Jawa Timur

Informasi Makanan Dan Toko Penjual Oleh-oleh Gresik

Jika mendengar nama Gresik, mungkin sebagian besar kita mengingat semen gresik yang terkenal. Ya, gresik memang terkenal dengan semennya. Namun tahukah kamu bahwa kota yang ada di Jawa Timur ini memiliki makanan khas dan dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan khas gresik yang terkenal adalah ikan bandeng. Maka tak heran jika berkunjung ke kota ini selalu membawa oleh-oleh gresik dari ikan bandeng.

Makanan Oleh-oleh Khas Gresik

Selain bandeng, banyak juga makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Baik yang gurih maupun yang manis-manis khas orang jawa. Beberapa oleh-oleh tersebut diantaranya:

1. Bandeng Asap

bandeng asap gresik

Karena terkenal dengan kuliner bandengnya, bandeng asap khas gresik menempati posisi pertama untuk buah tangan khas Gresik. Ketika menikmati makanan ini, tidak perlu repot dengan duri ikannya. Sebab bandeng asap disajikan dalam keadaan bersih tanpa duri.

2. Otak-Otak Bandeng

otak otak bandeng khas gresik

Oleh-oleh Gresik yang terbuat dari ikan bandeng lainnya yaitu otak-otak bandeng. Bahan dasar untuk membuat otak-otak ini adalah ikan bandeng. Cita rasa dari makanan ini yaitu manis dan pedas. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh liburan.

3. Bonggolan

bonggolan khas gresik

Bongolan berbentuk lonjong, terbuat dari tepung tapioka dan campuran ikan bandeng. Bentuknya hampir mirip dengan pempek lonjong, namun bongolan dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan ini bercita rasa gurih dan cocok dijadikan cemilan santai. Makanan ini paling banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga :   7 Penginapan Murah di Pangandaran 2018 Dekat Pantai Barat Timur Untuk Rombongan Keluarga

4. Martabak Usus

Resep Martabak Usus Khas Gresik

Jika biasanya martabak berisi telur atau daging, martabak satu ini berisi usus. Tidak hanya usus, terdapat campuran lain seperti mi dan sayuran. Oleh-oleh satu ini dijual mulai Rp.1000 sampai Rp. 5000 tergantung pada ukuran martabak. Sangat terjangkau untuk dijadikan sebagai buah tangan.

5. Pudak

Oleh-oleh khas gresik selanjutnya yaitu pudak. Bagi yang menyukai rasa manis, pudak tidak boleh ketinggalan sebagai oleh-oleh dari Gresik. Pudak terbuat dari tepung beras, santan dan gula jawa. Pudak dibungkus menggunakan daun pinang. Perpaduan bahan tersebut membuat makanan ini memiliki cita rasa manis gurih yang khas.

6. Jubung

Oleh-oleh manis khas gresik selanjutnya yaitu jubung. Jubung terbuat dari ketan hitam dan ditaburi wijen. Rasa manis dan pekat ketan membuat makanan ini sayang untuk dilewatkan. Sama seperti pudak, jubung juga dibungkus dengan daun pinang.

Toko Oleh-oleh Gresik

Setelah mengetahui dan memilih oleh-oleh khas gresik di atas, selanjutnya pilih toko oleh-oleh yang ingin dikunjungi. Beberapa toko oleh-oleh khas gresik yang umumnya dikunjungi wisatawan yaitu:

  •  Toko Bu Mazanah. Bu Mazanah Store adalah pusat olh-oleh khas Gresik, Jawa Timur. Berbagai oleh-oleh khas kota Gresik seperti ikan bandeng dan berbagai cemilan dijual disini. Toko ini terletak di Jalan Sindujoyo 11 No. 29, Gresi, Jawa Timur. Tempat ini merupakan toko jajanan buah tangan yang terkenal dan sudah ada sejak 1969.
  • Toko Sari Kelapa. Toko oleh-oleh selanjutnya yaitu Toko Sari Kelapa. Lokasi toko ini berada di Jalan Sindujoyo  No.2, Kebungson, Gresik, Jawa Timur. Berbagai jajanan khas gresik bisa diperoleh di toko ini untuk keperluan oleh-oleh. Toko ini buka hingga jam 21.00.
  • Toko Unyil. Sama seperti toko sari kelapa dan bu mazanah, toko unyil juga menyediakan buah tangan khas Kota Gresik. Lokasi toko unyil yaitu di Sindujoyo No. 93, Gresik, Jawa Timur. Di toko ini terkenal dengan pudaknya yang enak.
Baca Juga :   5 Destinasi Wisata Di Batu Malang Bertema Alam

Itulah beberapa makanan khas Kota Gresik yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebagian besar orang memang lebih mengenal ikan bandeng sebagai makanan khas daerah ini. Maka tak heran jika banyak makanan yang berbahan dasar ikan bandeng dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh