Jawa TengahKuliner

Oleh-Oleh Dieng Yang Harus Dibawa Pulang

Liburan identik dengan jalan-jalan ke tempat wisata baik yang sudah pernah dikunjungi ataupun yang belum pernah dikunjungi sama sekali, silaturahmi ke rumah kakek nenek atau sanak saudara, dan yang pasti icip-icip kulinernya tidak boleh sampai lupa. Liburan atau jalan-jalan kurang lengkap tanpa membawa buah tangan atau oleh-oleh. Nah, jika sedang berlibur ke Dieng, inilah oleh-oleh Dieng yang harus dibawa pulang, di antaranya :

Oleh – Oleh Khas Dieng

1. Souvenir Dieng

souvenir dieng

Souvenir yang bisa didapatkan beragam jenisnya, mulai dari gantungan kunci, gelang, topi, kaos oblong bertuliskan Dieng, lukisan, bunga Daisy, sampai bunga Edelweis pun bisa didapatkan jika sedang berburu souvenir di Dieng.

Oleh-oleh seperti ini banyak yang menjualnya di sekitaran Dieng, bahkan ada juga yang menjual di beberapa homestay. Selain harganya murah, oleh-oleh Dieng yang satu ini bisa menjadi cinderamata yang awet sehingga lebih memungkinkan untuk dikenang.

2. Terong Belanda

manfaat-terong-belanda-untuk-kesehatan

Buah khas dataran tinggi Dieng ini paling hits karena rasanya yang asam manis, sehingga buah ini menjadi buruan para wisatawan yang datang. Terong ini dijual perkilo dan pasti dengan harga yang murah karena dibeli langsung di kawasan Dieng. Kalau penasaran bagaimana rasa dari terong belanda ini, berarti buah ini jadi oleh-oleh wajib yang harus dibawa pulang.

Baca Juga :   Cara Pilih Paket Wisata Karimun Jawa Harga Murah 2018 dan 3 Pulau Cantik

3. Carica / Pepaya Dieng

oleh-oleh dieng

Sudah tidak asing bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Dieng mendengar nama buah carica atau pepaya Dieng yang menjadi salah satu buah paling recommended dengan cita rasa asam manis yang segar. Buah ini adalah buah yang langka di Indonesia karena hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng.

Carica ini bisa di beli mentah atau belum diolah, dan bisa juga dibeli yang sudah masak atau disebut dengan manisan carica yang sudah dikenal di Dieng.

4. Keripik Kentang

Kentang merupakan hasil pertanian masyarakat Dieng, terdapat hamparan tanaman kentang di sepanjang jalan karena masyarakat menjadikan tanaman ini sebagai mata pencaharian. Kentang di Dieng ada yang berwarna merah namun rasanya kurang renyah daripada kentang biasa.

Karena tingginya hasil kentang para petani, kentang ini dibuat makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Dieng. Seperti kentang goreng yang diiris tebal memanjang dan keripik kentang yang bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh.

5. Teh Purwaceng

teh purwaceng khas dieng

Teh ini berasal dari tanaman herbal yang berkhasiat tinggi untuk menjaga stamina tubuh, menghangatkan tubuh, menghilangkan masuk angin, pegal linu, dan masih banyak manfaat lainnya. Jika suka mengkonsumsi teh, tidak ada salahnya mencoba teh herbal yang berkhasiat ini. Bisa dijadikan oleh-oleh untuk para pecinta teh, karena tidak hanya sekedar teh biasa tapi terdapat manfaat yang cukup banyak dari teh purwaceng ini.

Baca Juga :   5 Makanan Khas Tegal : Tahu Aci, Nasi Ponggol DLL Selain Olos, Glotak, Pilus

6. Keripik Pare

keripik pare agrowindo

Dikenal sebagai sayur yang mempunyai cita rasa pahit, tidak menutup kemungkinan pare dijadikan sebagai olahan keripik khas Dieng. Jika sudah di campur tepung dan digoreng pasti rasanya lain. Karena ada bumbu-bumbu atau proses masaknya yang dilakukan untuk menetralkan rasa pahit yang terkandung dalam pare.

7. Keripik Jamur

keripik jamur

Pada saat cuaca dingin dan lembab pertumbuhan jamur akan semakin cepat. Termasuk di dataran tinggi Dieng ini. Karena tingginya produksi jamur masyarakat sekitar mengolahnya menjadi camilan atau oleh-oleh Dieng berupa keripik jamur.

Keripik jamur ini sudah banyak yang memproduksi, dan dijual di toko-toko oleh-oleh pinggir jalan yang bisa dijumpai saat berkunjung ke Dieng.

Itulah oleh-oleh khas Dieng yang harus dibawa pulang saat liburan ke dataran tinggi Dieng. Ulasan diatas bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membeli oleh-oleh khas Dieng yang unik dan patut untuk dicoba.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh