5 Oleh Oleh Khas Jakarta Selatan, Timur, Pusat, Utara Dan Barat Yang Murah

12414 views
5 Oleh oleh khas jakarta selatan timur pusat utara barat yang murah di bekasi bandara online makanan kaskus bintaro toko pusat tempat jual beli apa ya contoh tahan lama alamat dari kering ringan

Akar Kelapa Khas Jakarta

5 Oleh-oleh kota Jakarta yang berkesan

Jakarta adalah ibukota Negara Indonesia sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di Indonesia.

Seperti dengan daerah lainnya Jakarta juga mempunyai buday dan sukunya tersendiri walupun sekarang kota Jakarta telah menjadi tempat dari orang berbagai daerah yang mengadu nasib di kota besar ini.

Walaupun begitu Jakarta tidak pernah kehilangan kebudayaannya dan setiap hari raya Lebaran Jakarta tiba-tiba menjadi kota yang sunyi karena kebanyakan orang yang tinggal di Jakarta pulang ke kampungnya masing-masing.

Sebelum pulang kampung ada baik membawakan keluarga di kampung dengan oleh oleh khas Jakarta yang sulit ditemukan di tempat lain. Berikut ini adalah oleh-oleh mungkin bisa anda bawa pulang kampung.

  1. Akar Kelapa

oleh oleh khas jakarta

Akar Kelapa adalah makanan ringan khas Jakarta. Akar kelapa ini bukan berarti akar kelapa sungguhan yang diolah menjadi makanan melainkan adalah kue yang berbentuk mirip dengan akar kelapa.

Biasanya kue renyah ini disajikan saat hari raya lebaran, tetapi sebenarnya kue mudah di temui dihari selain hari raya tersebut.

Kue ini cocok untuk cemilan sehari-hari rasa kue ini terbagi menjadi dua jenis ada akar kelapa yang berasa manis dan ada juga berasa asin tergantung selara penikmat kue saja untuk pemilihan rasanya.

  1. Dodol Betawi

Dodol betawi adalah makanan yang sudah mulai langka untuk dijumpai pada hari-hari biasa. Biasanya makanan ini dijual pada hari raya saja, seperti Idul Fitri, dan Idul Adha.

Kelangkaan dodol betawi mungkin karena proses pembuatannya yang sangat lama dan rumit, serta membutuhkan keahlian dan waktu yang tidak sedikit. Dodol betawi membutuhkan waktu setidaknya 8 jam untuk masa pemasakan.

Karena prosesnya yang begitu lama hanya bebera orang dan komunitas saja yang membuatnya. Tetapi bebera warga dan komunitas betawi masih memproduksi makanan ini setiap tahunnya.

  1. Biji Ketapang

Sama dengan akar kelapa, biji ketapang adalah oleh oleh khas Jakarta yang sangat rekat hubungannya dengan hari raya lebaran. Pada beberapa hari sebelum lebaran biasanya banyak orang yang menjajakan makanan yang satu ini.

Tidak ada salahnya membelinya untuk dinikmati bersama keluarga di kampung saat lebaran tiba. Kue biji ketapang ini bukan berarti dibuat dari biji ketapang. Biji ketapang hanya namanya saja.

Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung yang dicampur dengan parutan kelapa, dan dibentuk menjadi adonan lalu di goreng hingga terlihat matang dan renyah saat dimakan. Saat ini biji ketapang memiliki berbagai varian rasa, seperti rasa asin dan rasa keju.

  1. Kembang Goyang

Kembang Goyang adalah kue khas Jakarta yang berbentuk seperti kembang atau bunga yang sedang mekar.

Seperti namanya kembang goyang, kue yang berbentuk seperti kembang ini juga mengalami proses yang digoyang-goyangkan dalam proses pembuatannya agar keu ini terlepas dari cetakannya.

Kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu dan kelapa ini memiliki rasa yang manis.

Namun seiring berkembangnya persaingan kini kembang goyang memiliki varian rasa lainnya dan juga memiliki warna yang menarik hingga sanggat menggoda saat ditaruh di dalam toples bening dan disusun serapih mungkin.

  1. Tape Uli

Tape uli adalah makanan tadisional Jakarta atau warga betawi yang pastinnya terbuat dari Uli. Uli sendiri adalah beras ketan. Namun makanan yang biasa dijadikan sebagai sajian kue lebaran ini kini tidak mudah ditemui.

Hal ini mungkin karena proses pembuatannya yang membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3 hari dalam masa pembuatannya menjadi ketan ditambahkan lagi terdapat peluang gagal dalam pembuatan kue yang cukup besar.

Tapi itu semua tergantung dari pengalaman si pembuat makanan ini. Makanan ini biasanya dengan taburan oncom, gula pasir atau parutan kelapa yang sudah di sangria.

Tags: #Akar Kelapa #Biji Ketapang #Dodol Betawi #Kembang Goyang #Tape Uli

  1. ksm betawi8 months ago

    Kini telah hadir galeri yang menjadi pusat oleh oleh Jakarta.
    Menjual macam-macam kumpulan souvenir & makanan khas Jakarta seperti: Bir pletok, dodol betawi, kembang goyang, akar kelapa, biji ketapang, kue jahe, miniatur ondel-ondel, bajaj, becak, bemo, monas, kaos jakarta, gantungan kunci jakarta, baju pangsi, sandal jakarta, mug jakarta.

    Hubungi KSM Betawi
    081218184041 (mpok Dewi)
    ksm-betawi.blogspot.com

    Reply
  2. author

    Deden5 months ago

    Oleh khas jakarta d jakarta timur ada ga ya?

    Reply

Leave a reply "5 Oleh Oleh Khas Jakarta Selatan, Timur, Pusat, Utara Dan Barat Yang Murah"

Author: 
    author