Jawa Tengah

Oleh Oleh Khas Semarang Yang Wajib Dicoba

Semarang memiliki beragam objek wisata yang tidak kalah menariknya dari berbagai kota lainnya. Budaya yang sering terjadi pada kota ini adalah membawa oleh oleh khas daerah. Begitu juga saat melakukan liburan di Kota Jawa Tengah. Disini banyak sekali jenis oleh oleh yang wajib dibawa sebagai buah tangan keluarga maupun teman dan rekan kerja. Berikut ini informasi mengenai oleh oleh khas Semarang yang harus dicoba. Untuk mengetahui seperti apa cita rasa dari masing-masing daerah khususnya Kota Semarang simak ulasan berikut ini :

1. Lumpia

Oleh oleh khas Semarang yang pertama adalah Lumpia. Mungkin banyak yang yang berfikir bahwa lumpia sering dijumpai di pedagang kaki lima maupun sebuah rumah makan atau pusat oleh-oleh. Tapi kebayang tidak sih kalau mencicipi makanan langsung dari kota asalnya? Pasti akan memberikan sensasi tersendiri. Ya begitulah anggapan setiap wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Semarang. Jadi jangan sampai melewatkan makanan khas ini ya. Lumpia ini bisa di temukan dengan mudah di pusat oleh-oleh Semarang. Atau untuk membelinya langsung, bisa juga datang di gang Lombok di kawasan pecinan Semarang.

2. Bandeng Presto Juwana

bandeng presto juwana

Bandeng presto juga merupakan oleh oleh Khas Semarang yang menjadi juaranya. Salah satu jenis bandeng yang ternama adalah Bandeng Juwana. Lauk ini bisa dijadikan sebagai buah tangan, karena ikan yang sudah diolah memiliki duri yang lunak. Sehingga bisa langsung di santap hingga durinya. Jika anda pergi ke Semarang jangan lewatkan untuk membeli Bandeng ya.

Baca Juga :   Inilah  7 Tempat Wisata Dі Tegal Yаng Populer Ьіѕа Anԁа Kunjungi

3. Wingko Babat

wingko babat

Tidak hanya di Jogja di Semarang pun juga ada jajanan yang bernama Wingko Babat oleh-oleh ini terbuat dari kelapa muda dicampur dengan tepung beras ketan dan gula. Jajanan ini sangat terasa legit dan memanjakan lidah. Salah satu wingko babat yang terkenal yaitu Wingko Babat Cap Kereta Api yang ada dijalan Cendrawasih 14, Semarang.

4. Mochi

mochi teh hijau

Mochi, yang umumnya merupakan makanan Jawa Barat berwarna putih. Tapi di Semarang juga memiliki Mochi yang kini menjadi makanan khas Kota Semarang. Dengan olahan tepung ketan yang dipadukan dengan isian kacang cincang dan gula yang dibalut wijen. Merupakan cemilan terfavorit. Dikarenakan warna dari mochi Semarang ini selalu beraneka ragam.

5. Tumpi

Tumpi Yusro

Merupakan oleh oleh khas Semarang sejenis rempeyek namun diberi toping kacang hijau. Tumpi ini terasa renyah, gurih, dan lezat. Makanan itu bisa bertahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Harga dari Tumpi ini sangat terjangkau, dan untuk membelinya kalian bisa datang ke Daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang.

6. Kue Sarang Madu

kue sarang madu semarang

Kue Sarang Madu ini adalah jajanan wajib yang harus dibeli. Terbuat dari tepung beras, santan dan diberi gula merah pada permukaan atasnya. Menghadirkan cita rasa yang begitu nikmat. Sarang Madu ini adalah makanan khas dari Semarang yang sudah terkenal sehingga wisatawan bisa mendapatkannya di pusat oleh oleh Khas Semarang.

Baca Juga :   5 Daftar Nama Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah dan Sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi

7. Torakur (Tomat Rasa Kurma)

Makanan khas Semarang yang sedang tren adalah Torakur. Makanan baru yang memiliki cita rasa unik sehingga banyak diburu. Torakur ini adalah manisan yang berasal dari Tomat namun memiliki rasa Kurma. Jadi banyak sekali yang penasaran dengan makanan ini, sehingga mengalihkan wisatawan untuk segera mencicipinya.

Dari daftar makanan oleh oleh khas Semarang di atas apakah terasa keroncongan perut anda? Jika iya segera libatkan Semarang sebagai daftar pusat kuliner saat kegiatan wisata anda bersama keluarga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker