Jawa TengahKuliner

9 Oleh-Oleh Salatiga Yang Memiliki Citarasa Tinggi

Berkunjung ke suatu tempat kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga dan saudara kita. Begitu pula jika berkunjung ke Salatiga. Salatiga menawarkan kuliner yang sangat khas dan murah sehingga banyak diburu oleh para wisatawan. Tidak hanya kuliner saja melainkan juga oleh-oleh Salatiga yang sangat khas dan berbeda dibandingkan dengan daerah lain. Lalu apa saja oleh-oleh Salatiga yang sering diburu oleh wisatawan? Yuk simak ulasan berikut ini.

Oleh Oleh Khas Salatiga

1. Kerupuk Godril

pilus godril

kerupuk godril merupakan salah satu oleh-oleh Salatiga yang sangat menggoyang lidah. Bagaimana tidak, kerupuk ini sangat renyah dan gurih. Kerupuk godril terbuat dari singkong dan bumbu dapur tanpa adanya bahan pengawet berbahaya. Sehingga kerupuk godril sangat aman untuk dikonsumsi

2. Getuk Ketek

getuk kethek salatiga

Oleh-oleh Salatiga berikutnya adalah getuk ketek. Ketek dalam bahasa Jawa berarti kera. Meski dinamakan getuk ketek, namun makanan ini tidak terbuat dari kera. Nama asli dari getuk ketek adalah getuk satu rasa. Nama ketek sendiri bermula dari peliharaan seekor kera yang ada di depan rumah pemilik usaha ini.

Baca Juga :   30 Tempat Wisata di Solo Terbaru 2018 Yang Wajib Dikunjungi Dekat Stasiun Pada Malam Hari

Makanan ini sangat gurih karena terbuat dari perpaduan ketela pohon dan kelapa. Mulanya makanan ini tidak ditambahkan perasa makanan sehingga sangat original dan lezat. Saat ini getuk ketek memiliki tiga rasa dan tiga warna.

3. Enting-Enting Gepuk

enting enting gepuk

Enting-enting gepuk adalah oleh-oleh Salatiga yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari kacang yang digepuk atau dihaluskan. Kemudian dicampur dengan gula sehingga rasanya sangat manis dan enak. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini sangat mudah, karena enting-enting gepuk sudah ada di pusat oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan Salatiga.

4. Singkong Keju

singkong keju

Singkong keju adalah makanan yang terbuat dari ketela pohon. Makanan ini ditawarkan dalam beberapa bentuk. Salah satunya dalam bentuk singkong siap goreng dan sudah jadi. Untuk singkong siap goreng disajikan dalam bentuk beku sehingga jika belum sempat untuk menggorengnya maka dapat disimpan di freezer terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, singkong keju khas Salatiga memberikan 3 varian rasa. Yaitu original, keju dan keju coklat. Untuk harga dari makanan ini sangat bervariasi tergantung dari jenisnya.

5. Ampyang Atau Gula Kacang

ampyang atau gula kacang

Makanan khas Salatiga yang satu ini terbuat dari campuran kacang dan gula jawa. Ampyang atau gula kacang menawarkan rasa yang sangat enak. Dimana rasa gurih dari kacang bercampur dengan rasa manis gula. Oleh-oleh Salatiga ini sangat terkenal sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk membelinya.

Baca Juga :   Wajib Ada Dalam Paket Liburan Karimun Jawa Murah 2018, Kunjungi 4 Lokasi ini

6. Keripik Paru

keripik paru

Salatiga menawarkan oleh-oleh yang sangat khas salah satunya adalah keripik paru. Makanan khas ini terbuat dari paru sapi. Keripik paru ini memiliki rasa yang sangat khas, nikmat dan renyah. Berkunjung ke Salatiga rasanya tidak lengkap jika belum membeli makanan yang satu ini.

Untuk harga dari keripik paru tentu lebih tinggi dibandingkan dengan keripik jenis lainnya. Hal ini dikarenakan bahan dasar keripik ini juga sangat unik.

7. Roti Wonder

roti wonder di salatiga

Ingin membawa roti sebagai oleh-oleh sepulang dari Salatiga? Cobalah membeli roti wonder. Roti wonder menawarkan rasa yang sangat khas. Sehingga roti ini sangat populer di masyarakat sekitar.

8. Kopi Babah Kacamata

kopi babah kacamata

Bagi para pecinta kopi, Salatiga menawarkan oleh-oleh yang sangat pas yaitu kopi Babah Kacamata. Oleh-oleh Salatiga ini terbuat dari biji kopi asli yang diolah secara tradisional. Kopi ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dibandingkan dengan kopi hitam daerah lain.

9. Bakpia Patok Om Tan

bakpia oom tan

Bakpia memang selalu menjadi oleh-oleh yang tidak asing lagi untuk dibawa pulang. Salatiga juga menyediakan bakpia yang tidak kalah akan rasanya. Salah satu yang paling populer adalah bakpia patok Om Tan. Bakpia ini terdiri dari beberapa rasa. Antara lain kacang hijau, coklat, keju dan lain sebagainya.

Nah itu dia beberapa oleh-oleh Salatiga yang memiliki citarasa tinggi dan wajib untuk dibawa pulang ketika mengunjungi daerah ini. Ulasan di atas dapat menjadi referensi bagi kita yang akan mengunjungi Salatiga. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk memiliki oleh-oleh khas Salatiga untuk orang-orang di rumah.

Baca Juga :   Oleh-Oleh Dieng Yang Harus Dibawa Pulang

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh