Jawa Barat

11 Oleh Oleh Garut yang Sering Diburu Traveller

sewa mobil jogja banner

Garut merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki tempat wisata terbaik dengan berbagai macam kuliner menarik. Dan jika berkunjung ke Garut belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh oleh khas kota ini.

Oleh Oleh Khas Garut

Banyak sekali oleh oleh Garut yang menarik perhatian para wisatawan. Yuk simak beberapa oleh oleh khas Garut berikut ini.

Chocodot

oleh oleh garut

Oleh oleh Garut yang selalu diburu oleh traveller adalah Chocodot. Makanan ini memiliki rasa yang sangat unik karena menyajikan dodol dengan berbagai macam rasa yang enak. Dodol chocodot ini memberikan kualitas yang sangat unggul dengan harga yang cukup murah. Karena traveller dapat membawa pulang dodol chocodot mulai dari 10 ribuan saja.

Opak

Berkunjung ke Garut belum lengkap jika belum membeli Opak yang menjadi salah satu oleh oleh Garut yang menarik. Makanan ini berbahan dasar ketan dan saripati kelapa serta garam. Sehingga rasa yang ditawarkan sangat gurih dan lezat. Yang menarik, opak sangat aman untuk dikonsumsi karena bebas bahan pengawet.

Jeruk Garut

Primadonanya oleh oleh Garut adalah buah jeruk. Buah jeruk Garut memiliki kulit berwarna kekuningan dengan rasa yang sedikit asam. Kualitas jeruk ini lebih unggul dibandingkan dengan jeruk lainnya. Apalagi mengingat masa penanamannya yang membutuhkan waktu 4 bulan dan dapat dipanen kapan saja tanpa mengenal musim.

Baca Juga :   Ingin Berwisata Ke Bandung? Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru Di Bandung

Dorokdok

dorokdok kerupuk kulit sapi

Oleh oleh Garut berikutnya adalah dorokdok. Makanan ini merupakan buah tangan khas Garut yang mampu memperlihatkan bahan-bahan terbaik dalam pembuatannya. Yaitu kulit sapi dan kulit kerbau yang kemudian dipadukan dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang sangat nikmat.

Biasanya dorokdok dibeli beserta menu camilan kerupuk kulit, sehingga akan sangat lezat ketika disantap. Akan tetapi wisatawan harus cepat-cepat untuk mengkonsumsinya, karena dorokdok hanya bertahan hingga satu minggu saja.

Emplod

Endog lewo atau Emplod merupakan cemilan yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Makanan yang terbuat dari telur di daerah Lewo Malangbong ini memiliki 2 varian rasa yaitu original dan pedas. Oleh oleh Garut ini dapat dibeli di berbagai gerai toko oleh oleh yang ada di Desa Sukajaya kecamatan Malangbong.

Burayot

Burayot merupakan kue khas Garut yang sering diburu oleh traveller. Makanan ini memiliki rasa manis karena terbuat dari gula aren yang ditambah tepung beras dan santan. Kue burayot memiliki banyak sekali varian rasa yang sangat menggoda.

Ladu

Garut menawarkan camilan berbahan ketan dan mirip dodol yang dikenal dengan nama ladu. Oleh oleh Garut ini selalu diburu para pecinta kuliner hingga kini. Makanan yang dapat bertahan hingga 10 hari ini dibandrol dengan harga yang sangat murah yaitu 1500 rupiah per batang.

Dodol Picnic

Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga para wisatawan. Dodol Picnic menawarkan beragam rasa dengan tekstur dodol yang sangat lembut. Makanan yang sudah diproduksi sejak tahun 1949 ini memiliki kualitas rasa yang tidak dapat diragukan lagi. Dan dari segi harga, Dodol Picnic dibandrol sekitar 28 ribuan per box.

Baca Juga :   5 Oleh Oleh Khas Bogor Yang Mudah Didapatkan

Nasi Liwet Instan

Jika biasanya nasi liwet harus dikonsumsi pada tempatnya, Garut menawarkan nasi liwet instan yang sangat lezat. Sehingga siapapun dapat dengan mudah untuk membuatnya di rumah. Makanan instan ini sangat mudah ditemukan. Bahkan saat ini sudah banyak toko oleh oleh di Garut/Cipanas yang menawarkan makanan ini.

Jaket Kulit

Selain kuliner, oleh oleh Garut lain adalah jaket kulit. Jaket ini terbuat dari kulit domba yang dikombinasikan dengan kulit sapi. Dengan harga yang cukup tinggi yaitu mulai dari 900 ribuan, jaket ini terbilang sangat fahionable, apalagi kini modelnya sangat bervariasi.

Batik Garut

Selain jaket kulit, Garut juga menawarkan item fashion yang keren yaitu batik. Pakaian tradisional asal Garut ini memiliki motif yang beragam, seperti pacul, kembang corong, merak ngibing dan peuteuy.

Itulah beberapa oleh oleh Garut yang selalu diburu oleh para traveller. Selain kuliner ternyata Garut juga menawarkan oleh oleh lain yang sangat fashionable. Nah, jika berkunjung ke Garut jangan lupa untuk membawa pulang salah satu oleh oleh tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh