Riau

7 Oleh oleh Pekanbaru Yang Bisa Dimiliki Wisatawan

Jika berkata soal industrial, Pekanbaru termasuk perindustrian terbesar dalam urutan ketiga. Pekanbaru bisa disebut sebagai kota maju dan berkembang. Dari sinilah Pekanbaru tidak hanya sektor industri, namun juga pada wisatanya memiliki unsur yang kental dengan kebudayaan. Maka saat kalian pergi ke Pekanbaru jangan lewatkan makanan dan oleh oleh Pekanbaru yang wajib dimiliki maupun di coba. Berikut akan kami ulas beberapa pernak-pernik khas Pekanbaru :

1. Batik

batik indonesia

Di Indonesia memang sangat terkenal mengenai baju batik. Untuk itu, bagi penggemar batik kalian bisa mencari motif-motif unik di Pekanbaru. Hal ini dikarenakan Kota Pekanbaru memiliki motif yang sangat unik dan menarik.

Motif dari Batik Pekanbaru, memiliki unsur dari adanya tumbuhan dan bermacam-macam bunga. Dari sinilah oleh oleh Pekanbaru yang sangat dicintai oleh wisatawan.

2. Gantungan Kunci Khas Pekanbaru

gantungan kunci pekanbaru

Gantungan kunci ini juga tidak kalah menariknya dari pernak-pernik yang ada di Pekanbaru. Berbagai macam ornamen kecil dijadikan sebagai cinderamata yang bisa dibawa pulang. Dan lagi model yang dihadirkan pun juga beragam bentuk. Mulai dari alat musik tradisional hingga sebuah rumah adat kecil yang menjadi icon di Kota Pekanbaru. Semuanya bisa dijadikan oleh oleh Pekanbaru yang menarik minat wisatawan.

Baca Juga :   25 Tempat Wisata di Batam Riau dan Sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi Selain Pantai Terbaru

3. Replika Perahu Lancang Kuning

KAPAL LANCANG KUNING

Adakah yang tau tentang alat transportasi di Pekanbaru? Ya, tepat sekali perahu lancang kuning adalah salah satu alat transportasi di Pekanbaru. Yang sering digunakan warga untuk menyebrangi sungai. Sebagai alat transportasi utama.

Perahu Lancang Kuning ini juga bisa dimiliki wisatawan yang datang ke Pekanbaru. Dengan adanya replika perahu ini, salah satu cendramata yang populer semakin diburu oleh wisatawan. Sebagai oleh oleh Pekanbaru yang khas.

4. Kain Tenun Songket

kain tenun songket

Selain batik, pekanbaru juga memiliki kain yang sangat diburu oleh wisatawan. Yaitu, tenun songket Melayu yang memiliki berbagai motif terbaiknya. Oleh oleh Pekanbaru satu ini sangat luar biasa kualitasnya. Bahkan pembuatannya pun juga langsung melalui tangan-tangan orang Pekanbaru. Jadi kamu jangan sampai ketinggalan untuk memiliki kain tenun khas Pekanbaru ini.

5. Miniatur Sampan Kampo

Satu lagi oleh oleh Pekanbaru yang wajib di miliki, yaitu sebuah miniatur sampan kampo. Dimana alat transportasi warga jaman dulu yang sangat familiar. Tapi, jangan salah bahwa miniatur ini tidak disukai oleh wisatawan. Melainkan, banyak sekali yang memburu miniatur etnik ini sebagai cendramata. Yang mana mereka juga bisa ikut serta merawat peninggalan kuno yang masih bisa disejarahkan

6. Miniatur Landmark

Ini dia miniatur yang masih di gandrungi oleh wisatawan. Dimana sebuah icon dari Pekanbaru yang dibudayakan menjadi bangunan-bangunan kecil. Miniatur ini cocok sekali untuk pajangan di rumah, sebagai sovenir bahwa kalian pernah menginjakkan kaki di Kota Pekanbaru. Untuk itu para wisatawan tidak akan lupa untuk membeli miniatur landmark ini.

Baca Juga :   11 Mall dan Pusat Belanja Murah di Batam : Beli Kamera, Tas, Baju, Elektronik, Handphone, Parfum

7. Miniatur Rumah Adat

Sebuah miniatur yang berasal dari kebudayaan Pekanbaru yang masih kental akan sejarah. Berbagai pusat kerajinan maupun pusat pernak-pernik menghadirkan sebuah Rumah Adat Pekanbaru yang sangat dikenal. Rumah adat ini disebut rumah melayu atap limas potong, umah suku sakai dan balai salaso.

Miniatur rumah adat ini, sangat pas dijadikan buah tangan setelah liburan. Miniatur ini bisa di dapatkan di toko kerajinan di pekanbaru. Sebagai bukti bahwa kalian pernah mendatangi Kota Pekanbaru yang sangat menarik.

Unik-unik bukan sovenir yang ada di Pekanbaru? Nah, buruan miliki sovenir ini sebagai koleksi kerajinan dari Kota Pekanbaru. Atau bisa juga jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga, kerabat atau sahabat tersayang anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker