Yogyakarta

7 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaru 2018 Selain Makanan Bakpia dan Beserta Harganya

7 Oleh oleh khas jogja terbaru 2018 selain makanan bakpia dan beserta harganya di jakarta online malang surabaya jual toko shop yogyakarta yang unik malioboro murah 25 tangerang bandung depok bogor semarang bekasi pusat cari beli tempat penjual solo
Yangko Khas Jogja

7 Oleh-oleh di Jogja yang wajib dibeli dan dibawa pulang

Jogja merupakan sebuah kota yang memiliki berbagai keindahan dan keistimewaannya sendiri. Banyak sekali tempat yang memiliki keistimewaan, dan bukan hanya tempat Jogja mempunyai berbagai jenis oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan.

Anda bisa membelinya sebagai hadiah ataupun ikon jika anda pernah mengunjungi tempat ini. berikut ini adalah oleh oleh khas Jogja yang tidak boleh anda beli sebelum pulang dari tempat ini.

  1. Bakpia

oleh oleh khas jogja

Bakpia adalah makanan ringan yang sebenarnya berasal dari Tionghoa, namun di Jogja memiliki banyak tempat yang membuat kue ini, yang dahulu adalah kue adonan tepung terigu yang diisi dengan daging babi namun sekarang diganti dengan kacang hijau karena masuknya pengaruh Islam.

Namun sekarang bukan hanya rasa kacang hijau saja, banyak varian rasa lainnya yang wajib anda coba. Makanan ini banyak di jual di Pasar Beringharjo atau di Jalan Malioboro dan berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Jogja.

  1. Geplak

Satu lagi oleh-oleh yang merupakan makanan ringan dari Jogja. Geplak adalah makanan yang terbuat dari irisan daging kelapa yang dimasak dengan banyak campuran gula. Lalu diberi warna hingga menarik dan menggoda.

Kini geplak bukan hanya berasa kelapa saja. Geplak kini telah memiliki berbagai varian rasa yang pasti menambah cita rasa dari makanan ini. Geplak adalah makanan yang sangat manis. Bagi anda yang menyukai makanan manis, mungkin anda harus mencoba yang satu ini

  1. Gudeg Kering
Baca Juga :   5 Oleh Oleh Khas Balikpapan Kaltim : Bingka, Amplang, Mantau, Bakpia DLL

Gudeg merupakan makanan khas Jogja walaupun kini sudah banyak tempat diluar Jogja yang menjual makanan ini, tapi makan langsung dari tempat asalnya akan memberikan sensasi berbeda.

Tapi gudeg adalah makanan yang mudah basi jika disimpan terlalu lama. Tapi anda tida perlu bingung karena sekarang ada gudeg kering yang dapat bertahan sampai 3 hari.

Gudeg sama seperti dengan gudeg pada umumnya hanya saja gudeg ini mengalami proses pemasakan yang lebih lama dan rasanya cenderung lebih manis.

  1. Yangko

Yanko adalah salah cemilan khas Jogja, jika anda belum tahu seperti apa makanan yanko ini, yanko adalah makanan yang hampir sama dengan mochi. Bisa dibilang ini adalah mochi versi Jogja.

Yanko terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan kacang dan berasa manis lalu ditaburi dengan tepung di seluruh permukaan makanan. Jika anda tertarik anda bisa datang ke Jalan Pramuka No 82.

Di tempat ini ada penjual Yanko yang katanya adalah yanko generasi pertama karena sudah sejak tahun 1921.

  1. Coklat Monggo

Di Jogja terdapat sebuah coklat yang sudah sangat terkenal di kota tersebut yaitu coklat monggo. Dijamin anda akan merasakan coklat belgia saat mencoba coklat yang satu ini.

Karena pemilik dari tempat ini adalah orang berkebangsaan Belgia yang sudah terkenal dengan makanan coklatnya. Namun anda tidak akan merasakan yang sekedar coklat saja.

Baca Juga :   5 Pantai Gunung Kidul Jogja Yang Paling Bagus, Masih Sepi, Cocok Untuk Camping dan Snorkeling

Coklat monggo memiliki berbagai varian rasa yang pastinya akan menambah pengalaman anda memakan coklat. Jika anda tertari anda bisa datang ke Jalan Dalem KG III/978, Kotagede untuk meilhta proses produksinya.

  1. Batik

Tidak bisa dipungkuri lagi jika kota Jogja adalah kota dengan perngrajin batik yang cukup banyak dan terkenal. Sayang sekali jika datang ke Jogja tapi tidak membeli batik khas Jogja.

Jika anda tertatrik anda bisa datang ke Desa Krebet, Jogja. di tempat tersebut anda bisa menemukan berbagai kerajinan batik dari kain, pakaian, tas, dan gelang yang berunsur batik.

  1. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu adalah sebuah kaos yang sangat terkenal di Jogja, seperti halnya Joger di Bali dan Cak Cuk di Surabaya, Dagadu hanya bisa anda dapatkan di Jogja dan menjadi oleh oleh khas Jogja.

Kaos ini memiliki gambar dan tulisan unik sebagai designnya dan sekaligus menjadi cirri khas dari kaos ini sendiri. Anda bisa datang ke daerah Pakuningratan untuk membeli kaos ini agar tidak tertipu karena banyak kaos Dagadu palsu yang dijual di luar tempat tersebut.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh