5 Oleh Oleh Khas Padang Sumatera Barat SELAIN Shirley Yang Enak

7310 views
5 Oleh oleh khas padang sumatera barat shirley yang enak panjang di jakarta pariaman sidempuan sumbar bukittinggi toko jual online kota dari daerah souvenir ciri makanan

Kain Sulam Kerancang Khas Padang

Buah tangan ini tidak boleh ketinggalan saat anda pulang dari Padang

Padang adalah salah kota di Sumatera Barat yang menjadi kota wisata di Provinsi tersebut. Selain menjadi kota wisata, Padang juga adalah kota besar sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Padang memiliki kebudayaan dan keindahan alam yang begitu menarik serta sajian kulinernya juga sangat lezat.

Bahkan rendang menjadi makanan terlezat di dunia yang menduduki peringkat teratas.

Jadi tidak heran banyak pecinta travel ingin mencoba datang ke Padang bukan hanya untuk melihat tempat wisatanya yang indah saja, melainkan juga melihat kebudayaan dan merasakan sajian kuliner khas Padang.

Tapi setelah berlibur jangan sampe lupa membawa oleh-oleh. Banyak sekali benda atau makanan khas Padang yang bisa anda jadikan buah tangan atau oleh oleh khas Padang. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh yang dapat anda beli.

  1. Kain Songket

oleh oleh khas padang

Jika anda datang ke Padang jangan sampai lupa membeli buah tangan yang satu ini. Kain songket adalah adalah kain khas dari Ranah Minang. Oleh-oleh yang satu ini adalah buah tangan yang termasuk mewah.

Karena harga kain songket bervariasi dari yang murah sampai yang mengursa kantong tersedia. Kain songket terdiri dari songket benang 1, benang 2, benang 3, dan benang 4.

Perbedaannya adalah cara menenun dari kain tersebut, jika kain songket benang 1, ditenun menggunakan satu benang saja, dan memakan proses yang lama dan rumit maka harganya adalah yang paling mahal dibanding dengan jenis lainnya.

Songket benang 4 berarti menggunakan 4 benang sekaligus dalam proses penenunan.

  1. Pernak Pernik/Souvenir

Yang tidak boleh ketinggalan anda beli selanjutnya adalah pernak pernik khas Minang. Pernak pernik dapat anda beli di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Padang.

Tenang saja pernak pernik ini tidak semahal kain songket tapi tetap tidak kehilanagan khasnya sebagai oleh oleh khas Padang. Oleh-oleh pernak pernik ini sering diburu oleh banyak wisatawan.

Pernak pernik menjadi salah satu oleh-oleh wajib ada saat kita mengunjungi suatu daerah, selain harganya yang terbilang murah, andapun tidak akan kesulitan dalam membawanya. Jadi anda bisa membeli dalam kuantitas yang banyak untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Kain Sulam Kerancang

Satu lagi jenis kain asal Sumatera Barat yang dapat anda beli sebagai buah tangan khas Minang. Kain kerancang ini juga memiliki cirinya tersendiri dibanding dengan kain songket.

Kain kerancang adalah kain yang ditenun dengan menggunakan mesin goyang sehingga dibagian ujung kain nampak berlubang.

Proses pembuatan kain ini juga cukup lama dan rumit karena lubang yang ada di ujung kain adalah lubang hasil tenunan bukan lubang yang dibuat secara manual atau senagaja dilubangi. Kain kerancang ini adalah oleh-oleh yang terbilang mewah karena harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

  1. Kerupuk Kulit

Kerupuk Kulit adalah oleh-oleh wajib yang selanjutnya anda beli. Kerupuk kulit tentu tidak akan semahal kain songket atau kain kerancang, tapi kerupuk kulit yang terbuat dari kulit sapi adalah makanan khas Padang yang sangat terkenal dan mudah sekali anda temukan di Padang.

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Padang tanpa membeli kerupuk kulit sebagai oleh-olehnya.

  1. Aneka Keripik

Kuliner khas Padang yang bisa anda bawa pulang selain kerupuk kulit adalah beragam jenis keripik tentunya. Salah satu yang paling laris dan diburu untuk dijadikan oleh-oleh adalah keripik singkong balado.

Makanan sederhana memiliki rasa kelezatannya sendiri. Yaitu rasa pedas manis dari keripik ini akan membuat anda ketagihan dan sangat pas untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Anda bisa menemukan penjual keripik dengan mudah di Padang. Selain keripik singkong juga terdapat keripik kentang dengan berbagai rasa tentunya.

Tags: #Aneka Keripik #Kain Songket #Kain Sulam Kerancang #Kerupuk Kulit #Pernak Pernik/Souvenir