Jawa Barat

Oleh Oleh Pangandaran Saat Berkunjung Kesana

Berwisata terasa kurang lengkap jika pulang tanpa membawa buah tangan. Setiap daerah tertentu pasti memiliki hasil alam maupun kerajinan tangan yang menjadi ciri khas oleh-oleh suatu daerah tersebut. Seperti halnya daerah Pangandaran yang berada di wilayah pantai selatan Jawa Barat. Sebagian besar wilayahnya dilingkupi daerah pesisir ini menyuguhkan cendera mata yang beragam salah satunya mengenai hasil laut. Nah cocok sekali dijadikan sebagai oleh oleh yang wajib dibawa pulang saat berlibur ke sana. Berikut ini rangkuman beberapa oleh oleh Pangandaran :

Ikan Asin Jambal Roti

ikan asin jambal roti

Ikan jambal roti salah satu primadona sebagai oleh-oleh khas Pangandaran yang banyak dicari para wisatawan. Selain rasanya lezat dan gurih ternyata mengandung protein tinggi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Ikan yang lembar, dengan tekstur daging tebal serta empuk menjadikan sebuah alasannya. Untuk mendapatkannya tidak usah bingung, sebab banyak sekali penjual khas oleh-oleh di sekitar wisata yang ada di Pangandaran.

Kepiting Soka Krispi

kepiting soka krispi

Ada satu khas kuliner hasil laut Pangandaran yaitu kepiting soka. Biasanya dibuat kepiting soka krispi yang gurih dan renyah menjadikan  buah tangan yang tak terlewatkan. Apalagi karena tahan dalam beberapa hari cocok bila dibawa pulang. Selain itu kepiting soka yang sebagian tubuhnya bisa dimakan, jadi sangat aman bila dimakan anak-anak.

Baca Juga :   11 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Rengginang Terasi (Opak)

rengginang terasi

Makan khas ini bisa dikatakan sebagai krupuk untuk camilan yang terbuat dari nasi ketan dikeringkan lalu digoreng. Rengginang Pangandaran memiliki cita rasa khas, karena dibumbui dengan terasi yang mempunyai aroma khas. Jadi sayang bila terlewatkan bila tidak membelinya.

Hasil Laut Segar

Sebagai daerah pesisir, tentu Pangandaran memiliki hasil laut melimpah yang masih segar dan mudah didapatkan. Sebut saja berbagai jenis ikan, cumi-cumi, udang dan sebagainya. Agar bisa membeli aneka hasil laut, biasanya bisa didapatkan di sepanjang pantai timur Pangandaran. Untuk jenis ikan yang banyak diburu adalah ikan bawal dengan dagingnya tebal.

Pete Dan Sawo

Meski hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat tumbuhan pete dan sawo. Namun, hasil alam tersebut merupakan Salah satu khas Pangandaran yang tumbuh dan berbuah melimpah. oleh karena itu, di sepanjang pantai terdapat penjual sawo dan pete secara musiman tetapi terkadang masih saja wisatawan mencarinya untuk dijadikan buah tangan.

Noga Kelapa Aroma Jahe

Salah satu camilan hasil olahan Pangandaran adalah Noga Kelapa Aroma Jahe. Terbuat dari kelapa parut kasar dan di campur dengan jahe serta diberi gula merah agar terasa manis dan legit. Cocok banget untuk oleh-oleh buat sanak saudara dengan sensasi rasa khas Pangandaran. Disamping itu, makanan ini hanya ada di Pangandaran.

Kerajinan Kerang

Selain kuliner atau hasil alamnya, di Pangandaran sangat kreatif dengan mengolah limah kerang menjadi kerajinan tangan yang bernilai. Berupa pajangan, cermin, tirai dan aksesoris perempuan seperti kalung dan gelang. Untuk bisa memperolehnya tinggal menyusuri sepanjang pantai terdapat kios-kios souvernier beragam serta oleh-oleh yang menarik bagi saudara atau sahabat anda. Jangan lupa juga pandai-pandai menawar biar dapat harga yang sesuai.

Baca Juga :   30 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru Indah Bagus Dekat Dengan Stasiun Pelabuhan Ratu

Kaos Pantai (Oblong)

Pangandaran juga memiliki souvernir khas berupa kaos pantai (oblong) yang sangat pas dijadikan oleh oleh Pangandaran. Kaos ini menggunakan bahan kain ringan dan lembut seperti rayon dan katun. Selain itu, corak yang ditawarkan beragam mulai dari gambar-pantai pantai, batik, hingga bertuliskan “Pangandaran”. Banyak sekali kios-kios disekitar tempat wisata menjual kaos pantai ini serta jangan lupa pandai-pandai menawar.

Nah itulah ulasan oleh oleh Pangandaran yang sering di buru wisatawan.Dengan informasi di atas memudahkan para wisatawan untuk mengetahui buah tangan daerah yang di tuju.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker