Jawa Barat

7 Oleh Oleh Subang Yang Bisa Dibawa Pulang

Liburan ke Jawa Barat jangan lupa mampir ke Subang. Bagi sebagian orang Subang hanya kabupaten kecil yang tidak ada apa-apanya. Padahal di Subang juga ada tempat-tempat wisata dan potensi alam yang produksi nanasnya yang sudah terkenal. Oleh oleh subang yang bisa dibawa pulang sangat beragam.

Oleh Oleh Khas Subang

Jadi, jangan dikira jalan-jalan ke Subang tidak bisa membawa oleh oleh atau buah tangan khas Subang ya. Ini ada 7 oleh oleh yang bisa dibawa pulang untuk orang terdekat. Simak yuk!

1. Nanas Madu

nanas madu

Sesuai dengan potensi perkebunan yang sudah terkenal di Subang, salah satau oleh oleh subang yang bisa dibawa pulang adalah nanas simadu. Karena rasanya yang manis dan segar bisa memanjakan lidah apalagi dimakan saat cuaca panas pasti bikin tenggorokan.

Untuk mendapatkan kualitas nanas yang bagus datanglah ke sekitar jalan cagak. disana banyak deretan kios yang menjual nanas. Tapi tetap harus berhati-hati saat membeli karena ada saja pedagang nakal yang mengaku menjual nanas simadu, padahal yang dijual bukan nanas simadu.

2. Delipel (Kinanti Bakery)

delipel subang

Toko ini adalah usaha rumahan yang menjual segala jenis olahan berbahan dasar nanas. Delipel merupakan singkatan dari Delicious Pineapple. Oleh oleh subang yang satu ini cocok untuk dibawa pulang, karena tidak cepat kadaluwarsa.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi di Bekasi Barat Utara SELAIN Situ Gede Bisa Untuk Anak dan Keluarga

Kalau ingin membeli kue-kue olahan kinanti bakery ini harus memesan satu hari sebelum hari pengambilan. Jenis kue yang paling laris adalah Delipel Pie.

3. Peyeum Ciruluk Kalijati

Tape atau di subang dikenal dengan peyeum sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat, tapi tak banyak daerah yang memiliki cita rasa tersendri. Peyeum ciruluk kalijati ini memiliki ciri khas yang berbeda dari peyeum pada umumnya, yaitu pembungkusnya menggunakan daun muncang (daun kemiri) dan memiliki cita rasa yang asam manis yang pas sehingga membuat peyeum ini terkenal.

Namun sayang akses jalan untuk menemukan peyeum ciruluk ini lumayan jauh, karena tidak diperlihatkan atau dipasarkan di toko-toko pinggir jalan yang menjual oleh oleh khas Subang.

4. Beras Hitam

Oleh oleh subang selanjutnya adalah beras hitam yang ditanam oleh para petani di Desa Cibeusi Kecamatan Ciater sejak jaman dahulu. Oleh masyarakat sekitar beras ini disebut beras gadog. Padi ini tergolong langka karena jarang ditemukan di daerah lainnya.

Masyarakat sekitar juga menanam padi hasil dari kawin silang dengan varietas yang disebut dengan padi pendek. Beras yang dihasilkan dari perkawinan silang itu berwarna lebih hitam dan bentuknya lebih lonjong dari beras hitam yang asli.

5. Papais Cisaat

papais cisaat

Kampung Cimilus Desa Cisaat Kecamatan Ciater menjadikan papais sebagai camilan khas kampung tersebut yang sudah melegenda sejak ratusan tahun lalu. Papais sendiri adalah satu dari sekian banyak makanan khas Subang, bahkan ada tugu yang berbentuk papais yang sengaja didirikan di dekat pintu masuk kampung ini.

Baca Juga :   10 Alasan Wajib Wisata Ke Pantai Ujung Genteng + Foto dan Tiket Masuk

Papais merupakan camilan terbuat dari tepung beras dan gula aren yang dibungkus dengan daun bangban serta memiliki cita rasa yang manis. Cocok nih dijadikan oleh oleh karena papais makanan atau camilan yang sudah sangat legend.

6. Oncom Dawuan

Makanan yang satu ini merupakan oleh oleh subang yang diproduksi di Daerah Dawuan Subang, sesuai dengan namanya usaha oncom dawuan ini sudah dirintis sejak tahun 60an. Produksi kacang tanah sangat melimpah di daerah ini sehingga banyak masyarakat yang membuat oncom sebagai usaha sampingan.

Meskipun ketenaran oncom dawuan tidak seperti dulu, namun masih banyak penggemarnya yang berburu makanan khas Subang satu ini. Menurut para penggemar oncom dawuan, rasa oncom yang diciptakan sangat khas dan berbeda dari oncom di daerah lain. Pas nih dijadikan oleh oleh.

7. Kerupuk miskin

Terakhir oleh oleh subang yang patut dibawa pulang adalah kerupuk legendaris yang pasti sudah dikenal banyak orang, karena di sepanjang jalan sekitaran Jawa Barat bahkan bukan di Jawa Barat pun banyak yang menjual kerupuk ini. Kerupuk dengan warna cerah yang khas yakni merah muda, kuning, dan putih.

Ada juga yang menyebutnya kerupuk pasir, karena proses penggorengannya menggunakan pasir yang sudah di cuci bersih dan disangrai sampai matang tanpa menggunakan minyak sayur sedikitpun. Proses penggorengan ini pula yang membuat kerupuk ini disebut kerupuk miskin.

Baca Juga :   6 Tempat Wisata Alam Di Jabodetabek Yang Wajib Diketahui

Nah, inilah 7 oleh oleh yang bisa dibawa pulang untuk orang terdekat saat liburan ke Subang. Ini hanya beberapa saja karena masih banyak oleh oleh yang lainnya yang mungkin menarik untuk dicicipi.

 

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh