Jawa Tengah

8 Oleh Oleh Purwokerto Yang Wajib Dibawa Pulang

sewa mobil jogja banner

Kota Purwokerto memiliki banyak sekali julukan seperti kota wisata, kota keripik, kota transit dan kota pendidikan. Selain itu Purwokerto juga menawarkan berbagai macam oleh oleh yang wajib untuk dibawa pulang ketika mengunjungi tempat ini.

Oleh Oleh Khas Purwokerto

Penasaran dengan oleh oleh tersebut? Yuk simak beberapa oleh oleh Purwokerto berikut ini.

Gethuk Goreng

Getuk Goreng Sokaraja

Oleh oleh Purwokerto yang paling populer adalah gethuk goreng. Makanan ini berbahan dasar singkong atau ketela pohon yang diolah dengan gula jawa sehingga menciptakan rasa yang manis. Makanan berwarna coklat ini memiliki tekstur yang empuk ketika dimakan.

Nopia Dan Mino

Resep Kue Mino Nopia Khas Banyumas

Purwokerto menawarkan oleh oleh yang sangat unik berupa jajanan berbentuk bulat seperti telur dan berwarna putih. Makanan ini dikenal dengan nama nopia. Nopia terbuat dari tepung terigu yang dibuat dengan menempelkan di tungku khusus dalam suhu panas. Makanan ini terdiri dari beberapa varian rasa seperti coklat, bawang, gula jawa, pandan, stroberi, durian dan lain sebagainya.

Jika nopia memiliki bentuk yang besar, berbeda dengan mino. Mino merupakan singkatan dari mini nopia. Makanan ini berbahan dasar sama dengan nopia hanya berbeda pada ukurannya saja. Mino hanya terdiri dari 2 varian rasa saja yaitu cokelat dan gula merah.

Baca Juga :   7 Oleh Oleh Khas Solo Yang Banyak Dinikmati

Kraca

kraca hidangan purwokerto

Berkunjung ke Purwokerto rasanya belum lengkap jika tidak membawa pulang kraca. Kraca merupakan keong kecil dengan kuah pedas. Makanan ini menawarkan rasa yang sangat gurih dan lezat karena diracik dengan beberapa bumbu seperti pala, merica, garam, lada dan lainnya. Oleh oleh Purwokerto ini sangat populer di banyak kalangan karena keunikan dan kelezatannya.

Keripik Tempe

Dijuluki dengan nama kota keripik dikarenakan di setiap pusat oleh oleh yang ada di sepanjang jalan kota Purwokerto pasti menjual keripik tempe yang khas. Keripik tempe berbahan dasar tempe yang kemudian digoreng hingga kering. Rasanya sangat nikmat dan renyah, sehingga sangat cocok dijadikan cemilan.

Klanting

Oleh oleh Purwokerto berikutnya merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung berbumbu yaitu klanting. Klanting biasanya dibuat dalam bentuk cincin atau angka delapan yang kemudian digoreng. Makanan khas Purwokerto ini terbuat dari singkong atau ketela pohon. Camilan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan renyah ketika disantap.

Combro

Berkunjung ke Purwokerto jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh oleh dan membeli combro. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Combro dibuat dalam bentuk bulat lonjong dengan sambal oncom gurih dan pedas sebagai isiannya.

Jenang Jaket

Jenang jaket merupakan oleh oleh Purwokerto yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari beras ketan, gula merah dan santan kelapa. Yang unik dari jenang jaket dibandingkan dari jenang pada umumnya terletak pada bentuknya. Jenang jaket dibuat dalam bentuk kecil dan dibungkus menggunakan kertas atau plastik.

Baca Juga :   7 Rental Sewa Mobil di Solo Lepas Kunci Tanpa Sopir / Dengan Supir Murah

Makanan ini ditawarkan dalam beberapa variasi seperti jenang polos hingga jenang yang dicampur dengan wijen. Yang menjadi daya tarik jenang jaket yaitu kekenyalanan yang memberikan rasa ketan yang khas. Selain itu jenang ini tidak akan menempel pada sela gigi meskipun terbuat dari ketan.

Serabi

Tidak hanya Solo dan Bandung saja yang menawarkan makanan berupa serabi. Melainkan juga Purwokerto menawarkan makanan yang mirip dengan serabi namun adonan yang ditawarkan berbeda. Serabi Purwokerto  terbuat dari gula merah dan gula pasir. Yang kemudian dibuat dengan adonan manis di tengah serabi.

Itulah beberapa oleh oleh Purwokerto yang wajib untuk dibawa pulang ketika mengunjungi kota ini. Citarasa yang ditawarkan oleh kuliner Purwokerto sangatlah beragam. Akan tetapi rasanya sangat cocok bagi lidah siapa saja. Sehingga tidak heran jika kuliner dan oleh oleh dari kota ini sangat populer dan disukai banyak orang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh