Jawa Timur

Ini Dia 7 Oleh-Oleh Jember Yang Populer

sewa mobil jogja banner

Kota Jember merupakan kota yang berada di Jawa Timur. Kota yang ditetapkan sebagai kota karnaval ini semakin berkembang dan terus maju. Sehingga banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Jember untuk mengisi waktu liburannya. Berkunjung ke Jember tentunya tidak boleh lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh Jember yang khas.

Banyak sekali makanan khas Jember yang bisa kita cicipi disana. Meskipun demikian tidak sedikit makanan yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Yuk simak beberapa oleh-oleh Jember yang paling populer berikut ini.

1. Prol Tape

prol-tape-legit-foto-resep-utama

Prol tape merupakan oleh-oleh Jember yang memiliki rasa nano-nano. Karena di dalam prol tape terdapat rasa manis, gurih dan kecut yang menjadi satu. Prol tape terbuat dari tepung terigu, tape singkong, mentega, telur dan susu.

Makanan yang terbuat dari tape singkong ini menawarkan berbagai macam rasa. Antara lain keju, original, coklat dan kismis. Untuk harga prol tape mulai dari 19 ribu rupiah tergantung dari ukurannya.

2. Suwar-Suwir

suwar suwir oleh oleh jember

Oleh-oleh Jember berikutnya adalah suwar-suwir. Makanan ini memiliki rasa manis yang bercampur kecut. Meski demikian suwar-suwir sangat enak dan legit. Bentuk dari suwar-suwir adalah kotak-kotak kecil menyerupai balok mini. Makanan ringan ini terbuat dari tape yang kemudian diolah menjadi dodol. Warnanya sangat beragam mulai dari hijau, putih, coklat dan merah.

Baca Juga :   6 Rental Sewa Mobil di Malang Lepas Kunci Tanpa / Dengan Sopir Murah 2018

Suwar-suwir sendiri terdiri dari berbagai macam rasa. Seperti kacang, coklat, strawberry dan sirsak. Makanan yang memiliki nama unik ini sangat populer di kalangan wisatawan.

3. Jenang Waluh

jenang waluh oleh oleh jember

Jenang waluh adalah oleh-oleh Jember yang sangat khas. Makanan ini terbuat dari labu kuning atau waluh yang diolah menjadi ketan dan dicampur kelapa tua. Rasanya sangat lezat sehingga layak dijadikan oleh-oleh untuk saudara, keluarga, teman dan tetangga di rumah.

4. Edamame

Edamame atau kedelai Jepang berasal dari Tiongkok. Tidak perlu jauh-jauh ke Tiongkok atau Jepang jika ingin mencicipi edamame. Karena wisatawan dapat membeli makanan ini di Jember. Edamame sendiri merupakan salah satu oleh-oleh Jember yang menjadi primadonanya Jember.

Saat ini sudah banyak sekali inovasi yang dilakukan pada edamame. Wisatawan tidak hanya bisa mencicipi edamame siap saji saja melainkan juga dapat membeli edamame dalam bentuk bolu, pia maupun coklat. Selain menawarkan rasa yang sangat lezat, edamame memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Seperti meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengurangi resiko kanker.

5. Brownies Tape

Pada umumnya brownies terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan coklat. Namun di Jember menawarkan brownies yang sangat khas. Brownies khas Jember ini terbuat dari campuran tape singkong, sehingga menghasilkan brownies dengan tekstur yang lembut dan legit. Brownies tape sendiri terdiri dari beberapa varian rasa seperti coklat kacang, keju dan original.

Baca Juga :   17 Tempat Ngabuburit di Surabaya Yang Pas Asik Murah Enak

6. Olahan Kopi Dan Coklat

Jember merupakan salah satu kota penghasil kopi terbaik. Sehingga tidak heran jika di kota ini wisatawan akan menemukan oleh-oleh Jember berupa olahan kopi dan coklat. Tidak hanya dalam bentuk bubuk kopi saja melainkan juga dalam bentuk lain. Seperti permen, es krim dan blok. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini, wisatawan dapat mampir ke Puslit Kopi dan Kakao Jember. Lebih tepatnya berada di desa Nogosari, kecamatan Rambipuji.

7. Pia Tape

Tidak hanya dijadikan sebagai prol tape saja, Jember menawarkan tape dalam bentuk pia yang sangat menggoda. Oleh-oleh Jember ini menawarkan beberapa rasa seperti coklat dan keju. Makanan yang sangat lembut di mulut ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Yaitu 20 ribu rupiah per satu box.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh Jember yang wajib dibawa pulang jika mengunjungi kota karnaval ini. Jika berkunjung ke Jember, sempatkanlah untuk mencoba dan membawa salah satu makanan khas Jember di atas sebagai oleh-oleh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh