Jawa Barat

7 Oleh-oleh Sumedang Yang Lezat

Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Sumedang menjadi jalur utama yang sering dilintasi oleh pemudik dan wisatawan. Di Sumedang tidak hanya objek wisatanya saja yang menarik namun juga kuliner khas Sumedang sangat menggoda untuk dicicipi. Selain wisata kuliner, wisatawan juga dapat membawa pulang oleh-oleh Sumedang yang sangat khas.

Banyak sekali oleh-oleh khas yang ditawarkan di daerah ini. Berikut beberapa oleh-oleh Sumedang yang paling enak dan populer.

1. Tahu Sumedang

oleh-oleh sumedang

Oleh-oleh Sumedang yang satu ini pasti sudah terkenal pamornya. Tahu sumedang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang sudah diberi bumbu. Kemudian dilakukan pengolahan lanjutan sehingga menghasilkan kuliner yang sangat khas. Tekstur dari tahu ini sangat renyah dan gurih sehingga sangat enak ketika disantap saat masih hangat atau panas.

Harga pasaran tahu Sumedang juga cukup terjangkau. Selain itu, tahu ini juga sangat mudah untuk ditemukan. Karena hampir semua penjuru Sumedang menjual tahu yang sangat khas ini.

2. Ubi Cilembu

ubi cilembu sumedang

Selain tahu, oleh-oleh Sumedang yang lainnya adalah ubi Cilembu. Tidak seperti ubi pada umumnya, ubi Cilembu hampir mirip dengan ubi madu. Ubi ini menjadi salah satu khasnya Sumedang yang berasal dari Pamulihan, Tanjungsari.

Baca Juga :   Daftar Tempat Wisata Di Bandung Dan Sekitarnya

Yang unik dari ubi Cilembu adalah adanya getah yang meleleh seperti madu ketika ubi ini dipanggang di dalam oven. Getah yang dihasilkan tersebut memiliki rasa manis dan lengket seperti madu. Sehingga ketika dimakan ubi ini menjadi sangat nikmat. Tidak hanya lezat saja, ubi Cilembu juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Yaitu dapat memberi tambahan tenaga bagi siapa saja yang memakannya.

3. Salak Bongkok

salah bongkok oleh oleh sumedang

Oleh-oleh Sumedang yang berikutnya adalah salak Bongkok. Salak khas Sumedang ini mempunyai rasa yang sangat enak yaitu dominan manis dan asam yang sangat menyegarkan. Aroma dari salak ini sangat harum, sehingga dapat membuat semua orang ingin mencicipinya. Ukuran dari salah ini terbilang sangat besar dibandingkan dengan salak pada umumnya.

Uniknya salak Bongkok hanya akan menjadi salak yang istimewa jika ditanam menggunakan air Sumedang. Apabila ditanam di luar tanah Bongkok, maka rasanya berubah dan tidak istimewa lagi.

4. Tape Singkong

tape buntut

Peyeum atau tape singkong merupakan makanan asli Sumedang yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Oleh-oleh Sumedang ini biasanya dibuat dari singkong mangu atau singkong mentega, sehingga citarasa yang dihasilkan sangat khas. Menariknya, saat ini peyeum sudah terdapat beberapa varian rasa yang bisa dipilih sesuai keinginan kita.

5. Opak Ketan

opak ketan manis oleh oleh sumedang

Salah satu makanan khas yang berasal dari Priangan adalah opak ketan. Makanan ini dapat ditemukan di penjuru Sumedang dengan sangat mudah. Opak ketan Sumedang sendiri terdiri dari beberapa pilihan. Dan jenis opak ketan yang sering diburu wisatawan adalah opak Cimanggung dan Conggeang.

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat dan Sekitarnya : Gunung Galunggung, Pantai Cipatujah DLL

Opak Cimanggung mempunyai rasa yang lezat. Pasalnya, opak ini merupakan makanan favorit raja dan bangsawan di kerajaan Sumedang Larang. Ciri khas dari opak Cimanggung adalah menggunakan air santan kelapa yang diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan opak dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Sedangkan opak Conggeang terbuat dari sari kelapa yang sangat khas dan dicampur dengan beras ketan pilihan. Untuk rasa dari opak ini tidak kalah dengan opak Cimanggung.

Baca Juga :

6. Sawo Citali

Salah satu oleh-oleh Sumedang yang wajib untuk dibawa pulang adalah sawo citali. Sawo khas Sumedang ini menawarkan rasa manis dengan tekstur yang sangat lembut di lidah. Bentuk dan warna dari sawo Citali sangat berbeda dengan sawo pada umumnya. Sehingga tidak heran jika sawo ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

7. Sale Dan Keripik Pisang

Sama-sama terbuat dari buah pisang, kedua makanan ini menawarkan rasa yang sangat enak. Hal ini dikarenakan pisang yang digunakan merupakan pisang pilihan yang sangat lembut dan legit. Sehingga baik sale maupun keripik pisang akan memberikan sensasi yang legit dan renyah ketika dimakan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker