Jawa Timur

5 Makanan Khas Oleh Oleh Madiun Yang Wajib Dicoba

Madiun adalah sebuah kota kecil di Jawa Timur namun sungguh tenar dalam pelajaran sejarah bangsa Indonesia. Pergi ke kota ini tidak akan lengkap jika tidak membawa oleh oleh Madiun yang berupa makanan khas atau populer di sana.

Oleh Oleh Khas Madiun

Banyak makanan atau jajanan lezat yang berasal dari kota Madiun dan cocok dijadikan oleh-oleh, seperti:

1. Brem

oleh oleh madiun

Brem adalah salah satu makanan khas Madiun yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Makanan ini sebenarnya berbahan dasar ketan, namun telah melalui proses pengolahan yang rumit dan sangat panjang. Tidak semua orang bisa membuatnya, salah satu sentra pembuatan brem berlokasi di desa Kaliabu, kecamatan Mejayan, Madiun.

Brem ini biasanya juga dibuat dengan berbagai varian rasa, yang bisa dipilih sesuai selera. Cita rasa brem didominasi rasa manis dengan sedikit keasaman yang khas, keras namun akan melumer di dalam mulut.

2. Sambel Pecel

sambel pecel

Pecel Madiun, tidak ada yang tidak mengetahui kelezatannya, tidak akan puas jika memakannya hanya sekali saja. Untuk itu banyak pengunjung kota Madiun yang jatuh cinta dan membawa sambel pecel sebagai oleh oleh Madiun.

Bumbu pecel Madiun asli terbuat dari campuran kacang tanah dan rempah-rempah tradisional yang memberikan rasa khas. Banyak sediaan bumbu pecel Madiun di toko-toko oleh-oleh khas Madiun, varian rasa yang tersedia biasanya sedang dan pedas. Bisa dipilih sesuai dengan selera, dan tinggal menambah air panas saat di rumah lalu ditambahkan sayur supaya menjadi sayur pecel.

Baca Juga :   6 Rental Sewa Mobil di Malang Lepas Kunci Tanpa / Dengan Sopir Murah 2018

3. Kerupuk Puli

krupuk puli

Jika tadi membahas nasi pecel Madiun, sekarang akan dibahas pelengkapnya agar semakin lezat yaitu kerupuk puli. Kerupuk puli khas Madiun dinamakan lempeng puli, rasanya memang khas karena teknik pembuatan dan bahan dasarnya pun khas. Lempeng Madiun dikenal memiliki rasa gurih dan renyah, karena menggunakan bumbu khusus.

Tidak sulit mencari lempeng Madiun karena banyak sekali dijual di toko oleh oleh Madiun. Produksinya sangat banyak karena banyak industri rumahan yang memproduksinya, namun cita rasanya tetap sama. Memang lempeng Madiun ini merupakan salah satu camilan khas Madiun yang harus dibeli sebagai oleh-oleh.

4. Roti Bluder

roti-bluder-cokro-oleh-oleh-khas-madiun

Memang banyak sekali makanan yang bisa dijadikan oleh oleh Madiun, salah satunya bluder Cokro. Makanan ini sudah sangat terkenal, anak presiden hingga artis selalu memburunya jika mengunjungi Madiun. Roti bluder ini memiliki 14 varian rasa, memang berbeda dengan bluder pabrikan.

Roti bluder Cokro dibuat dengan resep dan cara tradisional dan turun temurun dari tahun 1989. Kelezatannya sudah terkenal seantero Indonesia, bahkan banyak orang penting yang memburunya untuk dijadikan oleh oleh Madiun.

5. Madumongso

madumongso

Madumongso adalah makanan khas yang terbuat dari beras ketan hitam yang dicampur dengan gula dan diolah sedemikian rupa. Pengolahannya membutuhkan waktu sangat lama dan butuh ketelatenan tingkat tinggi. Dahulu makanan ini hanya ada di saat hari raya atau hari perayaan khusus seperti pengantin atau sunatan.

Baca Juga :   Pantai Sempu di Malang Jawa Timur, Ini Alamat Peta Rute Lokasi + Harga Tiket Masuk

Namun belakangan sudah banyak industri rumah tangga di Madiun yang membuatnya secara massal. Sehingga saat ini madumongso telah banyak dijual di toko oleh oleh Madiun dan bisa dinikmati kapan saja.

itulah 5 makanan khas yang sering dijadikan oleh oleh Madiun bagi siapa saja yang berkunjung ke kota ini. Memang sudah terkenal dan menjadi ciri khas dari kota Madiun, sehingga makanan-makanan di atas selalu dicari untuk dijadikan buah tangan. Selain itu dengan membawa oleh-oleh makanan khas daerah artinya sudah melestarikan budaya kuliner nusantara.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh