Jawa Barat

7 Macam Oleh-Oleh Cianjur Yang Paling Populer

sewa mobil jogja banner

Berkunjung ke Cianjur rasanya belum lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga ataupun saudara di rumah. Terdapat banyak sekali makanan khas Cianjur yang dapat dijadikan oleh-oleh. Berikut ini beberapa oleh-oleh Cianjur yang sangat populer dan dilirik wisatawan.

1. Roti Manis Tan Keng Cu

roti manis cianjur

Oleh-oleh Cianjur yang pertama adalah roti manis tan keng cu. Roti manis ini sudah ada sejak tahun 1926, sehingga tidak heran jika roti ini menjadi primadonanya kuliner Cianjur. Dalam membuatnya masih menggunakan  cara tradisional. Rasa yang ditawarkan sangat lezat dan manis dengan tekstur yang lembut.

Baca Juga :

2. Asinan Dan Manisan Buah

manisan buah khas cianjur

Salah satu oleh-oleh Cianjur yang wajib untuk dibawa pulang adalah asinan dan manisan buah. Makanan ini sangat cocok untuk dimakan saat udara panas. Makanan berbentuk camilan ini juga bisa dijadikan sebagai kudapan ringan.

Untuk isinya sendiri berupa buah dan sayuran yang dipotong dan diberi kuah yang khas sebagai bumbu. Beberapa buah yang sering dimasukkan adalah kedondong, salah dan mangga. Sedangkan sayurnya yaitu sawi, terong atau bayam. Mengenai rasa, kedua makanan ini menawarkan rasa asam manis atau asam pedas.

Baca Juga :   4 Daftar Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat Terbaru Dekat Stasiun Kota Yang Murah

3. Mochi

mochi cianjur

Mochi merupakan oleh-oleh Cianjur yang wajib untuk dibawa pulang jika mengunjungi tempat ini. Makanan ini terbuat dari tepung kanji yang di dalamnya diisi kacang tanah. Sehingga tidak heran jika mochi menghadirkan rasa yang lezat apalagi jika ditemani dengan teh hangat. Makanan ini sangat murah dalam satu box mochi biasanya dibandrol dengan harga 4 ribu sampai 6 ribu rupiah.

Baca Juga :

4. Roti Popon

Salah satu makanan khas yang hanya bisa ditemukan di Cianjur adalah roti popon. Roti popon merupakan roti rumahan yang menawarkan rasa yang sangat enak. Roti ini berisi coklat dan pisang coklat. Sehingga banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mencicipinya. Bahkan pamornya, rasa yang roti ini tidak kalah dengan roti yang biasa dijual di mall besar.

Untuk mendapatkan roti popon wisatawan dapat menemukannya di dekat Alun-alun Cianjur yang berada di jalan raya dari arah Bandung. Dan jangan khawatir mengenai harga, roti popon dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Kentang Stick

Camilan khas kota Cianjur adalah kentang stick. Rasanya sangat enak dan lezat. Biasanya camilan ini dihidangkan sebagai makanan ringan ketika sedang bersantai bersama keluarga atau teman-teman. Kentang stick sendiri terbuat dari umbi kentang yang dipotong kecil kemudian dimasak dan ditaburi bumbu khusus yang khas. Sedangkan untuk varian rasa, saat ini sudah banyak sekali rasa yang ditawarkan.

Baca Juga :   7 Jajanan Khas Bandung Murah Yang Sedang Trend Terbaru 2018 : Combro, Misro, Cireng DLL

6. Tauco Cookies

Tauco merupakan makanan khas Cianjur yang wajib dicicipi ketika mengunjungi tempat ini. Makanan yang sudah ada sejak tahun 1880 ini masih eksis hingga sekarang dan menjadi makanan yang cukup legendaris.

Nah, sekarang ada inovasi baru bagi wisatawan yang ingin membawa pulang tauco tanpa ribet. Saat ini tauco sudah disulap menjadi kue kering yang sangat lezat dengan citarasa yang khas. Tauco cookies ini terdiri dari 4 varian rasa yaitu coklat, original, topping kurma dan pisang coklat.

7. Bandrek

Salah satu minuman tradisional khas Cianjur yang sangat legendaris yaitu bandrek. Minuman ini memiliki aroma rempah yang sangat terasa. Sedangkan untuk rasanya, bandrek menawarkan rasa sedikit pedas yang berpadu dengan campuran kayu manis gula aren yang sangat nikmat.

Nah, itu dia beberapa oleh oleh Cianjur yang wajib untuk dibawa pulang ketika mengunjungi tempat ini. Tertarik untuk mencicipi salah satunya? Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi ketika berburu oleh-oleh khas Cianjur.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh