Jawa Tengah

Oleh-Oleh Magelang Yang Wajib Dibawa Pulang

Magelang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki julukan Kota Militer. Kota ini memiliki banyak tempat menarik yang bisa memikat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Selain bisa menikmati keindahan berbagai tempat wisata di Magelang, wisatawan juga bisa membawa pulang berbagai macam oleh-oleh Magelang. Berikut beberapa oleh-oleh Magelang yang wajib dibawa pulang oleh wisatawan ketika berkunjung ke kota ini :

1. Gethuk Trio

Gethuk merupakan oleh-oleh Magelang yang sekarang ini banyak diproduksi. Saking banyaknya produksi gethuk di kota ini, sehingga membuat Kota Magelang juga dijuluki kota gethuk. Gethuk trio merupakan produk gethuk yang terkenal di Kota Magelang. Jajanan gethuk ini terbuat dari bahan dasar singkong.

Yang membuat menarik adalah gethuk trio dibungkus dengan menggunakan kotak bambu yang biasa disebut besek mulai dari jaman orde lama hingga sekarang ini. Gethuk trio memiliki tekstur yang sangat lembut, manis, dan juga legit. Jajanan ini hanya akan mampu bertahan selama 2 hari saja karena pada proses pembuatannya tidak ditambahkan dengan bahan pengawet.

Baca Juga :

2. Gethuk Bolen

Gethuk Bolen merupakan oleh-oleh Magelang yang sangat unik. Jajanan ini terbuat berdasarkan kombinasi resep kue modern dan kue tradisional. Gethuk bolen adalah perpaduan dua makanan yaitu gethuk dari bahan singkong dan bolen yang merupakan sejenis roti kering lapis atau disebut dengan pastry.

Baca Juga :   4 Tempat Rekreasi di Jawa Tengah Yang Bagus Indah Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Hal yang membuat unik adalah bolen yang biasanya diisi dengan rasa pisang, keju, atau cokelat kemudian diisi dengan gethuk tersebut. Oleh karenanya, jajanan ini memiliki rasa gurih yang berpadu dengan rasa manis dari gethuk. Wisatawan yang berkunjung ke Magelang jangan sampai melewatkan untuk membeli gethuk bolen yang unik dan menarik ini.

3. Wajik

Oleh-oleh Magelang yang satu ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut ketika berada di dalam mulut. Wajik merupakan jajanan yang terbuat dari ketan yang kemudian dimasak dengan gula dan pewarna. Hasilnya jajanan ini akan berwarna cokelat dan sedikit agak lengket.

Jajanan wajik sangat banyak sekali dijumpai di Jawa Tengah, salah satunya adalah Kota Magelang. Selain rasanya yang sangat enak dan begitu lembut, wajik dibuat dengan menggunakan pemanis dan pewarna yang alami. Sehingga, wajik merupakan salah satu jajanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

4. Tape Ketan

Tape ketan merupakan salah satu jajanan di Magelang yang termasuk ke dalam makanan tradisional. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan yang kemudian mengalami proses fermentasi yang panjang hingga beberapa hari. Tape ini memiliki warna hijau khas yang berasal dari perasan daun katuk.

Oleh-oleh Magelang ini memiliki rasa yang manis dan asam. Selain itu, tape ketan yang dulunya dibungkus dengan daun pisang, kini sudah beralih dengan bungkus toples plastik yang tidak akan tumpah. Sehingga, hal tersebut memudahkan wisatawan untuk membawa pulang jajanan ini.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi di Solo Jawa Tengah Dekat Stasiun Yang Wajib Dikunjungi Malam Hari

5. Keripik Slondok

Oleh-oleh Magelang yang satu ini juga merupakan olahan dari bahan dasar singkong. Keripik slondok sebenarnya adalah keripik singkong yang dibuat dengan berbagai macamĀ  rasa yang mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Camilan yang gurih dan renyah ini tersedia dalam berbagai macam variasi rasa seperti rasa original, pedas, dan juga pedas manis. Harga yang dibandrol pun cukup terjangkau yaitu sekitar 15.000 rupiah/pcs untuk berbagai varian rasa.

Beberapa ulasan terkait oleh-oleh Magelang diatas diharapkan bisa digunakan sebagai referensi dalam memilih buah tangan yang cocok ketika berkunjung ke kota ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh