Nusa Tenggara Timur

Berburu Oleh-Oleh Labuan Bajo

Jika berlibur ke Nusa Tenggara Timur tidak lengkap rasanya tidak singgah dahulu di Labuan Bajo. Wisata alam yang ditawarkan sungguh sayang untuk dilewatkan. Tidak ketinggalan untuk berburu oleh oleh khas yang ditawarkan. Berikut ulasan oleh-oleh Labuan Bajo untuk rekomendasi.

Oleh Oleh Khas Labuan Bajo

1. Kopi Manggarai

kopi manggarai timur

Oleh-oleh Labuan Bajo pertama yaitu kopi Manggarai. Kopi Manggarai ini dulunya disebut sebagai Kopi Flores. Merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki cita rasa paling mantap di Indonesia. Hampir setiap minimarket maupun toko souvenir di Labuan bajo menjual Kopi jenis ini dengan kemasan dan merek yang berbeda-beda.

Karena itu tidak ada salahnya Kopi Manggarai yang tersedia dalam bentuk bubuk dapat dijadikan buah tangan khas dari Labuan Bajo.

2. Ikan Kering Dan Cara

ikan asin dan ikan kering

Labuan Bajo merupakan daerah pesisir yang membuat sebagian masyarakat nya berprofesi sebagai nelayan. Ikan hasil tangkapan sebagian dijual ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di Tempat ini banyak dijumpai jenis ikan salah satunya ikan Cara.

Ikan Cara ini memiliki bentuk yang pipih dan kecil. Biasa dijual dengan cara diikat maupun ditimbang. Ikan ini bisa dinikmati dengan cara digoreng lalu disajikan dengan sambal terasi. Jika ingin digunakan sebagai oleh-oleh Labuan Bajo, sebaiknya pilih beberapa ikan kering untuk dibeli. Rasa tidak kalah nikmat dengan ikan segar lainnya.

Baca Juga :   5 Makanan Khas NTT dan Penjelasannya Adalah Kolo, Catemak Jagung DLL

Untuk membeli Ikan kering maupun Ikan Cara segar ini sebaiknya langsung di Tempat Pelelangan Ikan Labuan Bajo. Karena harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah dibanding membeli di tempat lain.

3. Roti Kompiang

roti kompiang labuan bajo

Oleh-oleh Labuan Bajo selanjutnya adalah Roti Kompiang. Roti ini disebut paling khas buah tangan dari Manggarai. Roti ini terbuat dari tepung terigu dan memiliki tekstur yang cenderung agak keras. Bentuknya oval dan di bagian atasnya ditaburi wijen yang kian menambah aroma khas roti.

Roti ini sering dijadikan makanan pembuka atau pun camilan oleh penduduk setempat. Warna coklat pada roti kompiang ini didapat dari proses pembakaran di atas bara api atau di oven. Untuk membeli roti khas ini bisa didapat di Toko Roti & Kue Theresa yang berada di Jalan Pertigaan Pede-Labuan Bajo.

4. Kaos Chomabee

kaos chomabe oleh oleh flores

Kita tahu bahwa Bali mempunyai Joger dan Jogja memiliki Dagadu. Di Labuan Bajo juga ada yang namanya Chomabee. Kaos Chomabee ini mempunyai keunikan yaitu mengutamakan ciri khas dari Manggarai. Hal ini terlihat dari kaos yang diproduksi akan bertuliskan aneka kata-kata khas Manggarai. Seperti kiasan maupun peribahasa dengan menggunakan bahasa daerah setempat.

Kaos ini dapat didapat di Toko Chomabee yang terletak di Jalan Pantai Pede-Labuan Bajo. Selain kaos, Toko ini juga menjual barang lainnya seperti topi, kain songket maupun tas tote bag. Harga yang ditawarkan untuk kaos ini yaitu Rp 90.000 per buah.

Baca Juga :   Pulau Padar Labuan Bajo, Lokasi Trekking Dan Spot Panorama Terbaik

5. Kain Tenun Songket

oleh oleh khas labuan bajo kain songket

Oleh-oleh Labuan Bajo terakhir adalah Kain Songket. Kain ini merupakan kain tenun khas dari daerah Manggarai. Biasa dipakai oleh masyarakat sebagai pakaian adat maupun tidak sedikit yang menggunakannya untuk pakaian sehari-hari. Kain Songket ini merupakan buatan asli warga lokal setempat. Terdapat berbagai macam motif dan warna yang cantik yang ditawarkan.

Karena dalam pembuatannya masih tradisional dan masih harus memperhatikan nilai adat, harga yang ditawarkan untuk kain tenun songket ini relatif mahal. Untuk kain yang kualitas biasa harganya bekisar antara Rp 500.000 hingga Rp 750.000. Dan untuk yang kualitas tinggi harganya jauh lebih mahal bahkan sampai jutaan rupiah. Kain tenun Songket ini bisa ditemukan di beberapa toko souvenir di Labuan Bajo salah satunya di Toko Souvenir Exotic Komodo.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh