KulinerSumatera Utara

Aneka Oleh Oleh Medan Yang Cocok Untuk Buah Tangan Keluarga

Berwisata ke luar daerah rasanya kurang lengkap jika pulang tanpa membawa oleh oleh. Hal ini pula yang tentunya perlu anda perhatikan terlebih jika berkunjung ke Kota Medan. Seperti kita tahu kota ini memiliki beberapa menu makanan yang tentunya cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dan berikut aneka oleh oleh Medan yang cocok untuk buah tangan keluarga. Diantaranya:

Oleh Oleh Khas Medan

1. Ikan Teri Khas Medan

Oleh Oleh Medan

Oleh oleh Medan pertama yang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan adalah ikan teri khas Medan. Meski bahan utamanya adalah ikan teri yang banyak kita jumpai di beberapa daerah, namun ikan teri disini cukup berbeda. Menu ini tentunya cocok bagi anda yang suka dengan makanan bercita rasa asin dan gurih.

Yang membedakan olahan ikan teri di Medan dengan daerah lain adalah diolah dengan sambal. Tidak hanya itu, ditambahkan pula kacang dan tempe yang semakin memperkuat citarasa khas makanan ini. Untuk wisatawan yang berminat bisa datang ke pasar sentral ikan teri yang ada di kota tersebut.

2. Manisan Jambu

manisan jambu

Selain makanan bercita rasa asin, di Medan ada juga kudapan bercita-rasa manis salah satunya adalah manisan. Manisan umumnya terbuat dari mangga, kedondong, atau buah yang bercita-rasa asam lainnya. Namun, disini ada manisan khas yang berbahan dasar jambu. Sedikit unik memang, namun nyatanya makanan makanan ini cukup familiar disini.

Baca Juga :   Rekomendasi 6 Kuliner Halal Di Bali Yang Enak Dan Lezat

Meski saat ini banyak yang sudah menjual manisan jambu, nyatanya manisan jambu Medan masih menjadi incaran bagi wisatawan. Cita-rasa manis serta sedikit masam dan segar dari buah jambu, membuat rasa yang dihasilkan sangat cocok di lidah penikmatnya. Tips saat membeli, carilah yang memiliki kemasan utuh agar bisa bertahan selama 3 hari.

3. Kacang Sihobuk

kacang sihobuk

Selain yang sudah dijelaskan diatas, masih ada oleh oleh Medan lainnya yang bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga yaitu kacang sihobuk. Kenapa dinamakan sihobuk? Karena memang kacang ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Meski berasal dari desa, dari segi kualitas kacang ini bisa dibilang produk unggulan.

Berbeda dengan kacang yang umumnya kita tahu, kacang sihobuk diolah dengan cara disangrai menggunakan pasir. Cara ini tentunya lebih sehat karena kadar lemak pada kacang juga lebih sedikit. Untuk menemukannya tidaklah susah karena saat ini banyak pedagang yang menjajakannya di sepanjang jalan.

4. Bolu Meranti

Jual-Bolu-Meranti-Medan

Suka dengan bolu? Ya makanan bercita rasa manis dengan tekstur lembut ini memang memiliki banyak peminat. Selain bolu yang kita kenal, ternyata di Medan ada satu bolu yang cukup terkenal yaitu Bolu Meranti. Sesuai namanya, makanan manis ini diproduksi dan dijual di sebuah toko bernama Meranti.

Selain enak dan lembut, ternyata menu ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari coklat, nanas, moka, kacang, dan sebagainya. Untuk satu kotaknya hanya dijual seharga 60.000 saja. Tidak hanya itu, saat ini juga terdapat variasi lain dari Toko Meranti yaitu lapis legit, kue sus, lapis Surabaya dan sebagainya.

Baca Juga :   4 Daerah Wisata di Sumatera Utara Yang Menarik dan Indah : Danau Toba, Pulau Samosir DLL

5. Bika Ambon

bika ambon meranti medan

Bika Ambon juga merupakan salah satu oleh oleh Medan yang banyak dicari para wisatawan. Meski menggunakan nama Ambon, ternyata banyak yang tidak tahu kalau makanan ini adalah khas dari Medan. Memiliki citarasa manis dan lembut, membuat makanan ini sangat enak di lidah.

Seiring berjalannya waktu, kini Bika Ambon sudah memiliki banyak perkembangan salah satunya pada varian rasa. Selain original, pembeli juga bisa memilih rasa lain seperti moka, pandan, keju, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk harganya sendiri sangat murah yaitu sekitar 35.000 saja untuk ukuran yang paling kecil.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh