Kalimantan Timur

Oleh Oleh Samarinda Yang Khas Dan Paling Rekomendasi

Sebenarnya oleh oleh Samarinda sangatlah banyak yang menarik dan khas banget tetapi lumayan banyak masyarakat tidak tahu menahu soal itu. Seperti produk-produk khas, mulai dari tekstil, kuliner dan souvernir yang bisa dijajakan menjadi khas daerah tersebut. Sangat disayangkan jika tak memburunya sebagai buah tangan untuk keluarga atau sahabat. Para wisatawan yang belum pernah atau mau berlibur ke Samarinda jangan lupa dicatat. Berikut ini 7 oleh oleh Samarinda yang recommended bagi kalian semua :

1. Sarung Samarinda

oleh oleh samarinda

Masyarakat Indonesia mungkin semua tidak asing dengan namanya sarung, sebab merupakan sesuatu kebiasaan dipakai untuk moment tertentu, seperti lebaran. Sarung samarinda adalah salah satu produk unggulan yang langsung diproduksi oleh masyarakat lokal. Produk yang dihasilkan dari tekstil ini, bermotif unik yang berbeda dari daerah lain. Harga yang di tawarkan berkisar 100-200 ribu rupiah tergantung ukuran dan bahan dasarnya.

2. Aksesoris Dan Pernak-Pernik

Aksesoris dan pernak-pernik juga menjadi rekomendasi sebagai oleh-oleh khas Samarinda. Biasanya aksesoris ini Kalimantan Timur tak terlepas dengan olahan kayu. Biasanya dibuat berbagai bentuk ukiran unik sebagai souvenir atau pajangan rumah anda. Untuk pernak-pernik seperti gelang maupun kalung juga terbuat dari kayu.  Ada banyak sekali oleh-oleh ini tersedia kios-kios sepanjang kawasan wisata.

Baca Juga :   Inilah 7 Oleh Oleh Balikpapan Yang Wajib Dibeli

3. Abon Ikan Haruan

abon ikan haruan

Samarinda juga terkenal dengan melimpahnya ikan gabus atau masyarakat sana menyebutnya ikan haruan. Ikan ini betekstur empuk dengan daging yang tebal. Sehingga ditangan seorang kreatif disulap sebagai olahan kering tahan lama berupa abon ikan haruan yang lezat. Bagi para wisatawan memasukkan daftar oleh-oleh yang harus dibeli ketika ke Samarinda.

4. Gula Gait

Olahan ini hanya ada di Samarinda dan salah satunya sebagai cemilan yang rekomendasi banget. Olahan ini, terbuat dari campuran gula aren dan gula putih dan beberapa tambahan lain. Tampilan seperti menyerupai kayu serta rasanya manis legit saat memakannya. Anda bisa mendapatnya di pusat oleh-oleh khas Samarinda di kawasan wisata.

5. Keminting Samarinda

Untuk para wisatawan mungkin masih terasa asing mendengar kue kering bernama Keminting. Ini merupakan jajanan yang hanya ada di Samarinda, terbuat dari biji kemiri dicampur dengan sagu, tepung dan gula. Olahan ini, rasanya manis, sedikit berlemak dengan tekstur kasar dan beruas rapi yang membaca tentu ingin segera mencicipinya. Untuk itu, Jangan ragu memilih keminting dalam daftar oleh-oleh khas Samarinda. Harga dijual berdasarkan hitungan secara per kilo.

6. Amplang

amplang ikan tenggiri

Sebagian masyarakat mungkin sudah tak asing lagi dengan cemilan Amplang yang terbuat dari ikan tenggiri yang tercampur bersamaan tepung kanji. Karena hampir seluruh wilayah Indonesia sudah ada yang memproduksinya.

Baca Juga :   7 Rental Sewa Mobil Balikpapan Lepas Kunci Harga Murah Harian Bulanan

Tetapi jangan salah,sebenarnya Amplang merupakan olahan asli khas Samarinda yang banyak disukai, sehingga membuat masyarakat luar Samarinda mencoba membuatnya. Kalau ditanya soal rasa yang jelas olahan Samarinda yang rekomendasi, sebab dari asalnya. Untuk harganya berkisaran 30-100 ribu rupiah berdasarkan beratnya.

7. Bolu Gulung Panglima

Bagi yang bertolak ke Samarinda wajib membawa pulang Bolu Gulung Panglima untuk dibagikan keluarga atau tetangga. Oleh-oleh khas ini, terbuat dari durian Panglima yang sangat istimewa. Banyak varian yang direkomendasikan, salah satunya rasa daging. Hal yang membuat unik karena bolu Panglima tidak hanya legitnya melainkan ada rasa gurih dari daging.

Nah itulah ulasan oleh oleh Samarinda yang bisa anda peroleh saat berlibur ke kota Samarinda. Selamat berlibur dan dengan adanya artikel tentang ini bisa memudahkan untuk mengetahui informasi oleh-oleh yang rekomendasi buat anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh