Jawa Timur

Sedang Di Jawa Timur? Cobalah 5 Oleh Oleh Lamongan Yang Lezat Ini

sewa mobil jogja banner

Lamongan merupakan sebuah kota di provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi. Selain terkenal akan pecel lelenya, kota ini juga masuk dalam tujuan wisata utama di Pulau Jawa. Berbicara soal berwisata, kurang lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa oleh oleh bukan? Maka dari itu, untuk pengunjung yang sedang wisata di Jawa Timur khususnya Lamongan, cobalah 5 oleh oleh Lamongan yang lezat ini?

1. Jumbrek

Oleh Oleh Lamongan

Oleh oleh Lamongan pertama yang tidak boleh anda lewatkan adalah jumbrek. Untuk masyarakat yang tinggal jauh dari Kota Lamongan mungkin sedikit asing dengan makanan ini. Namun, ternyata makanan ini sangat digemari terutama masyarakat lokal maupun wisatawan. Bahkan bisa dikatakan jumbrek merupakan pilihan utama yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Lamongan.

Secara umum jumbrek memiliki tekstur basah karena cara memasaknya adalah dengan cara di kukus. Selain itu penggunaan daun pisang sebagai membungkus mampu memberikan sensasi rasa yang lebih lezat. Dengan harga yang terjangkau, wisatawan pun bisa membawanya pulang atau sebagai teman perjalanan menuju ke rumah.

Baca Juga : 9 Tips Berlibur Hemat Ketika di Malang

2. Marning Lamongan

marning dari lamongan

Anda pernah mendengar makanan bernama marning? Ya, untuk masyarakat Jawa mungkin jajanan ini sudah tidak asing lagi. Secara umum marning merupakan makanan kering yang berbahan dasar jagung. Cara pengolahannya pun dengan cara digoreng sehingga menciptakan tekstur yang renyah ketika dimakan.

Baca Juga :   6 Foto Pantai Sendang Biru Malang Jawa Timur, Ini Info Dimana Rute Peta + Harga Tiket Masuk

Sebelum di goreng, bahan baku jagung akan dikeringkan terlebih dahulu. Proses inilah yang nantinya akan membuat marning sangat renyah ketika dimakan. Selain dimakan langsung, camilan ini juga sangat pas untuk teman nonton TV dirumah bersama keluarga.

3. Wingko Babat

Wingko babat meruakan salah satu oleh oleh Lamongan yang mungkin sudah sangat terkenal. Kudapan bercita-rasa manis ini masih menjadi primadona bagi wisatawan hingga saat ini. Bahan utamanya ternyata sangat sederhana yaitu ketan, kepala dan beberapa bahan pelengkap lainnya.

Meski saat ini banyak yang menjual wingko babat, namun banyak yang tidak tahu kalau makanan ini asli dari Lamongan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik membeli, wisatawan asing pun juga sangat suka dengan camilan ini. Dengan harga yang bisa dibilang relatif terjangkau, wingko babat bisa dijadikan pilihan utama oleh oleh untuk keluarga.

Baca Juga : Pantai Parangtritis, Pantai Paling Hits Di Yogyakarta

4. Perkedel Lamongan

perkedel lamongan

Suka dengan perkedel? Beruntung sekali karena di Lamongan ada olahan perkedel yang kas dengan cita rasa lezat. Secara umum bahan utama pembuatan perkedel ini tidak jauh berbeda dengan kota lain. Namun, jika mencobanya di berbagai kota yang berbeda maka akan ada cita-rasa yang berbeda pula.

Secara umum perkedel merupakan lauk pauk yang bisa digunakan sebagai teman makan nasi. Namun, banyak juga yang memakannya sebagai camilan atau pengganjal perut. Jika pengunjung berminat, bisa pula membeli perkedel dalam keadaan mentah agar bisa digoreng sesampainya dirumah.

Baca Juga :   7 Daftar Guest House di Malang yang Murah Harga 100 Ribu Ada Kolam Renang

5. Tas Enceng Gondok

tas enceng gondok lamongan

Seperti kita tahu, enceng gondok merupakan salah satu tanaman yang dulu dianggap sebagai hama dan merusak pemandangan. Namun dengan tangan kreatif masyarakat, kini tanaman ini bisa di sulap menjadi berbagai aksesoris atau benda dengan harga jual tinggi. Dan tentunya hal tersebut bisa memberikan hasil atau dimanfaatkan sebagai mata pencaharian penduduk sekitar.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Alam Di Jabodetabek yang Seru untuk Keluarga

Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Lamongan. Sumber daya enceng gondok yang melimpah membuat masyarakat berbondong-bondong untuk membuatnya menjadi oleh oleh Lamongan yang menarik. Salah satu yang paling banyak dicari adalah model tas. Selain lebih awet, nyatanya membeli produk lokal bisa membantu pemerataan penduduk yang dikunjungi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh