Jawa Barat

6 Oleh Oleh Majalengka Yang Unik

Oleh Oleh Majalengka – Siapa yang tak kenal dengan majalengka? Majalengka merupakan salah satu daerah yang terdapat di Jawa Barat. Daerah tersebut cukup dikenal oleh banyak orang. Berbicara tentang majalengka, daerah ini banyak sekali makanan khasnya yang jarang sekali orang ketahui yang dapat dijadikan sebagai oleh oleh. Penasaran oleh oleh dari majalengka? Berikut ini adalah oleh oleh majalengka yang sangat unik.

Oleh Oleh Khas Majalengka

1. Jalakotek

resep jalakotek

Mungkin bagi sebagian orang jarang sekali mendengar nama makanan jalakotek. Padahal jalakotek sendiri sangat terkenal sekali di daerah majalengka. Jalakotek merupakan cemilan khas majalengka yang berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat jika disantap masih keadaan hangat. Serta akan lebih nikmat lagi jika ditemani dengan es teh manis. Jalakotek sendiri tak jarang dicari oleh setiap wisatawan yang datang ke majalengka karena keunikan namanya tersebut.

2. Mangga Gedong Gincu

mangga gedong

Lain halnya dengan jalakotek, mangga gedong gincu sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Rasanya yang sangat manis dan segar serta bentuk warnanya yang menggemaskan, membuat mangga gedong gincu ini sudah menjadi industri di kabupaten majalengka. Mangga gedong gincu ini merupakan salah satu ikon dari majalengka selain kecap.

Baca Juga :   11 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Yang lebih hebatnya, buah ini sudah diekspor ke berbagai negara seperti arab saudi, jepang, korea, dll. Jika para wisatawan ingin membeli oleh oleh mangga gedong gincu ini sangat mudah sekali untuk mendapatkannya. Karena di majalengka sendiri bisa didapatkan di pinggir jala karena cukup banyak sekali yang menjualnya.

3. Oncom Goreng

oncom goreng

Berbeda dengan oncom goreng di bandung, oncom goreng di majalengka mempunyai cita rasa yang khas. Apabila oncom goreng di bandung bentuknya besar serta dilapisi dengan terigu,  oncom di majalengka ini mempunyai bentuk yang kecil-kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng.

Oncom goreng ini sangat enak sekali dinikmati sebagai pendamping mie ayam atau bakso. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah karena oncom ini dijual di pasar tradisional maupun toko oleh oleh.

4. Kecap Majalengka

Kecap dari majalengka ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan gurih, daerah tersebut juga menjadikan kecap ini sebagai ikon selain dari mangga gedong gincu. Dengan banyaknya berbagai macam merek, kecap majalengka cukup melegenda sampai saat ini.

Untuk mendapatkannya pun juga sangat mudah sekali karena banyak ditemukan di pasar tradisional serta dapat juga ditemukan di sentra oleh oleh majalengka.

5. Ampas Kecap

Selain kecapnya yang diburu, makanan yang terbuat dari sisa kacang kedelai hasil pemrosesan pembuatan kecap. Warnanya yang sangat hitam dan rasanya yang gurih, membuat makanan ini sangat nikmat jika dikonsumsi pada siang hari.

Baca Juga :   Pantai Santolo Garut 2018 Harga Tiket Masuk + Peta Map Jalan Menuju Lokasi

Banyak sekali warung makan sunda yang menyediakan lauk ampas kecap ini. Karena makanan ini merupakan salah satu makanan yang favorit di majalengka.

6. Gula Cakar

Dan oleh oleh majalengka yang unik yang terakhir adalah gula cakar. Gula cakar sendiri pada umumnya sama dengan gula lainnya. Namun perbedaannya gula cakar ini berbentuk kotak yang ukurannya cukup besar dan berwarna pink.

Gula ini biasa dihidangkan untuk meminum kopi serta teh di sore hari. Gula cakar sendiri terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan soda supaya mengembang.

Itulah oleh oleh majalengka yang unik yang bisa dibawa pulang ke rumah untuk sanak keluarga. Selain harganya yang murah tentunya mempunyai rasa yang sangat lezat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker