Jawa Tengah

8 Oleh-Oleh Cilacap Yang Paling Dicari

sewa mobil jogja banner

Cilacap merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah. Banyak sekali tempat wisata di Cilacap yang bisa untuk dikunjungi ketika liburan. Khususnya adalah wisata pantai. Hal ini dikarenakan Cilacap berada dekat dengan samudra Hindia. Selain wisata alam, Cilacap juga menjadi tempat surga kuliner. Seperti makanan, minuman khas hingga jajanan yang bisa dibawa pulang. Nah berikut ini beberapa oleh-oleh Cilacap yang paling dicari oleh wisatawan.

1. Lanthing

Lanthing

Jajanan yang satu ini menjadi oleh-oleh Cilacap pertama yang bisa dibawa pulang. Lanthing merupakan camilan yang terbuat dari singkong berbentuk bulat dengan lubang di kedua sisi tengah. Rasanya sangat khas dan gurih, sehingga akan membuat ketagihan siapa saja yang mencicipinya. Makanan ini sangat mudah ditemukan di Cilacap khususnya di kawasan Adipala.

2. Keripik Tempe

keripik tempe

Kita mungkin sering sekali mencicipi keripik tempe, akan tetapi Cilacap menawarkan keripik tempe dengan cita rasa yang sangat berbeda dibandingkan dengan lainnya. Keripik tempe Cilacap sangat lezat dan renyah. Sehingga banyak sekali yang meliriknya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Baca Juga :   52 Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya Terbaru Malam Hari Dekat Stasiun Tawang Yang Romantis Daerah Bawah Selatan + Harga Tiket

3. Rempeyek Yutuk

rempeyek yutuk

Salah satu oleh-oleh Cilacap yang cukup unik adalah rempeyek yutuk. Rempeyek ini berbeda dari rempeyek pada umumnya. Karena rempeyek yutuk terbuat dari olahan hewan laut seperti kepiting dan mirip udang. Rasa yang ditawarkan dari makanan ini sangat enak dan menggoda. Tidak hanya gurih dan renyah saja, rempeyek yutuk juga memberikan rasa bumbu yang sangat khas.

4. Templeng

templeng khas

Oleh-oleh Cilacap lain yang paling dicari wisatawan adalah templeng. Templeng terbuat dari tepung beras yang diberikan bumbu khas. Sehingga menghadirkan rasa yang sangat nikmat. Templeng sendiri terdiri dari beberapa variasi seperti templeng kedele, templeng rebon, templeng teri, templeng kacang maupun kacang ijo.

5. Keripik Sukun

Di Cilacap buah sukun dijadikan menjadi keripik dan stik. Sehingga siapapun yang mengunjungi Cilacap wajib untuk membawa pulang oleh-oleh Cilacap yang sangat khas ini. Bentuknya sangat tipis sehingga keripik sukun sangat renyah ketika dimakan. Tidak hanya itu, rasa dari keripik sukun juga sangat gurih sehingga banyak orang yang menyukai makanan ini. Namun jangan khawatir meskipun digoreng, keripik ini sangat empuk karena sudah melalui proses perebusan terlebih dahulu.

6. Kerupuk Ikan Tenggiri

Pada umumnya ikan tenggiri dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat empek-empek. Namun di Cilacap, tenggiri diolah menjadi oleh-oleh Cilacap yang khas yaitu kerupuk ikan tenggiri. Tidak hanya menawarkan rasa yang sangat enak saja, kerupuk ikan tenggiri juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :   55 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah 2018 Murah Romantis Yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur Ketep Pass

7. Abon Ikan Tuna

Selain ikan tenggiri, Cilacap juga menawarkan olahan ikan laut yaitu ikan tuna. Ikan tuna ini diolah menjadi abon yang memberikan citarasa yang sangat lezat. Oleh-oleh Cilacap ini bisa dibawa kemana saja sebagai lauk makan. Selain itu abon ikan tuna juga sangat cocok untuk dibagikan kepada saudara maupun tetangga di rumah.

8. Mangleng Singkong

Sesuai dengan namanya, makanan khas Cilacap ini terbuat dari singkong yang kemudian dipotong menjadi tipis dan digoreng. Makanan ini berwarna kekuningan dengan rasa yang sangat gurih dan krispi. Sehingga tidak diragukan lagi jika mangleng singkong disukai oleh banyak kalangan. Wisatawan akan sangat mudah menemukan makanan ini di toko oleh-oleh di Cilacap.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh Cilacap yang sangat dicari oleh wisatawan. Dengan citarasa yang sangat khas tersebut, harga yang dibandrol untuk setiap makanan Cilacap terbilang cukup terjangkau. Sehingga wisatawan dapat membeli oleh-oleh sepuasnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh