Jawa Tengah

5 Makanan Oleh Oleh Semarang Yang Harus Dicoba

sewa mobil jogja banner

Kota Semarang sejak dulu merupakan kota yang paling banyak menawarkan kuliner yang paling beragam. Semua wajib dicoba saat berkunjung ke kota tersebut. Baik untuk dimakan di tempat maupun sebagai buah tangan.

Oleh Oleh Khas Semarang

Berikut 5 makanan oleh oleh semarang yang bisa menjadi rekomendasi.

 1. Lumpia

lumpia khas semarang

Oleh oleh semarang pertama yaitu lumpia. Bentuknya mirip dengan kue roulade dengan isian berupa telur, ayam, udang serta rebung. Rebung adalah bonggol bambu muda yang dalam isian lumpia biasanya dicincang halus. Lumpia biasa dimasak dengan digoreng

Penyajiannya yaitu ditambah dengan daun bawang merah serta olahan saus yang semakin menggugah selera.Konon resep lumpia di semarang berbeda dengan lumpia yang dijual di kota lain. Seperti mempunyai sensasi dan cita rasa tersendiri yang khas.

Untuk yang dibuat oleh-oleh luar kota yang agak jauh dari semarang, pembeli tidak usah khawatir dengan ketahanan lumpia. Karena kebanyakan penjual telah melengkapi kemasan dengan di vacuum dahulu jadi pasti akan awet bertahan lama. Referensi penjual lumpia yang paling banyak diminati ada di Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram, Loenpia Mbak Lien dan toko Loenpia Express.

2. Wingko Babat

wingko babat

Oleh oleh semarang ini berasal dari kota lamongan tepatnya di desa babat. Karena itu jajanan ini dikenal sebagai wingko babat. Awalnya Ny Mulyono orang asli babat berjualan wingko di sekitar stasiun Tawang semarang. Hingga kini wingko babat cap Kereta Api buatannya semakin terkenal. Letaknya ada di Jalan Cendrawasih No. 14 Semarang.

Baca Juga :   5 Foto Pantai Bandengan Jepara 2018, Ini Harga Tiket Masuk dan Peta Map Lokasi

Wingko babat yaitu jajanan yang berbentuk bulat pipih dengan bahan dasar kelapa dan tepung beras ketan. Campuran tersebut dibakar hingga berubah warna menjadi coklat kehitaman. Kemasan panganan ini biasanya dibungkus menggunakan kertas.

Wingko Babat memiliki rasa asli gurih dan legit yang khas. Meskipun begitu kini ada varian rasa lain yang bisa dicoba. Seperti rasa nangka, aren, durian, pisang, choco chip dan lain-lain.Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 3000 sampai Rp. 5000 per biji.

3. Bandeng Presto “Juwana”

bandeng presto juwana

Bandeng Presto merupakan salah satu oleh oleh semarang yang tahan lama. Panganan ini juga banyak diminati pembeli sebagai buah tangan. Sajian Bandeng ini diolah secara presto atau diuapkan sehingga tulang dan duri bandeng menjadi lunak sehingga bisa dimakan.

Bandeng presto dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kunyit, dan garam lalu dibungkus dengan daun pisang. Ada beberapa varian olahan bandeng yang dijual di gerai “Juwana” seperti diantaranya abon bandeng, pepes bandeng, bandeng asap dan bandeng vacuum. Lokasi tepatnya Bandeng “ Juwana “ ini yaitu di Jl Pandanaran No. 57 dan Jalan Pamularsih No. 70 Semarang.

Harga yang ditawarkan tergantung dengan ukuran bandeng. Untuk kemasan berisi bandeng kecil berisi 6-5 ekor harganya RP 64.000 per kilo. Dan Untuk kemasan isi bandeng besar berisi 3 ekor dijual dengan harga Rp 71.000 per kilo.

Baca Juga :   7 Makanan Khas Jawa Tengah Olahan Nabati Beserta Gambarnya SELAIN Lumpia dan Gudeg

4. Tahu Bakso Ibu Pudji Ungaran

Tahu Bakso Ibu Pudji

Makanan ini banyak sekali ditemukan di sudut kota Semarang. Karena memang merupakan kudapan favorite masyarakat setempat. Salah satunya yaitu Tahu Bakso Ibu Pudji yang letaknya di Jl. Sudirman No. 156 Langensari, Ungaran. Tempat ini selalu ramai pembeli dari luar kota yang berniat mencari buah tangan.

Tahu bakso adalah tahu yang dipotong menjadi berbentuk kotak lalu dalamnya diisi dengan daging cincang dan campuran lain mirip bakso. Ada 2 varian tahu bakso yang ditawarkan yaitu rebus dengan harga Rp. 35.000 dan goreng seharga Rp. 37.000 per kotaknya.

5. Roti Ganjel Rel

Makanan Oleh oleh semarang yang terakhir yaitu Roti Ganjel Rel. Makanan ini berupa roti yang berbentuk gelondongan besar dan padat dengan teksturnya agak keras. Roti ini berwarna coklat dengan bagian atas ditaburi wijen. Mempunyai rasa roti  kayu manis yang khas.

Kini Roti ini mulai sulit ditemukan. Oleh karena itu banyak pengunjung yang memburu untuk mencobanya.Yang paling terkenal dan asli dari Roti Ganjel Rel ini adalah dengan merek “ Koewih Tempo Doeloe Gandjelrel”. Bisa di dapatkan di Pasar Johar Jl. K.H Agus salim.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh