini sebenarnya menggunakan bahan yang sama seperti kue lainnya hanya saja bentuknya yang menyerupai perut burung punai. Selain itu, kue ini memiliki dua varian rasa yaitu original dan manis.

Itulah beberapa oleh oleh Bengkulu yang bisa dibawa pulang. Rasanya belum lengkap berkunjung ke suatu tempat dengan tidak membawa oleh-oleh. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca yang saat ini sedang mencari makanan khas Bengkulu untuk dijadikan oleh-oleh.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker