Jawa Tengah

7 Oleh Oleh Khas Solo Yang Banyak Dinikmati

Kota Solo merupakan tempat yang unik dengan sejuta warisan budaya serta keramah tamahan orangnya. Selain itu Solo sendiri merupakan kota yang menarik untuk dikunjungi karena semarak dengan pusat perbelanjaan, beragam sajian kulinernya dan festival lokalnya yang membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum.

Oleh Oleh Khas dari Solo

Serta tak lupa juga oleh oleh khas Solo yang sangat terkenal, di antaranya :

1. Serabi Solo

serabi solo

Saat memasuki pasar klewer, disana akan banyak sekali menemukan banyak ragam serabi khas Solo. Meskipun oleh oleh ini tidak bertahan lama namun selalu banyak sekali peminatnya. Selain harganya yang sangat murah, citarasanya yang tradisional menjadi salah satu keunikannya tersendiri.

Serabi yang berbahan dasar utama tepung beras dan santan ini kemudian diproses dengan mencampur bahan menjadi satu. Pembuatannya cukup dituangkan kedalam cetakan lalu dibakar menggunakan tungku. Terdapat beberapa varian yang dapat dicoba diantaranya adalah varian pisang, meses, keju serta original.

2. Rambak Petis

rambak petis

Berbeda dengan serabi, rambak merupakan cemilan ringan yang tahan lama dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh. Citarasanya yang asin, gurih, serta renyah ini banyak digemari dari berbagai macam kalangan.

Baca Juga :   13 Tempat Asyik Ngabuburit di Kota Semarang dan Sekitarnya, ini Daftar Lengkapnya

Keunikan dari rambak ini terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang dikeringkan kemudian digoreng sampai mengembang. Di Solo sendiri rambak disajikan dengan bumbu petis yang spicy. Dan bisa mendapatkannya baik dalam bentuk kemasan kecil maupun besar yang bisa disesuaikan dengan budget.

3. Ampyang

ampyang atau gula kacang

Cemilan yang berbahan dasar dari gula merah dan kacang tanah ini sangat cocok sekali dijadikan oleh oleh untuk kerabat di rumah. Rasanya yang menyerupai gula-gula dengan aroma jahe yang menyegarkan pun sangat enak sekali untuk dicicipi.

Ciri khas cetakannya yang berbentuk bulat dengan kacang tanah yang menyembul membuat cemilan ini mempunyai keunikannya tersendiri. Untuk menemukan penjual ampyang ini pun sangat mudah sekali dengan harga yang sangat murah.

4. Intip

Intip goreng khas Solo

Oleh oleh khas malang yang berbahan dasar nasi dikeringkan lalu digoreng dalam minyak panas ini sangat dicari sekali oleh para wisatawan. Tentunya selain untuk cemilan juga dijadikan sebagai oleh oleh.

Untuk mendapatkan hasil yang unik, umumnya dicetak dan disiram dengan tambahan rasa yang semakin menambah enak cemilan ini. Intip sendiri terdapat dua varian rasa yakni asin dan manis. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah sekali karena banyak tersebar di sentra oleh oleh Solo.

5. Roti Kecik Ganep

Resep Roti Kecik Khas Solo

Roti kecik ganep ini merupakan roti khas Solo yang menggunakan bahan utama tepung ketan. Rasanya pun sangat enak sekali yakni perpaduan antara rasa manis dan gurih.

Baca Juga :   5 Makanan Oleh Oleh Semarang Yang Harus Dicoba

Makanan ini sangat enak jika disajikan dengan segelas kopi atau teh hangat. Sedangkan untuk ukuran dan harganya bisa disesuaikan dengan minat para pengunjung untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

6. Serundeng

serundeng kering dari kelapa

Sebagai makanan pelengkap yang mempunyai rasa gurih, serundeng Solo menjadi makanan wajib oleh oleh. Terbuat dari bahan utama kelapa parut yang dicampur dengan rempah-rempah ini mempunyai citarasa yang khas. Kemudian digoreng tanpa menggunakan minyak setetes pun sampai berubah warnanya. Baunya yang wangi sangat menggugah selera dan harganya pun sangat terjangkau.

7. Brem Solo

brem solo

Dan oleh oleh khas Solo yang terakhir adalah brem Solo. Ciri khas dari brem Solo sendiri adalah bentuknya yang bulat dan padat. Meskipun sama-sama terbuat dari peragian tape, dengan citarasanya yang asam namun brem Solo lebih juara dibanding dengan brem yang lainnya. Brem Solo ini bisa didapatkan di pusat oleh oleh yang tersedia baik dalam kemasan kecil sampai dengan yang  besar dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah beberapa oleh oleh khas Solo. Jika datang ke Solo jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas Solo tersebut untuk disantap kembali bersama kerabat saat tiba di rumah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker