Sumatera

7 Oleh Oleh Jambi yang Sangat Populer

Indonesia memiliki banyak sekali olahan kuliner dan oleh-oleh yang sangat khas tiap masing-masing daerah. Tidak terkecuali dengan provinsi Jambi. Jambi merupakan salah satu daerah di pulau Sumatera yang memiliki oleh-oleh khas yang hampir mirip dengan daerah tetangganya seperti Bengkulu, Pekanbaru, Padang maupun Palembang. Akan tetapi oleh oleh Jambi memiliki khas tersendiri yang patut untuk dicoba.

Oleh Oleh Khas Jambi

Nah berikut ini beberapa oleh oleh Jambi yang sangat menarik dan ingin dibawa pulang.

Pempek

pempek kapal selam

Pempek kini sudah bisa kita cicipi di beberapa daerah, namun tentu pempek Jambi memiliki citarasa yang berbeda dari yang lain. Pada mulanya, pempek Jambi hanya disajikan ketika acara-acara besar seperti perjamuan raja atau pernikahan saja. Yang unik dari pempek Jambi adalah cuka yang digunakan tidak akan merusak gigi sehingga sangat aman dikonsumsi.

Dodol Nanas

Resep Cara bikin Dodol

Jambi merupakan salah satu daerah yang menjadi komoditas utama buah nanas. Kemudian dengan inisiatif mereka, nanas tersebut kemudian dirubah menjadi beberapa camilan yang sangat lezat salah satunya adalah dodol nanas. Dodol nanas merupakan oleh oleh Jambi yang sangat terkenal.

Makanan khas Jambi ini memiliki rasa yang enak dan legit sehingga banyak sekali penggemarnya. Selain itu dodol nanas dibuat tanpa bahan pengawet, namun tetap dapat bertahan lama. Maka dari itu wisatawan tidak perlu khawatir jika membeli makanan khas ini untuk oleh-oleh.

Baca Juga :   5 Penginapan di Sabang Aceh 2018 Dekat Pantai Iboih Pulau Weh Yang Bagus dan Murah

Dodol Kentang

dodol kentang durian jambi

Mencari oleh oleh Jambi yang hanya dapat ditemukan di Jambi? Dodol kentang adalah solusinya. Kentang merupakan salah satu hasil pertanian utama yang ada di kawasan kaki gunung Kerinci. Yang kemudian diolah menjadi dodol kentang yang sangat lezat. Makanan ini memiliki tekstur yang sangat halus dan tidak kenyal layaknya dodol pada umumnya.

Kopi Bubuk Cap AAA

kopi kerinci cap aaa

Bagi para pecinta kopi yang sedang berkunjung ke Jambi, jangan melewatkan salah satu oleh oleh Jambi yang sangat mantap. Kopi AAA merupakan oleh-oleh yang wajib untuk dibawa pulang karena hanya dapat ditemukan di Jambi saja.

Tempoyak Jambi

Berkunjung ke Jambi rasanya belum lengkap jika belum membeli makanan yang unik satu ini. Tempoyak Jambi merupakan makanan yang berbahan dasar durian asli yang disantap bersama ikan patin, ikan mujair atau ikan mas. Makanan ini menawarkan perpaduan rasa asam dan pedas yang sangat nikmat.

Makanan ini diolah dengan cara yang sangat unik sehingga layak untuk dijadikan oleh oleh Jambi yang khas. Dimana awalnya dilakukan pemisahan daging durian dengan biji yang dicampur dengan cabe rawit dan garam terlebih dahulu. Kemudian tempoyak Jambi harus melewati proses fermentasi selama 3-5 hari terlebih dahulu. yaitu pada ruangan yang bersuhu 20-25 derajat celcius.

Bolu Kojo Jambi

Meskipun namanya sama, bolu kojo Jambi merupakan oleh oleh Jambi yang berbeda dengan bolu kojo Palembang. Kue Jambi yang berwarna hijau ini dihidangkan secara polos tanpa lapisan. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa sangat manis. Dan yang menjadi favorit para wisatawan adalah adanya aroma pandan yang sangat menggiurkan.

Baca Juga :   3 Tempat Rental Sewa Mobil di Padang Murah Lepas Kunci Tanpa Supir

Buah Duku Kumpeh

Salah satu pilihan oleh oleh Jambi yang wajib dibawa pulang adalah duku kumpeh. Buah khas Jambi ini sudah terkenal hingga berbagai daerah. Hal ini dikarenakan rasa yang ditawarkan oleh duku kumpeh sangat enak dan manis. Selain itu tekstur dagingnya sangat bening dan kenyal. Menariknya, duku kumpeh memiliki ukuran relatif besar dan tidak berbiji.

Itulah beberapa oleh oleh Jambi yang wajib untuk dibawa pulang jika mengunjungi Jambi. Jangan lupa untuk membuat rencana yang matang sebelum berkunjung ke Jambi. Dan segera list oleh-oleh yang manakah yang akan dibawa pulang ke kampung halaman

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker