Jawa Barat

Oleh Oleh Purwakarta Serta Sekilas Tentang Purwakarta

Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Purwakarta sendiri dikenal sebagai tanah kelahiran berbagai tokoh negara seperti  Kusuma Atmaja yang merupakan ketua pertama mahkamah agung. Kota ini memiliki segudang pesona untuk di kunjungi dan berbagai macam kuliner untuk dijadikan oleh oleh Purwakarta.

Sekilas Tentang Purwakarta

Nama Purwakarta ini berasal dari kata Purwa yang berarti permulaan dan Kata yang berarti ramai atau hidup. Pada 20 Juli 1834 nama Purwakarta muncul ketika ibu kota yang awalnya di Wanayasa pindah di Sindang Kasih.

Purwakarta juga memiliki sejarah yang panjang mulai dari melawan VOC sekitar awal abad ke-17, masa pemerintahan kolonial Belanda, hingga pada masa kemerdekaan. Purwakarta juga memiliki berbagai macam wisata yaitu wisata alam, wisata budaya, wisata ziarah, wisata buatan hingga wisata kuliner. Hal yang paling penting ketika berkunjung adalah membawa oleh oleh Purwakarta. Untuk itu akan dibahas lebih lanjut daftar oleh-oleh yang bisa dibawa dari Purwakarta.

Daftar Oleh Oleh Purwakarta Yang Wajib Dibawa Saat Berkunjung

Ketika datang ke Purwakarta tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Untuk itu ada beberapa rekomendasi oleh-oleh Purwakrta yang wajib dibawa saat berkunjung.

Baca Juga :   35 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat 2019 dan Sekitarnya Giri Tirta Yang Murah Dekat Dengan Stasiun

1. Simping

simping khas purwakarta

Cemilan ini terbuat dari tepung terigu lalu dicetak bulat dan pipih. Cemilan Simping memiliki cita rasa gurih yang membuat ketagihan. Harganya juga cukup terjangkau. Cemilan ini biasa disajikan bersama peuyeum beserta colenak. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah karena berbagai toko oleh-oleh atau pinggir jalan menyediakannya.

2. Kerupuk Miskin

kerupuk melarat

Tidak seperti namanya, cemilan ini tidak akan membuat miskin yang membelinya karena harganya cukup terjangkau. Kerupuk miskin terbuat dari aci singkong. Kerupuk ini tidak digoreng tapi disangrai menggunakan pasir. Jadi, bebas kolestrol. Kerupuk ini banyak di jual di daerah Plered Purwakarta.

3. Bando ( Iket Sunda )

Kalau di Jogja terkenal dengan blangkon dan Bali terkenal dengan udeng, daerah Purwakarta memiliki asesoris khusus yaitu berupa iket atau bando. Iket ini menjadi asesoris untuk pria. Namun, pada kegiatan sehari-hari masyarakat jarang menggunakannya.  Awalnya iket ini digunakan sebagai bantalan untuk mengangkat barang.

4. Kebaya Purwakarta

kebaya purwakarta

Untuk saat ini kebaya banyak digunakan oleh pegawai negri sipil untuk seragam dinas. Hal diberlakukan semenjak Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati pada tahun 2008. Kebaya Purwakarta juga bisa di jadikan oleh-oleh untuk kebutuhan fashion.

5. Keramik Khas Plered

Selain kuliner dan fashion, oleh oleh Purwakarta bisa berupa keramik. Di daerah Plered banyak toko-toko yang menjual. Keramik ini bisa digunakan untuk mempermanis dekorasi interior rumah. Keramik yang biasa di buru adalah guci, vas bunga, terakota, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   52 Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya Timur Kota Sentul Puncak Murah 2018 : Taman Bunga, Jungle Land, Curug Nangka DLL

6. Opak Gurih-Gurih

Sama seperti opak pada umumnya bentuk opak di Purwakarta gepeng. Opak ini terbuat dari tepung beras beserta rempah-rempah. Opak ini memiliki banyak karbohidrat. Cara pemasakannya di bakar atau di panggang diatas bara api.

7. Rengginan Ketan Hitam

Rengginan adalah cemilan yang bentuknya seperti kerupuk namun terbuat dari beras ketan. Cara membuatnya juga cukup unik yaitu beras yang di beri rempah-rempah lalu di masak seperti memasak nasi pada umumnya.  Lalu nasi yang sudah masak dicetak bulat-bulat dan di jemur di bawah sinar matahari. Cita rasa dari kerupuk ini adalah manis, gurih dan renyah.

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika Purwakarta memiliki sejarah yang panjang dan berbagai macam wisata yang bisa di nikmati oleh wisatawan. Ketika puas menikmati berbagai parawisata, jangan lupa untuk membawa oleh oleh Purwakarta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh