DKI Jakarta

6 Oleh Oleh Dari Jakarta Yang Wajib Dibeli

Jakarta merupakan Ibu kota Indonesia yang cukup terkenal dengan Tugu Monasnya. Rasanya belum lengkap jika pergi ke Jakarta kalau tidak berfoto di Tugu ini. Bagi sebagian orang yang pertama kali berkunjung ke Jakarta, sangat disayangkan sekali kalau tidak membeli oleh oleh dari Jakarta. Selain mempunyai ciri khas tersendiri, harganya pun sangat terjangkau.

Mumpung sedang liburan di jakarta, boleh kan melirik-lirik sedikit aneka makanan maupun barang disana. Salah satunya seperti Miniatur Monas yang dibuat dari berbagai jenis bahan. Tampilannya yang cantik sangat cocok sekali untuk dijadikan pajangan di rumah.

Oleh Oleh Khas Jakarta/Betawi

Selain itu masih banyak lagi oleh oleh Jakarta yang bisa dibeli. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut.

1. Dodol Betawi

dodol betawi

Di Jakarta sangat terkenal sekali dengan adanya orang Betawi. Oleh sebab itu, agar tetap menjadi ciri khas maka banyak orang-orang menciptakan dodol yang diberi nama dodol betawi. Dodol yang satu ini memiliki rasa manis sama seperti dodol-dodol yang lainnya. Hanya saja, dodol betawi terbuat dari ketan hitam, ketan putih, dan durian.

2. Roti Buaya

oleh oleh dari jakarta

Mendengar namanya saja pasti sudah penasaran apakah roti tersebut terbuat dari buaya atau bentuk rotinya yang seperti buaya. Roti buaya merupakan jenis roti yang memang memiliki bentuk seperti buaya dengan ukuran yang cukup besar. Pasalnya, roti ini digunakan dalam sebuah tradisi Betawi saat berlangsungnya sebuah acara lamaran.

Baca Juga :   21 Mall dan Tempat Belanja Murah di Jakarta Daerah Kota, Selatan, Barat, Utara, Timur Serta Pusat Untuk Beli Pakaian, Baju, Tas DLL

Biasanya pengantin pria akan membawa roti buaya sebagai salah satu syarat dalam sesi lamaran. Hal tersebut dilakukan mengingat roti buaya melambangkan kesetiaan dan kemapanan bagi kedua pasangan. Selain itu, roti buaya juga banyak di jual di pasaran sebagai oleh oleh dari Jakarta. Untuk ukuran dan rasanya sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

3. Kue Geplak

kue geplak

Kue geplak merupakan salah satu makanan khas di Jakarta. Makanan ini terbuat dari beras yang telah dihaluskan kemudian dibuat adonan dengan cara ditepuk-tepuk. Teksturnya lembut, memiliki rasa manis serta berwarna putih dan coklat. Pasalnya, kue geplak juga merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan sebuah acara lamaran.

4. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Dari namanya saja sudah unik. Pasalnya, cara membuat kue ini memang harus digoyang saat di goreng di dalam minyak. Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini yaitu tepung beras, gula, santan, dan garam. Dengan berbagai perpaduan rasa membuat kue ini sangat enak dan gurih. Sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai oleh oleh dari jakarta.

5. Bir Pletok

manfaat bir pletok

Mendengar kata bir pasti semua orang mengira bahwa minuman ini mengandung alkohol. Padahal bir pletok sangat aman dikonsumsi dan tentunya bebas alkohol. Pasalnya minuman ini diberi nama “bir pletok” karena pada saat direbus, air minuman ini akan meletup dan mengeluarkan bunyi “pletok-pletok”.

Baca Juga :   5 Oleh Oleh Khas Jakarta Selatan, Timur, Pusat, Utara dan Barat Yang Murah

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat bir pletok adalah jahe, daun pandan, batang serai, dan rempah-rempah lainnya. Dengan berbagai macam jenis bahan alami yang digunakan menjadikan minuman ini mampu meredakan masuk angin, flu, dan pegal-pegal. Sehingga bir pletok sangat cocok sekali dikonsumsi bagi para wisata yang sedang berlibur di Jakarta.

6. Souvenir Ondel-ondel

souvenir ondel ondel jakarta

Selain makanan, salah satu oleh oleh Jakarta juga dapat berupa souvenir. Ondel-ondel atau barongan hanya dapat ditemui di daerah Ibu Kota Jakarta saja. Biasanya ondel-ondel ini akan terlihat pada saat pesta rakyat. Karena terkenal dengan khas Betawi, membuat orang-orang berinisiatif membuat souvenir ondel-ondel yang kini banyak beredar di pasaran.

Itulah beberapa oleh oleh dari Jakarta yang wajib untuk diketahui. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu para pembaca yang sedang kebingungan mencari oleh oleh untuk diberikan kepada orang-orang tersayang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker