Pulau Papua

Informasi Tentang Papua Beserta Daftar Oleh-Oleh Papua Yang Bisa Dibawa Pulang

sewa mobil jogja banner

Oleh Oleh Papua – Papua memiliki luas 808.105 kilo meter persegi dan merupakan pulau terbesar ke dua di Indonesia. Papua memiliki wisata alam dan budaya yang beragam dan sudah terkenal di Dunia. Ketika berwisata ke sana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh Papua.

Sekilas Info Tentang Papua

Sebelum menjadi nama Papua, pada zaman kolonial dulu bernama Nedherlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea. Pada tahun 1969 sampai dengan 1973 berubah nama menjadi Provinsi Irian Barat. Kemudian pada 1 Mei 1973 Irian Barat berubah nama menjadi Irian Jaya.

Pada tahun 2000 Irian Jaya berubah menjadi Papua, sesuai dengan permintaan masyarakat Papua. Nama Papua sendiri di berikan oleh kerajaan Tidore pada tahun 1600-an. Dilihat dari karakteristiknya penduduk Papua dibagi menjadi dua yaitu wilayah pegunungan dan pedalaman.

Papua memiliki berbagai kekayaan alam dan budaya. Hal ini membuat para wisatawan tertarik untuk datang ke Papua untuk berplesir. Jika, pergi berplesir tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh Papua.

Daftar Oleh-Oleh Papua Yang Bisa Dibawa Pulang Wisatawan

Papua merupakan daerah yang memiliki sejuta kebudayaan yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Adapun oleh-oleh Papua yang bisa di bawa pulang adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   Pulau Raja Ampat : Keindahan Alam Bawah Laut, Terumbu Karang dan Keistimewaan-nya

1. Noken

noken tas papua

Noken adalah tas asli dari Papua. Desain dari tas ini sangat unik. Tas ini merupakan tas rajutan dari benang khas dari Papua. Tas ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Harga dari tas ini lumayan beragam sekitar IDR 100.000,00 sampai dengan IDR 500.000,00. Tas ini bisa didapatkan di Gerai Lion Art. Disini wisatawan bisa memilih beragam desain dan keren.

2. Batik Papua

batik papua

Batik tidak hanya menjadi milik tanah Jawa. Di Papua juga memiliki batik khas. Batik Papua identik dengan motif burung cendrawasih. Selain burung cendrawasih ada juga motif yang mengusung budaya suku Asmat.

Batik ini memiliki warna yang terbuat dari terakota dan tanah. Untuk mendapatkan kain batik ini bisa di dapatkan di Jalan Sam Ratulangi Kecamatan Klasuur Sorong. Kain batik ini ada yang dibuat dengan printing atau tulisan tangan.

Baca juga :

3. Sarang Semut

sarang semut

Sarang semut memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya sarang semut dipakai sebagai campuran ramuan obat-obatan. Sarang semut bisa menyembuhkan penyakit kanker. Harga per 100 gram sarang semut adalah sekitar harga IDR 100.000,00.

4. Ukiran Kayu

Papua memiliki hutan yang sangat luas. Untuk melengkapi dekorasi rumah, bisa menggunakan ukiran kayu khas Papua sebagai pemanis. Biasanya masyarakat Papua di ukir di atas kayu atau kulit kayu. Untuk masalah harga memang terbilang sangat mahal karena bisa sampai jutaan rupiah untuk satu souvenir. Untuk mendapatkan ukiran kayu ini bisa diperoleh di Galeri Lion Art Papua. Letaknya di Jalan Merdeka Manokwari.

Baca Juga :   Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Tempat Menyelam atau Diving Terbaik di Dunia

5. Kue Abon Gulung

Jika selama ini abon yang beredar di Jawa bentuknya kecil dan berserabut, maka di Papua lain lagi. Abon yang ada di Papua ini menjadi isian roti gulung dengan aroma yang khas. Cita rasa roti gulung ini sangat lembut yang dipadukan dengan irisan daging dan daun bawang. Makanan ini bisa didapatkan di daerah sekitar Manokwari. Harganya sebesar IDR 125.000,00 untuk 10 gulung roti abon.

6. Martabak Sagu

Sagu merupakan makanan pokok dari masyarakat Papua. Untuk itu masyarakat membuat kreasi martabak dari sagu. Martabak ini bisa didapatkan di Kabupaten Fakfak. Rasa dari martabak ini manis dan enak.

7. Keripik Keladi

Keladi merupakan tanaman yang ada di Papua. Tanaman ini memiliki daun yang bisa membuat gatal kulit. Namun ini bisa dijadikan keripik dengan cara pengolahan yang tepat. Keripik ini diberi bumbu yang khas, sehingga dijamin akan ketagihan saat mencobanya. Makanan ini bisa diperoleh di daerah Sorong.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh