Jawa Barat

9 Kuliner Yang Bisa Dijadikan Oleh Oleh Khas Cirebon

Berjalan-jalan menikmati objek wisata di Kota Cirebon bersama keluarga nampaknya kurang sempurna jika tidak membeli oleh oleh khas Cirebon untuk orang-orang terdekat.

Oleh Oleh Khas Cirebon

Membeli oleh-oleh atau buah tangan tentunya tidak sembarang buah tangan. Belilah buah tangan yang khas Cirebon seperti berikut ini :

1. Sirup Tjampolay

sirup tjampolay

Sirup khas kota cirebon ya Sirup Tjampolay. Cita rasa yang manis khas buah Tjampolay ini memberikan kekhasan di setiap tetesnya. Sirup tersedia dalam varian rasa seperti pisang susu, stroberi, moka, kopyor, mangga, melon, cocopandan, dan leci.

Harga sirup ini tergolong murah, sekitar Rp. 27.500. Sirup ini bisa dibeli di pusat produksinya langsung di jalan elang raya No. 11-12 Cirebon.

2. Kerupuk Melarat

Diberi nama Kerupuk Melarat karena pada tahun 1920 masyarakat Cirebon belum mampu membeli minyak goreng sehingga kerupuk digoreng dengan pasir. Pasir yang digunakan sudah melalui proses pengayakan dan dipanaskan untuk menghilangkan bakteri.

Tips untuk menikmati kerupuk melarat dipadu dengan sambal asam agar rasanya semakin nikmat. Harganya tidak lebih dari Rp. 10.000. Oleh oleh khas Cirebon satu ini, bisa  dibeli di pasar kanoman atau di sepanjang jalan Plered Bypass Cirebon.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Sukabumi Dekat Stasiun Kereta : Pantai Ujung Genteng DLL

3. Terasi Udang

Salah satu favorit oleh oleh khas Cirebon adalah terasi udang. Terasi Udang Cirebon tidak menggunakan pengawet apapun, terbuat dari udang rebon asli yang menghasilkan rasa khas. Harganya dipatok kisaran Rp. 4.000 hingga Rp. 50.000 bergantung dengan ukuran terasi yang dipilih.

4. Tape Ketan Daun Jambu

tape ketan ember

Tape ketan yang dibungkus daun jambu hampir sama dengan tape ketan biasanya. Perbedaannya hanya pada pembungkusnya. Daun jambu memberikan aroma khas tersendiri. Tape ketan daun jambu lebih dinikmati disajikan dengan emping. Makanan ini bertahan hingga dua hari saja.

Oleh oleh khas Cirebon ini, dapat dibeli di kawasan Cibeureum atau di Toko Daud, di Jalan Sukalila Utara No.4D belangan PGC samping gereja.

5. Rengginang

Rengginang khas cirebon menggunakan bahan baku beras ketan yang dicampur terasi udang. Terasi udang memberi cita rasa gurih. Rengginang dijual dalam dua macam yaitu batang dan mentah. Selain itu, ukuran rengginang pun beragam, mulai dari kecil, sedang, hingga besar.

Rengginang khas Cirebon hadir dengan varian rasa seperti pedas, udang, dan keju. Cukup dengan harga Rp. 15.000 – Rp. 50.000 kalian sudah dapat menjadikannya sebagai oleh oleh khas Cirebon.

6. Serabi

Serabi khas Cirebon dibuat dengan bahan baku tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, dan telur. Camilan ini sangat cocok untuk dinikmati saat sore hari atau dibawa pulang dijadikan oleh oleh khas Cirebon.

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Bogor yang Jarang Dikunjungi Belum Terjamah Bagus Murah Meriah

Topping serabi Cirebon snagat unik seperti topping orek tempe dan dage oncom. Di beberapa penjual serabi mulai ditemukan topping yang berbeda sepert cokelat, keju, dan greentea.

7. Gapit

Diberi nama kue gapit karena proses membuatnya dengan diapit dua buah lempeng besi besar agar bentuknya pipih. Tekstur besi ini menyerupai cone es krim. Bahan dasar pembuatannya adalah tepung tapioka. Harganya berkisar Rp. 15.000 – Rp. 28.000 per kilogram.

8. Jeniper

Jeniper ini merupakan jenis minuman yang terbuat dari jeruk nipis asli yang dipadu dengan madu. Minuman ini sangat cocok untuk menyegarkan dahaga dan mencegah sariawan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh oleh khas Cirebon yang satu ini dapat dibeli di pasar pagi Cirebon. Harga sekitar Rp. 6.000 -Rp. 20.000.

9. Cirebon Sultana

Kue kekinian sebagai oleh oleh khas Cirebon ini milik selebritas ternama berdiri sejak 2017. Perpaduan dari puff pastry dan bolu dengan topping berbagai rasa seperti blueberry, mangga, choco banana. Harganya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 70.000.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh